Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 08 Juli 2010

MENYONGSONG TAHUN AJARAN BARU

Liburan akhir tahun pelajaran hampir usai. Sebentar lagi anak-anak dan guru akan segera kembali kesekolah. Jauh-jauh hari tentu sudah dipersiapkan bukan? Mungkin seragam baru, buku baru, tas baru, atau sepatu baru. Anak-anak biasanya senang mendapatkan semua itu. Sekedar penyegaran agar anak-anak kembali bersemangat saat ke sekolah nanti.  

Tak cuma anak-anak yang bersiap-siap untuk kembali kesekolah, para guru juga mesti mempersiapkan diri menyongsong tahun ajaran baru. Persiapan yang matang perlu dilakukan agar nantinya tercipta pembelajaran yang lebih berkualitas dan menyenangkan. Sehingga hasil belajar dapat lebih maksimal. 

Sebagai seorang guru yang baik sudah sepantasnya membuat persiapan khusus agar tahun ajaran baru nanti lebih baik dari yang sudah-sudah. Mungkin dekorasi sekolah perlu ditata ulang, atau mengembangkan kurikulum agar pembelajaran lebih menarik dan menantang. Mencari-cari metode baru agar anak-anak menjadi lebih kreatifpun perlu dilakukan. Bukan hanya mengusung metode-metode lama tanpa adanya inovasi sama sekali. 

Perkembangan jaman dan teknologi yang sedemikian pesat menuntut kita untuk terus berpacu menyesuaikan keadaan. Mungkin guru-guru perlu lebih banyak belajar mengenal kecanggihan teknologi sehingga tidak akan ketinggalan. Terutama dengan anak-anak didik. Maklum kan, waktu gurunya sekolah teknologi belum secanggih sekarang. So guru, jangan mau ketinggalan. Karena menjadi guru bukan berarti stop untuk belajar. Justru guru harus menjadi pebelajar sepanjang hayat. Karena ternyata semakin banyak kita belajar, semakin banyak pula yang belum kita ketahui. 

Tak terkecuali juga bagi saya yang guru Taman Kanak-Kanak. Saya juga harus belajar, mencari inovasi-inovasi baru bagaimana membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Jangan sampai guru terjebak pada rutinitas mengajar yang itu-itu saja. Nanti anak-anak menjadi bosan. 

Mengintip yang dipaparkan oleh Bapak Wijaya Kusumah (Blogger Kompasiana) guru harus memiliki kemampuan yang membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Sehingga guru-guru yang biasapun dapat menjadi seorang guru yang luarbiasa. Beberapa kemampuan itu diantaranya adalah: 
1. Mampu membangun visi mengajar yang menyenangkan 
2. Memiliki semangat dan motivasi mengajar yang selalu membara 
3. Selalu berpositif dalam kondisi apapun.
4. Mampu memotivasi siswa dengan baik.
5. Memahami karakter dan keinginan siswa.
Bila kelima hal itu sudah anda kuasai, maka tahun ajaran baru akan selalu dinanti-nanti peserta didik. Karena mereka sudah tidak sabar lagi mengikuti pembelajaran yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar