Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 14 Februari 2017

8 Tips Bantu Anak Gemar Membaca Sejak Dini

Kebiasaan membaca pada anak2 bisa dibangun dari rumah, bahkan sebelum anak belajar membaca. Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa membantu anak anda menjadi gemar membaca


1. Membaca di hari pertamanya dan membaca setiap hari

Tahukan Anda, bahwa bayi yang baru lahir sudah bisa merespon irama ketika Anda membaca dengan suara yang keras (terdengar jelas), terlebih lagi saat bayi Anda sedang berada dalam pelukan yang hangat. Buatlah aktivitas membaca sebagai rutinitas harian.


2. Biarkan dia melihat Anda membaca

Anak2 belajar dari apa yang mereka amati. Jika Anda suka membaca buku, majalah atau blog, biarkan mereka melihat aktivitas Anda membaca. Mereka akan ikut antusias jika Anda juga antusias membaca.


3. Ciptakan ruang membaca

Ruang membaca tidak harus besar dan terlihat banyak buku, melainkan sebuah ruangan yang nyaman, memiliki pencahayaan yang baik dan ada sedikit tempat untuk menyimpan satu atau dua buku favorit mereka. Tujuannya adalah memberikan kesenangan dan kenyamanan saat mereka membaca.


4. Berkunjung ke Perpustakan

Ajak anak2 ke perpustakaan untuk melihat buku2 baru dan melihat teman-teman seusia mereka yang sedang membaca di sana.


5. Biarkan dia memilih buku bacaannya

Arahkan buku2 yang sesuai dengan usia mereka dan biarkan mereka memilih buku favoritnya sendiri


6. Temukan moment membaca setiap hari

Aktivitas membaca tidak melulu duduk manis sambil membaca buku favorit, melainkan bagian dari kehidupan sehari-hari. Membaca rambu-rambu jalan, papan nama, bahkan tulisan resep bisa menjadi moment membaca mereka.


7. Bacakan ulang buku favorit

Membacakan ulang buku favorit anak bisa membantu mereka menjadi gemar membaca. Mereka suka melihat apa yang sudah mereka tahu dari gambar2 yang ada di buku favoritnya. Membacakan ulang juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk menghubungkan apa yang mereka lihat dibuku dan yang didengarkan.


8. Pelajari bagaimana dia membaca

Anda mungkin bukan seorang guru, tapi Anda adalah guru pertama mereka. Kemampuan membaca anak2 adalah berbeda. Tentunya Anda harus mengetahui kemampuan anak Anda dan mendukung mereka dengan memberikan buku2 yang sesuai dengan kemampuan mereka.


Kegemaran membaca juga bisa dibangun dari pengalaman belajar membaca yang menyenangkan. Dalam mendukung belajar membacanya, gunakan media yang ramah otak anak seperti ABACA flashcard. Belajar membaca semudah bermain.


Diterjemahkan secara bebas dengan beberapa penyesuaian dari: 8 Tips to Help Yound Kids Develop Good Reading Habits: Amanda Morin; www.understood.org


#LaskarAbaca 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar