Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 07 Juli 2010

YUK, KITA MEMBACA

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan untuk dilakukan. Dengan membaca seseorang dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Ibaratnya membaca adalah jendela untuk melihat dunia. Dan buku merupakan salah satu media bacaan yang paling pavorit bagi kita semua. Mungkin membaca tidak harus buku, tapi membaca buku mempunyai keasyikan tersendiri. Untuk itu membaca buku perlu dikenalkan sejak usia dini. Melalui buku anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, imajinasi, kreativitas, dan pengetahuan serta intelektualnya. Pendek kata buku merupakan media efektif untuk meningkatkan kemampuan anak.  

Mengenalkan buku pada anak usia dini sangat mudah untuk dilakukan. Anak usia dini adalah peniru yang ulung. Mereka akan meniru apapun yang mereka lihat. Kalau mereka melihat orang tuanya suka membaca buku, inyaallah anak juga akanmeniru. Jadi berilah contoh pada anak. Mulailah membaca buku. Buku akan memiliki manfaat yang besar untuk anak jika buku tersebut memenuhi kriteria sebagai buku yang layak dibaca oleh anak. Materi yang disampaikan dalam buku hendaknya juga sesuai dengan dunia anak-anak. Dalam hal penyajian buku itu harus menarik, mungkin dengan bergambar, warna-warni, dan tulisannya tidak terlampau banyak. 

Saya sungguh merasa senang saat mengunjungi perpustakaan daerah dan di sana saya melihat kebanyakan pengunjung adalah anak-anak usia SD. Mereka sibuk mencari-cari buku bacaan yang akan dipinjam. Dan kebanyakan dari mereka menyukai cerita-cerita fiksi. Saya jadi teringat dengan pengalaman masa kecil saya waktu SD. Di mana waktu itu saya harus berangkat pagi-pagi sekali dan melobi pak Penjaga Sekolah untuk bisa meminjam buku perpustakaan. Yah, karena waktu itu walaupun sekolah memiliki perpustakaan, tapi buku-bukunya tidak boleh dipinjam. Tak tahu kenapa. Mungkin guru-gurunya malas mengurusi perpustakaan. Padahal waktu itu minat baca saya sedang heboh-hebohnya. Hanya sayangnya waktu itu tidak terfasilitasi dengan baik. Akhirnya ya itu tadi. Saya sembunyi-sembunyi meminjam buku perpustakaan. 

Alhamdulillah, sekarang hal itu tidak terjadi lagi. Mudah-mudahan. Karena kelihatannya sekarang ini perpustakaan sekolah sudah dikelola dengan baik. Bukankah salah satu persyaratan kalau sekolah ingin terakreditasi baik harus memiliki perpustakaan? Juga sekarang sudah ada lomba perpustakaan. Turut senang dan gembira. Pengalaman masa kecil saya tidak terulang lagi. Juga sekarang perpustakaan daerah sudah dibangun sedemikian bagusnya. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang semuanya gratis untuk dinikmati. 

Kembali kepada kriteria buku yang bagus untuk anak. Mungkin dalam memilihkan buku untuk anak perlu diperhatikan hal berikut ini:Buku tersebut hendaknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak, mengandung tuntutan nilai, moral dan akhlak yang baik untuk anak, serta dapat mengembangkan daya imajinasi dan wawasan yang lebih luas. Untuk anak usia dini dibawah lima tahun sebaiknya diberikan buku yang bersampul tebal dengan halaman bergambar yang lebih banyak. Karena pada usia itu anak belum bisa membaca. Sedangkan untuk anak usia enam tahun ke atas bisa diberikan buku-buku dengan jumlah tulisan yang lebih banyak namun harus tetap mempertimbangkan taraf perkembangan anak. 

Jadi tunggu apalagi, yuk kita membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar