Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 22 Desember 2016

Tunda Belajar Saat Menemukan Hal Ini Ketika Mengajari Anak Membaca

TUNDA BELAJARNYA DULU YA JIKA DITEMUKAN TANDA INI KETIKA MENGAJARI ANAK MEMBACA.


Menurut 10 pakar psikologi kognitif dan neurologist yang diwawancarai today.com belajar membaca hanya bisa dilakukan ketika otak anak sudah cukup berkembang, yg masing2 anak bisa berbeda usia kematangannya. Namun jika ingin mengambil statistik, rata2 usia 4 tahun beberapa anak sudah dapat mengenali huruf dan mengidentifikasinya dg baik. Pendapat ilmuwan berbeda2 soal ini, Dokter Kazt dari Oxford University berpendapat usia 5th. Sementara Judith Hudson berpendapat usia 2 th beberapa anak sudah dapat mengenali huruf dan kemampuan identifikasi huruf makin besar ketika usianya 4 atau 5 tahun.


Beragamnya pendapat ilmuwan ini menandakan adanya range perbedaan kematangan otak pd anak. Sebagian ada yg 2 tahun (prosentase sangat kecil), tapi sebagian besar usia 4 atau 5 tahun dg prosentase 96%.


Jadi agar tak salah langkah, Anda harus dapat mengukur kesiapan anak Anda dan tunda dulu belajarnya jika ditemukan tanda sbb:


1. Anak tidak dapat mengenali pola warna muda dan tua.

2. Tidak berminat melihat huruf dan suka mengalihkan perhatian.

3. Mudah sekali melupakan huruf yg baru dipelajarinya ketika dia sudah hafal, besoknya lupa lagi.

4. Terlihat berfikir keras ketika mengingat huruf.

5. Dll.


Hentikan belajar jika tanda di atas ditemukan dan lanjutkan belajar jika anak terlihat enjoy dan bahkan kecanduan.


Menurut pakar psikologi kognitif, David Ausubel, seseorang yg telah siap berarti telah memiliki kematangan dalam belajar, yg ditandai dg kepekaannya dalam merespon dan memberi penjabaran terhadap suatu materi.


Dan inilah yg dialami Aghniya, putri bunda Widia Fitri yg menunda penerapan ABACA pada putrinya hingga putrinya benar2 siap&memiliki kematangan otak yg cukup. Dan Alhamdulilah, beli ABACA tahun 2011, baru diterapkan 2015 ketika usia puterinya 4,5 thn. Dan hasilnya, fantastik, Aghniya lolos seri 1&2 dalam waktu KURANG LEBIH SATU JAM. Dan sudah bisa baca kalimat pendek tanpa mengeja meski blm tamat ABACA seri 3.


ABACA TIDAK DIJUAL DI TOKO BUKU DAPATKAN SERI LENGKAPNYA HANYA DI DISTRIBUTOR, AGEN&RESELLER ABACA.



Informasi dan Pemesanan

SMS/WA 085867486151

2 komentar: