Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Minggu, 06 Maret 2011

NUPTK IN TROUBLE

Saya begitu senang dan bahagia ketika mengetahui NUPTK saya telah keluar. Karena bagaimanapun NUPTK mutlak diperlukan oleh semua guru. NUPTK merupakan kunci pembuka harta karun (cie…..) bagi guru. Karena tanpa NUPTK itu segala tunjangan gak bisa dicairkan. Jadi penting banget kan si NUPTK itu. Terlebih lagi bagi guru WB.

Tapi usut punya usut, ternyata NUPTK saya bermasalah nih. Mulanya gak ngeh, karena it’s seem so normal like the other. Yakni masalah data saya yang keliru. Tentang penulisan tanggal lahir. Tertulis 09051976 sesuai betul dengan tanggal lahir saya.jadi saya pikir tidak ada masalah. Tapi pas lihat-lihat data yang di atas saya kok tertulis 09141982. Wah saya mulai mikir, masa ada bulan 14. Terkejutlah saya. Ternyata format penulisan yang dipakai adalah bulan, tanggal, tahun. Itu berarti penulisan tanggal lahir saya salah. So pasti kaget dong.

Geradak geruduk ngacir ke dinas mau verifikasi data. Ternyata data di kabupaten belum diupdate dari database pusat. Di dinas kab NUPTK saya bahkan belum keluar. Padahal di internet NUPTK saya sudah keluar ¾ tahun yang lalu. What’a matter? Niat mau verifikasi data jadi tidak bisa dilakukan. Terpaksalah pulang sambil gigit jari. Sambil berharap mudah-mudahan bapak di dinas itu punya waktu untuk selekasnya upgrade data.

Beberapa minggu setelah itu saya kembali lagi ke dinas kab. Niatan mau verifikasi data. Kali ini alhamdulillah, data sudah diupgrade. Dan bapake juga welcome banget nanggapin keluhan aku soal kesalahan data itu. Bapake dengan senang hati mau membukakan database saya. Tapi masyaallah, ternyata bukan hanya tanggal lahir saya saja yang keliru. Nama ibu saya pun keliru. What a hell is this?

Wah saya ngedumel dalam hati, gimana data bisa salah semua seperti itu. Perasaan saya pas pengisian data itu sudah saya isi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Benar-benar human error yang payah. Tapi maklumlah, bapake harus mengurusi data guru sekabupaten, jadi maklum saja kalau ada salah-salah masukin data. Mana dulu blanko pengisiannya kecil-kecil lagi. So pasti bikin mata capek.

Karena salah ya udah langsung saja dibenerin. Tapi itupun tidak semulus kala meluncur di jalan tol. Kali ini permasalahan lain lagi. Loading-nya lama banget. Maklum pas kali itu net lagi lemot banget. Karena lama gak kelar-kelar loading sementara bapake ada kerjaan lain maka bapake minta data-data saya yang butuh dibenahi. Katanya sih mau diralat entar kalau di rumah. Koneksinya lebih ok. Ya ok lah. Aku kasih data-datanya.

Several time after that day, balik lagi ke dinas. Nanya apakah data saya sudah diverifikasi. Bapake lupa karena terlalu banyak kerjaan. Ngurusin sertifikasi. Blahik…trouble again. Saya minta dibukain database bapake tidak bersedia karena sedang sibuk katanya. Namun bapake berjanji akan mengecek nanti kalau di rumah. Oh, sabar, sabar…

Kenapa sih ngotot banget benahin data NUPTK? Soalnya nih, ntar kalau ada cross cek data dan nggak cocok, kan berarti saya dalam masalah. Data-datanya gak valid. Hik,hik, nangis bombay dah…. Berdoa aja deh, ya Allah mudahkanlah semua urusanku….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar