Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 04 Februari 2017

Masa Peka yang Berbeda pada Tiap Anak

Mengapa A bisa membaca lebih cepat dibanding B ya? Padahal usianya sama, media yg digunakan juga sama, gurunya juga sama tapi kok beda hasil?


Ya...

Itu artinya A dan B memiliki masa peka yg beda. A lebih cepat siap dibanding B. Umumnya anak2 yg kecerdasan logikanya menonjol lebih cepat menguasai simbol dibanding anak2 dg jenis kecerdasan lainnya, spt cerdas seni, dll.


Jadi jangan samakan hasilnya. Yg penting anak hepi saat belajar. Umumnya anak2 yg belum siap belajar membaca tapi tetap diajari pembimbing sabar juga akan menunjukkan progres baik meskipun lambat sekali. Namun jika anak siap, pencapaiannya akan jauh lebih pesat. Semakin matang usia anak maka semakin siap, dan berikan stimulasi yg baik agar hasilnya jg baik.


Tentang kesiapan anak ini, sudah ada penelitiannya lho. Menurut profesor Lynda Lavine dari Cortland State University, mengatakan bahwa kesiapan anak dalam memahami simbol atau huruf sebagai berikut


Usia 3 tahun 86% siap, 14% belum siap


Usia 4 tahun 92% siap, 8% belum siap


Usia 5 tahun 96% siap, 4% belum siap.


Itulah sebabnya pencapaian anak2 bisa berbeda antara satu dg yg lainnya. Maka jangan bandingkan hasil belajar setiap anak, karena hal itu sama dg tidak bersikap adil thd mereka. Jadilah orangtua yg bijaksana, berikan media bermain yg ramah otak, dan bersikap adillah dg tidak membandingkan hasilnya dg anak lainnya.


Laskar abaca 13


Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar