Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 31 Juli 2010

SELF HYPNOSIS

Ada kalanya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari badan dan pikiran terasa penat. Istirahatpun dirasa tidak cukup menanggulangi kelelahan yang mendera. Dibutuhkan suatu usaha ekstra untuk memulihkan kondisi badan dan pikiran yang penat. Sampai suatu ketika aku membaca sebuah artikel tentang hypnosis. Banyak diantara kita telah salah paham dengan istilah hypnosis. Maraknya penberitaan tentang penyalahgunaan hypnosis telah mendoktrin otak bawah sadar kita. Jadi anggapan kita kalau Hypsonis itu pasti jahat dan negatif.

Ternyata tidak sepenuhnya seperti itu. Kita tentu tahu hypnosis banyak juga digunakan dalam pengobatan. Terutama yang terkait dengan masalah kejiwaan. Istilahnya hypnoterapi.
Yang menarik, kita juga bisa melakukan hypnoterapi terhadap diri kita sendiri. Caranya sangat mudah.

Seperti kita tahu, gelombang otak kita terdiri dari empat fase yakni Bheta, Alpha. Theta dan Delta. Fase Bheta adalah fase aktif yang memerlukan konsentrasi tinggi. Fase Alpha adalah fase tenang. Keadaan ini mungkin kita alami saat kita sedang kusyuk berdoa. Fase Theta adalah keadaan setengah sadar. Dimana kita hendak tertidur atau istilahnya Rapid Eye Movement (REM). Dan satunya lagi adalah fase Delta, suatu keadaan di mana kita tertidur pulas.

Fase yang paling baik untuk mensugesti diri sendiri adalah pada saat kita memasuki fase Theta(REM). Caranya dengan menyatakan kalimat-kalimat positif kepada diri sendiri. Mulailah dengan berbaring secara rileks, pejamkan mata. Bayangkan diri tengah melayang-layang di udara. Kala kita meraskan tubuh kita mulai terasa ringan, bisikkan kalimat-kalimat positif pada diri sendiri, “Wahyuti (gantilah dengan nama anda) kamu bisa, kamu baik, kamu selalu berhasil,…” dan sebagainya. Tepuk-tepuklah dada atas kiri, bahu belakang kanan, atau paha kanan. Mengapa di daerah situ. Menurut Pak Khairul, yang empunya Sepia Sun, itu adalah daerah yang hanya orang terdekat yang menyentuhnya. Seperti ibu, sahabat, dan keluarga. Pada saat daerah tersebut di sentuh, alam bawah sadar kita akan mengatakan “ini pesan dari orang yang dekat denganku” dan dia menjadi terbuka untuk menerima pesan tersebut. Dengan demikian apapun yang disampaikan tadi menjadi bagian alam bawah sadar dan diingat olehnya.

Selamat mencoba.

2 komentar:

  1. saran yang bagus..maksih atas infonya semoga bisa menolong diri sendiri ke arah yang lebih positif

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah berkunjung Mbak Endang. Mudah-mudahan bermanfaat, :)

    BalasHapus