Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 05 Juli 2010

JALAN-JALAN KE PANTAI KARTINI JEPARA


Hari Minggu kemarin kami berkesempatan jalan-jalan menikmati keindahan Pantai Kartini di bumi Jepara. Kami berangkat dari rumah pukul tujuh pagi. Saat itu cuaca agak mendung. Matahari tidak tampak karena bersembunyi di balik awan. Namun tidak menyurutkan niatan kami untuk berjalan-jalan. Hadiah kenaikan kelas buat anakku.  

Jam delapan kami memasuki kota Jepara. Lalulintas tak begitu ramai. Mungkin karena hari libur. Tapi itu justru mengasyikkan sekali. Apalagi saat melewati kota. Pemandangan indah terhampar di depan mata. Tata kota yang cantik, etalase toko penuh furniture indah, dan jajaran pohon palem disepanjang kiri dan kanan jalan, mengingatkanku pada film-film yang bersetting daerah Beverly Hills California. Indah sekali. Jauh banget sama kotaku yang semrawut. 

Membandingkan kota Demak dengan Jepara seperti membandingkan bumi dengan langit. Jauh sekali. Kota Demak dengan masyarakat agrarisnya dan kota Jepara dengan semarak industri kerajinan di mana-mana. Ingin juga punya kota seperti itu. 

Dalam perjalanan menuju pantai kami sempat berhenti di pasar Ngabul. Kami berhenti untuk membeli sandal karet, karena tadi anak laki-lakiku ternyata mencomot sandal kulitnya. Pasar kota Ngabul lumayan ramai. Kota yang terkenal dengan buah duriannya itu tampak sibuk dengan kegiatannya. Sayang saat ini sedang tidak musim durian. Jadi tak begitu banyak buah durian dipasaran. Kalaupun ada hanya beberapa pedagang yang berjualan. Dan harganya jadi mahal. 

Tak berapa lama kamipun sampai di pintu gerbang daerah pariwisata Pantai Kartini. Setelah membeli tiket seharga Rp. 7.500,- per orang kamipun menuju ke pantai. Hari Minggu ini tiket lumayan mahal karena ada pentas musik dangdut. Padahal biasanya tiket masuk hanya Rp.2.500,- per orang. 

Dari jauh laut menghampar luas dengan perahu-perahu wisata yang berlalu lalang. Juga gedung kura-kura raksasa yang ada di tepi pantai. Anak-anak langsung heboh melihat patung kura-kura sebesar itu. Di pantai Kartini aneka permainan banyak disajikan. Ada kereta mini, flying fox, motor trek, komidi putar, dan masih banyak lagi. Dan yang tak kalah mengasyikkan adalah wisata bahari. Dengan tiket seharga Rp. 5.000,- kita bisa naik perahu pergi pulang menuju pulau panjang yang tak jauh dari pantai. Pulau dengan pantai pasir putihnya yang eksotik tampak menggugah mata. Demikian juga biota laut dan aneka burung-burung yang menghuni pulau panjang. Sungguh wisata pantai yang menggiurkan. 

Tak kalah dari itu pasar seni Pantai Kartini juga ramai. Banyak barang dagangan dan suvenir dijajakan. Sebagian besar terbuat dari kerang dan hasil laut lainnya. Ada juga pakaian dan ikan asin. 

Hanya sayang nih bagi yang hobi berenang di laut nggak bakalan puas. Karena pantai yang berbatu-batu tentu saja kurang asyik kalau dibuat berenang. Tapi air di Pantai Kartini lumayan bening dan bersih. Walaupun begitu banyak juga yang nekad turun ke laut. Kami juga sempat turun ke laut. Anak-anak tampak gembira saat hempasan ombak menerpa kaki-kaki mereka. Apalagi saat mereka menemukan anak-anak bintang laut. Benar-benar heboh. Sementara itu dari kejauhan tampak perahu-perahu berlayar hilir mudik membawa wisatawan ke pulau panjang. 

Puas bermain air di bibir pantai, kamipun duduk-duduk di dermaga menikmati pemandangan.Menjelang tengah hari kamipun meninggalkan Pantai Kartini dengan berjuta kenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar