Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 31 Juli 2010

MENENGOK KURIKULUM PAUD

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pengembangan dan pendidikan yang dirancang sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan anak usia dini.

LANDASAN
• UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
• PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
• Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan nasional tentang standar pendidikan anak usia dini Standar pendidikan anak usia dini meliputi pendidikan formal dan nonformal yang terdiri atas :
1. Standar tingkat pencapaian perkembangan
2. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
3. Standar isi, proses dan penilaian
4. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan

PENGERTIAN SNP(Standar Nasional Pendidikan)
Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah NKRI

HUBUNGAN SNP DENGAN KURIKULUM
• Standar digunakan sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum
• Standar bersifat nasional, harus diikuti oleh satuan pendidikan tersebut
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.

KOMPONEN KURIKULUM TK
Format Kurikulum TK dapat dikembangkan menjadi 2 dokumen yang mencakup Dokumen I dan Dokumen II

KURIKULUM TK DOKUMEN 1
BAB I . Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan Pengembangan KTSP
C. Prinsip Pengembangan KTSP
BAB II. Tujuan
A. Tujuan Pendidikan di TK
B. Visi TK
C. Misi TK
D. Tujuan TK
BAB III. Struktur dan Muatan Kurikulum
A. Struktur Kurikulum
B. Muatan Kurikulum
BAB IV. Kalender Pendidikan

KURIKULUM TK DOKUMEN II
• Program tahunan / semester
• Perencanaan mingguan
• Perencanaan harian
• Penilaian

KURIKULUM TK (Dokumen 1)

Bab I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang : Tentang dasar pemikiran penyusunan KTSP
B. Tujuan Pengembangan KTSP : Menguraikan tujuan pengembangan KTSP
C. Prinsip Pengembangan KTSP sesuai karakteristik sekolah : Minimal berisi prinsip yang terdapat dalam Panduan Penyusunan KTSP dari BSNP

BAB II. Tujuan
A. Tujuan Pendidikan di TK: Sesuai dengan rumusan tujuan pendidikan TK yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan
B. Visi TK
a. Cita-cita bersama warga sekolah pada masa datang
b. Memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah
c. Selaras dengan visi institusi di atasnya dan visi pendidikan nasional
d. Dirumuskan dengan bahasa yang mudah diingat
e. Diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh KS dengan memperhatikan masukan komite sekolah
f. Disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan
C. Misi TK
• Memberikan arah dalam mewujudkan visi sekolah sesuai dg tujuan pendidikan nasional
• Meruppkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu.
• Menjadi dasar program pokok sekolah
• Menekankan pd kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan
• Memuat pernyatan umum dan khusus yang berkaitan dg program sekolah
• Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan satuan-satuan unit sekolah yang terlibat
• Dirumuskan berdasarkan masukan dari segenap pihak yg berkepentingan ter masuk komite sekolah
• Dirumuskan dengan bahasa yang mudah diingat
• Disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan
D.Tujuan TK
• Menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan)
• Mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dg kebutuhan masyarakat.
• Mengacu pada Standar tingkat pencapaian perkembangan yg sudah ditetapkan oleh sekolah dan Pemerintah
• Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yg berkepentingan termasuk komite sekolah dan diputuskan oleh rapat dewan pendidikan yeng dipimpin oleh Kepala Sekolah
• Disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan

BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.Struktur Kurikulum :
1. Nilai-nilai agama dan moral
2. Fisik
• Motorik Kasar
• Motorik Halus
• Kesehatan Fisik
3. Kognitif :
• Pengetahuan umum dan sains
• Konsep bentuk warna, ukuran dan pola
• Konsep bilangan, lambang bilangan,dan huruf
4. Bahasa
• Menerima bahasa
• Mengungkapkan bahasa
• Keaksaraan
5. Sosial Emosional
6. Mulok (muatan lokal) :
• Menganyam
• Buat tempe
• Dll
7.Pengembangan diri :
• Melukis
• BTA
• Drum Band , dll

B. Muatan Kurikulum Taman Kanak-kanak
Muatan Kurikulum Taman Kanak-kanak meliputi sejumlah bidang pengembangan yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.

Ruang lingkup Kurikulum TK , berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini meliputi aspek perkembangan berikut dan pengembangannya :
1. Bidang Pengembangan
a.Bidang Pengembangan Pembiasaan
b.Bidang Pengembangan Kemampuan dasar.
 Berbahasa
 Kognitif,
 Fisik/Motorik
2. Muatan Lokal
Berisi tentang: Jenis, Strategi Pemilihan dan pelaksanaan Mulok yang diselenggarakan oleh sekolah.Dalam pengembangannya mempertimbangkan hal-hal sbb: Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah.
3. Pengembangan Diri
Bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat, minat peserta didik, dan kondisi sekolah.
Dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan:
-Bimbingan konseling, (kehidupan pribadi, sosial, kesulitan belajar, karir ), dan atau
- Ekstra kurikuler, Pengembangan kreativitas, kepribadian siswa.
4. Pengaturan Beban Belajar
Berisi tentang jumlah beban belajar per Bidang Pengembangan, per minggu per semester dan per Tahun Pelajaran yang dilaksanakan di sekolah, sesuai dengan alokasi waktu yang tercantum dalam Struktur Kurikulum.
Sekolah dapat mengatur alokasi waktu untuk setiap bidang pengembangan pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun pelajaran sesuai dengan Kebutuhan, tetapi jumlah Beban belajar per tahun secara keseluruhan tetap
5. Pengelompokan Anak didik:
Kriteria pengelompokan disesuaikan dengan usia perkembangan anak didik
 4 - 5 th kelompok A
 5 – 6 th kelompok B
6. Perpindahan Kelompok
Perpindahan kelompok dilaksanakan pada setiap akhir tahun pembelajaran, apabila anak sudah cukup umur . (A ke B, B ke SD )
7. Pendidikan Kecakapan hidup
Merupakan kompetensi yang berisi pendi-dikan kecakapan hidup yang diintegrasi-kan ke bidang pengembangan yang ada(Mis:mandi sendiri,makan sendiri, gosok gigi sendiri, BAB sendiri, pakai sepatu sendiri dll)
8. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
Merupakan kompetensi yang merupakan keunggulan lokal dan daya saing global (yang materinya tidak bisa masuk ke bidang pengembangan yang ada )Mis: Bahasa Inggris, Bahasa arab, komputer dll.

BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di TK diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Alokasi Waktu
1. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
2. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan
3. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, di tambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
4. Waktu libur adalah waktu yang ditetapakan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libir akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari, dan hari libur khusus. libur umum termasuk hari – hari besar nasional

Source: hand out by Dra. Sri Karyani, M.Pd, disampaikan dalam acara Penataran Kurikulum Taman Kanak-Kanak di Demak.

5 komentar:

  1. model - model kurikulum itu aapa2 ajha ? kan ada BCCT, Small Park area,, dll

    BalasHapus
  2. Kurikulum yang pernah berlaku di TK, kurikulum 1994, terus ada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, dan yang terbaru Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Kalau BCCT (Beyond Centre and Circle Time itu adalah model pembelajaran. demikian juga small Park Area juga model pembelajaran. Terima kasih telah berkunjung. :)

    BalasHapus
  3. mengapa dalam bidang kemampuan dasar tidak ada lagi seni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemampuan dasar seni diintegrasikan dalam berbagai bidang kemampuan lainnya. Seni ada masuk di kognitif, fisik motorik, dan bahasa, :)

      Hapus
  4. terimakasih atas ilmu nya yang sudah di bagi dan sangat bermanffat bagi saya yang masih semester 5 jurusan PAUD ..

    BalasHapus