Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 27 Maret 2017

Belajar Membaca Itu Perlu Distimulasi

MEMBACA ITU PERLU DISTIMULASI????MASA???


Ternyata ga cuman kemampuan berbicara pada buah hati yang perlu distimulasi, membacapun perlu stimulasi lho! Ada tahapan" yang harus dilalui ketika anak akan mulai belajar membaca😉.


Apaan tuh??


Semua pakar literasi sepakat bahwa belajar membaca itu ada tahapannya:


1. Mengenal nama huruf (sebagian ada yg pakai metode kenal suku kata dulu)

2. Memahami bunyi huruf jika bertemu dengan 1 huruf lainnya spt ba, ca, fa, ga

3. Memahami cara membaca kata sederhana spt ja-ka, ra-ja, dll.

4. Memahami cara membaca kalimat sederhana dg terpatah2 (pelan2), contoh matahari pagi

5. Bisa memahami cara membaca huruf berakhiran konsonan seperti rak, mak, nah, mah, dll.

6. Memahami cara membaca kata berakhiran konsonan contoh ru-mah, le-bah, ju-bah, dll.

7. Memahami cara membaca kalimat sederhana yg mengandung akhiran konsonan spt pakai jubah, rumah paman, dll.

8. Membaca kalimat kompleks dg terpatah2

9. Membaca kalimat kompleks dg lancar tapi belum memahaminya

10. Membaca kalimat kompleks disertai pemahaman.


Dengan menjalani tahapan belajar membaca yang baik, diharapkan dapat memberikan hasil yg baik dan tidak menimbulkan stres pada anak.


Bantu si Kecil untuk mendapatkan stimulasi terbaik dengan menggunakan abaca flashcard. ABACA merupakan media edukatif berbentuk kartu baca yg dilengkapi game petualangan seru n reward keren di tiap serinya. ABACA efektif utk stimulasi belajar membaca, berhitung, belajar bahasa inggris dan mengaji.


ABACA tdk dijual d toko buku.


# laskarabaca17


Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151
Baca Selengkapnya....!

Minggu, 26 Maret 2017

Tahapan Anak Belajar Membaca

TAHAPAN ANAK BELAJAR MEMBACA


Mengenalkan sesuatu perlu proses yang urut, jika menginginkan hasil yg baik. Kalo mau mengenalkan makanan padat pada bayi, maka prosesnya harus diawali dg makanan yg encer sekali hampir spt air, lalu ditingkatkan lagi kepadatannya sampe bayi dapat mengunyah dan mencerna makanan padat dg baik. Tidak mungkin kita kenalkan makanan padat langsung tanpa proses pengenalan makanan yg lebih lunak dulu karena pencernaan bayi bisa bermasalah.


Begitu juga dengan membaca, ada tahapan proses yang harus dilalui bun. Membaca itu adalah keterampilan yang harus dilatih atau distimulus. Secara normal membaca bukanlah bakat alami yang akan muncul dengan sendirinya. Buktinya jumlah angka buta huruf itu tinggi lo.


Anak tidak bisa langsung membaca buku, tanpa memahami hukum pertemuan antar huruf. Membaca itu sebuah ketrampilan yg dalam menguasainya perlu dukungan, waktu, dan kesempatan.


Membaca bukan bakat alam, anak2 perlu mempelajarinya spt belajar ketrampilan berenang. Anak2 ga bisa otomatis menguasai renang hanya dg melihat orang lain berenang. Juga menjahit, anak2 tidak bisa tiba2 bisa menjahit hanya dg melihat orang lain menjahit.


Membaca juga begitu, anak2 tidak dapat langsung bisa membaca hanya dengan mendengar cerita orang dewasa membaca buku. Lalui tahapan belajar membaca dengan baik, karena proses yg baik dapat memberikan hasil yang baik dan tidak menimbulkan stres pada anak.


Semua pakar literasi sepakat bahwa belajar membaca itu ada tahapannya.

Beberapa tahapan itu di antaranya seperti ini:


1. Mengenal nama huruf (sebagian ada yg menggunakan metode kenal suku kata dulu)

2. Memahami bunyi huruf jika bertemu dengan 1 huruf lainnya seperti ba, ca, fa, ga

3. Memahami cara membaca kata sederhana seperti ja-ka, ra-ja, dll

4. Memahami cara membaca kalimat sederhana dengan terpatah-patah (pelan2) contoh matahari pagi

5. Bisa memahami cara membaca huruf berakhiran konsonan seperti rak, mak, nah, mah, dll.

6. Mampu membaca kata yang lebih kompleks contoh enak, lebah, rebah, gerak, dll.

7. Dapat membaca kalimat yg lebih kompleks gabungan akhiran konsonan dan vokal secara pelan2. Contoh rubah lari, susu enak, gerak gerik, dll.

8. Bisa membaca cerita sederhana secara terpatah2 (belum lancar). Contoh belajar naik sepeda. Mita suka naik sepeda. Meski dia sering jatuh. Tapi hatinya tetap senang. Jatuh berulangkali, bangkit lagi dan kayuh lagi. Sampai Mita bisa naik sepeda tanpa jatuh lagi.

9. Membaca cerita sederhana secara lancar, tapi belum bisa memahami makna yg dibacanya.

10. Memahami cerita yg dibacanya dg baik.


Nah itulah 10 tahapan yang harus dilalui anak dalam belajar membaca sebelum anak bisa membaca lancar ya bun.Wah ternyata tulisannya panjang banget. Semoga bunda bacanya nggak mumet he he.


Sampai jumpa lagi bun.

Salam buat ananda di rumah 😉😊


Laskar ABACA 16


Informasi dan Pemesanan

Sri Wahyuti, Agen Resmi Abaca Flash Card

SMS/WA 085867486151

Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 25 Maret 2017

Anak Pemalu pun Bisa Ditreatmen dengan Abaca

ANAK PEMALUPUN BISA DI TRITMEN DENGAN ABACA


Anak bunda pemalu???

Mogok ga mau baca saat diminta bu guru di sekolah ??

Susah2 gampang menghadapi tipe pemalu spt ini. Karena kita jadi kesulitan mengajarinya materi apapun. Anaknya diam aja sih dan ga mau ngomong.


Kita bisa menstimulasi kemampuan membaca sekaligus menanamkan karakter yang baik. Tpi hal ini hanya berlaku jika media yang digunakan sesuai Psikologi anak seperti ABACA dan didampingi pembimbing yang sabar serta memahami karakter anak.


Anak pemalu yang cenderung diam tapi BUKAN berarti ga bisa yaa...

Seperti "Zakiyah" putri Owner Abaca bunda Diena Ulfaty.

Saat Pengalaman di sekolah ketika belajar membaca dengan guru yang pake BUKU belajar membaca .Tak satupun kata keluar dari mulutnya saat diminta membaca.


Tapi ketika memakai ABACA Zakiyah senang berasa bermain dan kecerdasan terlihat. G cuma bisa membaca, Zakiyah juga bisa menulis tanpa mencontek huruf bahkan sudah bisa mengarang cerita sederhana ( ceritanya sendiri) saat TK. Melebihi kemampuan teman2 sekelasnya.


Bagaimana ABACA mentritmen anak pemalu:

1. Membangun skill komunikasi yang baik dengan pembimbing.

Ketika dapat reward es krim anak bisa mengekspresikan rasa senangnya, mengutarakan dengan ekspresi dan kata-kata.

2.Melatih kemampuan kerjasama dengan pembimbing.

Yang tadinya ga keluar satupun kata dari mulutnya belajar buku dengan bermain ABACA zakiyah bisa membaca dan menulis bahkan mengarang cerita sederhana.


Yuk bunda manfaatkan kedekatan bersama anak saat bermain ABACA untuk membangun rasa percaya diri tumbuh sehingga kemampuan kecerdasan anak terlihat


Laskar ABACA 14


Untuk Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151
Baca Selengkapnya....!

Jumat, 24 Maret 2017

Bagaimana Melatih Kesabaran Anak?

BAGAIMANA MELATIH KESABARAN ANAK?


Seperti yang dikutip dari tulisan Tamekia Reece dari www.parents.comes yang terbit pada Januari 2014, seorang psikolog anak dari Children's Medical Center, Dallas yaitu Pete Stavinoha, Ph.D mengungkapkan anak-anak usia balita umumnya memang belum mengenal konsep waktu sehingga mereka belum memiliki kemampuan untuk bersabar dan menunggu bahkan jika hanya sebentar saja.


Berlatih kesabaran pada usia dini dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan hubungan interpersonal dan meningkatkan ketrampilan sosial anak. Melatih kesabaran dapat mempengaruhi pola pikir dan daya juangnya, sehingga saat dewasa dia tak terbiasa mengambil jalan pintas untuk mendapatkan apa yang diinginkan.


Menjadi tanggung jawab ayah bunda untuk mengajarkan tentang konsep dari kesabaran dan juga mengajarkan agar dapat menahan dan mengendalikan diri melalui ACB yaitu AJARKAN, CONTOHKAN, BIASAKAN.


Beberapa cara yang dapat ditempuh dalam melatih kesabaran anak :

1. ‌Bedakan kebutuhan dan kepentingan anak

2. ‌Tunda keinginan anak

‌3. Berikan mereka pemahaman pentingnya kesabaran

‌4. Berikan contoh


Ternyata bisa juga lho kita menstimulasi kemampuan membaca anak sekaligus mengajarkan kesabaran pada anak. Tapi ini hanya berlaku jika media yang digunakan sesuai psikologi anak seperti ABACA flashcard.


Pada ABACA flashcard ini, akan ada banyak reward yang akan diberikan seperti eskrim🍦, strawberry🍓, permen coklat 🍫, dan donat🍩, jika anak menjawab suku kata dg benar, anak diminta bersabar ketika ia tidak mendapatkan reward, jika anak salah menebak suku kata. Besarkan hati mereka, tenangkan dan berikan mereka motivasi dengan mengatakan "ga apa2 salah, jangan takut mencoba lagi, kamu anak pintar, ibu percaya

Kamu bisa jika mencoba bermain terus. Ibu bangga denganmu nak"


Jadi tak perlu galau kalau jika sudah pake abaca, dengan kemudahan dari Allah anak2 tak hanya bisa membaca, berhitung tapi juga melatih utk memperoleh ketrampilan membaca dengan proses yang memperkokoh karakter menjadi anak sabar dan sholih/sholihah.


ABACA tidak di jual di toko buku/mainan, dapat kan di distributor, agen, marketer dan reseller abaca flashcard


laskar abaca 12


Untuk Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 23 Maret 2017

Mengapa Capek-Capek Mengajari Anak Calistung?

NGAPAIN CAPEK NGAJARIN CALISTUNG ! 📝📝


❗Toh nanti juga diajarin di sekolah...

❗Aku kan ga bisa ngajarinnya

❗Ah nanti juga bisa sendiri


Andakah yang berpendapatan demikian?

Boleh saja Ayah Bunda.

Tapiiii.....

❌ Amal jariyah mengajar akan berkurang

❌ Anak belum tentu bebas tertekan dalam belajarnya, karena Calistung itu keterampilan otak bukan fisik, sehingga perlu proses dari yang paling sederhana.


Solusi Belajar Calistung Abaca Flashcard ❤

✍🏻 Mulai dari yang paling sederhana

✍🏻 Belajarnya melalaui permainan

✍🏻 Membuat anak dan orang tua/guru komunikatif

✍🏻 Menjaga kesehatan mata

✍🏻 Bertahap sesuai psikologis/kematangan otak anak.


❤Apa sih Abaca Flashcard? ❤

Permainan edukatif berupa kartu yang berisi suku kata (Seri membaca) atau huruf hijaiyah berharokat (Seri Hijaiyah) atau kosakata English (Seri English).

Bermainnya mudah, hanya tebak kartu, kalau benar dapat poin untuk ditukar dengan rewardnya. Tenang, ada petunjuk bermainnya di masing-masing seri. kalau belum jelas selalu bisa konsultasi bersama kami. Karena kami hanya ingin membantu Ayah Bunda dalam mendidik putra putri tercinta.


Rayakan kebersamaan mu bersama anak melalui permainan edukatif ini.


*Marcom by: Bunda Aliske

Baca Selengkapnya....!