Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Jumat, 03 Februari 2017

Stimulasi Sekarang atau Tidak Sama Sekali

STIMULASI SEKARANG ATAU TIDAK SAMA SEKALI.


Kapan waktu terbaik anak belajar membaca? Yaitu saat anak telah siap belajar membaca.


Namun kesiapan ini tidak bisa langsung diukur. Sebagian anak, tidak tahu atau bahkan tidak sadar kapan mereka siap. Apalagi jika anak tidak pernah distimulasi, maka bakal ga ketahuan deh apakah anak siap atau enggak.


Apa tanda kesiapan anak belajar membaca?

1. Tes gambar dan huruf, apakah anak suka dg gambar atau lebih suka huruf. Sebagian anak berusia 2-3 tahun lebih suka gambar dibanding huruf. Jika demikian sebaiknya belajar membacanya ditunda.


2. Coba tes warna, yaitu warna primer dan kompleks. Kalo pola warna kompleks sudah tahu, spt merah tua dan muda, hijau tua dan muda, dll.

3. Tes bentuk bidang datar, kalo anak kesulitan mengidentifikasi bidang datar, ya jangan terlalu banyak berharap dia akan mengingat bentuk huruf yang jauh lebih rumit dibanding bidang datar.

4. Bentuk huruf dg 5 kartu abaca. Tes ya, apakah anak mudah lupa dg 5 huruf yg diajarkan. Jika anak ingat, tes lagi dg mengubah posisi hurufnya. Dijejer kartunya, dan diubah2 posisinya. Utk mengetes apakah dia benar2 paham, atau hanya hafal urutan. Jika anak sudah tidak mudah lupa dg 5 huruf ini, maka lanjutkan bermain abaca seri 1.


Nah, kalo sudah siap, maka sudah saatnya belajar membaca.


Permainan huruf itu penting untuk anak usia 4 tahun. Mengapa?


Menurut riset yang dilakukan di universitas Pennsylvania terhadap 64 anak berusia 4 tahun, yang diberi permainan huruf, angka dan warna. Lalu 15 tahun kemudian discan lagi otaknya, maka ditemukan anak2 yg distimulasi huruf, angka dan warna melalui permainan memiliki korteks yg berkembang signifikan. Dibandingkan dg anak2 yg tidak pernah distimulasi di usia2 tersebut. Anak2 ini juga diberi pengasuhan penuh kasih. Penelitian tsb dilaporkan dalam pertemuan tahunan bergengsi di New Orleans.


Ini tidak berlaku untuk orangtua yg suka uring2an saat mengajari anak belajar, tapi hanya untuk orangtua yg sabar dan penuh kasih kepada anaknya. Jadi, kasih sayang yg cukup penting untuk perkembangan otak anak.


Jangan lupa bermain abaca di rumah bersama Ananda tercinta dg bahagia.


Laskar abaca 12


Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar