Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 18 Februari 2017

Kapan sebaiknya anak diajari membaca Al Qur'an?

Kapan sebaiknya anak diajari membaca Al Qur'an?


Hafal surat2 dlm Al Qur'an itu berbeda dg belajar membaca Al Qur'an. Tidak heran jika banyak kita temui anak2 usia TK yang bisa hafal bbrp surat dlm Al Qur'an, akan tetapi sebagian tidak bs membaca tulisan arab atau bahkan belum bs berhitung. Karena membaca dan menghafal adalah 2 hal yg berbeda. Anak2 lbh mudah menghafalkan apa saja yg didengar dibanding membaca simbol yg sifatnya abstrak.


Utk belajar membaca huruf Arab atau hijaiyah diperlukan kesiapan atau kematangan otak. Sama spt belajar membaca huruf latin. Mengapa? karena simbol arab ataupun latin itu merupakan hal yg bersifat abstrak.


Apa maksud abstrak di sini. Bayangkan sebuah simbol angka 5 yg juga sama2 abstraknya dg huruf a b c atau alif ba ta. Angka 5 bukanlah makanan atau kue. Angka 5 mempunyai definisi yg hanya bs dipahami oleh anak2 yg telah siap atau matang otaknya. Angka 5 merupakan sekumpulan benda yg berjumlah tertentu.


Itulah sebabnya mempelajari sesuatu yg bersifat abstrak spt membaca huruf latin dan huruf arab sebaiknya tdk dilakukan pd waktu bersamaan. Jk dipaksakan biasanya hasilnya kurang memuaskan. Salah satunya


1. Anak kadang membaca huruf latin dari arah kanan dan kadang pula dr arah kiri, begitu jg jk membaca huruf arab.


2. Terkadang anak2 ini menulis campur tulisan arab dan latin ketika menuliskan teks kata spt "ra sa, ma ta,dll"


Nah utk menghindari masalah spt di atas maka perlu belajar membaca secara tdk bersamaan agar mengurangi tingkat error anak. Bagaimana jk terlanjur? Tidak mengapa, masalah tsb biasanya akan hilang dg sendirinya ketika anak berusia 7 atau 8th.


ABACA ini cocok untuk anak tipe apapun, asalkan anak telah dinyatakan siap ketika mulai belajar membaca. Bahkan anak hiperaktif pun juga bisa menggunakan abaca.


Berikut ini sebuah testimoni yang berasal dr seorang anak hiperktif yg awalnya gagal diajari mengaji aama gurunya. Tapi siapa sangka ktika menggunakan ABACA hijaiyah progresnya malah luar biasa. Bayangkan hanya dalam waktu 5 menit saja anak ini udah bs menguasai 50 kartu atau simbol arab dan larut dalam permainan.


Hmm... gimana mrk gak anteng jika mainnya aja ada prajurit donatnya? Sebagian anak malah gak mau berhenti main sampe 2 jam karena terobsesi memeroleh sang Raja donat yg terdampar di sebuah pulau kecil. Penasaran?


Simak testimoni keren dari customernya agen surabaya, mba Esti. Semoga terinspirasi.


Salam manis buat putra putri Anda

Diena Ulfaty

Produsen dan Owner ABACA flashcard


Copast fb bunda Lynda Sutrisna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar