Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 28 Maret 2011

Info Lomba Mengarang Dempo Dragonfly Society (Indonesia)


Info Lomba Mengarang Dempo Dragonfly Society (Indonesia)

DEMPO DRAGONFLY SOCIETY (INDONESIA)

mengundang Anda untuk menjawab:

MENGAPA KITA PERLU MENCINTAI CAPUNG?
dan APA MANFAATNYA?

Latar Belakang:

Setiap bangsa mempunyai pandangan dan perlakuan tersendiri pada keluarga Odonata, yang kita kenal sebagai capung besar, capung jarum, kinjeng(Jw), papatong(Snd), kasasiur(Bjr), sisit (Mdr), dst.

Misalnya: Di Jepang menganggap capung sebagai lambang ketangkasan, ketepatan dan kecepatan dalam bertindak. Di Portugal melihat capung sebagai mata-mata yang mengawasi anak-anak agar tidak suka berdusta. Di Cina sebagai pertanda akan datangnya kemakmuran petani di musim kemarau.

Bagaimanakah kita, Bangsa Indonesia melihat capung selama ini? Apa yang dapat dipetik dari kebijaksanaan lokal dan bagaimana semestinya? Adakah anda mendengar dan meneliti peran capung dalam masyarakat tradisional dan dalam lingkungan hidup?

Dempo Dragonfly Society Indonesia mengundang anda untuk memikirkan dan menjawab bagaimana sebaiknya pelestarian capung – berbagai keluarga Odonata yang hidup di sekitar kita. Mengapa kita perlu memikirkan mereka? Manfaat ekologis, ekonomis, pendidikan dan spiritualitas apa yang kita peroleh dengan memperhatikan capung?

Silakan dituangkan dalam tulisan minimal 3 halaman – maksimal 5 halaman. Boleh dilengkapi dengan foto-foto, lukisan, sketsa, film atau dilampiri bukti-bukti dan dokumen pendukung.

Tujuan:
Lomba ini bertujuan untuk memperdalam minat masyarakat pada pelestarian Odonata, dan peningkatan kualitas pendidikan dan ilmu pengetahuan umum maupun khusus. Hasil pemikiran ini akan diterbitkan dalam bentuk buku.

Lomba ini dibuka pada 12 Maret 2011 dan ditutup pada tanggal 20 April 2011.

Syarat Lomba:
1. Lomba berlaku bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa dibatasi umur, latar belakang pendidikan, tempat tinggal, maupun pekerjaannya.
2. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang kreatif, jelas, komunikatif.
3. Memuat ide-ide dan gagasan baru, serta menghargai temuan lama.
4. Tulisan bersifat original dan bisa dibuktikan kebenarannya.
5. Tulisan belum pernah diterbitkan di media massa/buku (cetak maupun elektronik), dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
6. Atas karya yang menang, Panitia Lomba Mengarang Dempo Dragonfly Society (Indonesia) berhak menerbitkannya dalam bentuk buku, mengumumkan/ memperbanyak, dan mewujudkannya kembali dalam format digital maupun non digital yang tetap merupakan bagian dari Dempo Dragonfly Society (Indonesia).
7. Pemenang bersedia diwawancara oleh Dewan Juri.
8. Naskah yang masuk menjadi hak panitia dan tidak dikembalikan.
9. Keputusan juri mengikat dan tidak bisa diganggu gugat.

Ketentuan Teknis :

1. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu naskah.
2. Naskah bisa berbentuk foto-esei, laporan jurnalisme, cerita pendek, wawancara, jurnal maupun puisi dan lagu.
3. Naskah diketik di kertas berukuran A4 dengan jarak 1.5 (satu setengah) spasi. Panjang tulisan minimal 3 halaman maksimal 5 halaman dengan ilustrasi gambar maupun foto.
4. Setiap naskah yang dikirimkan wajib dilampiri: a) biografi singkat penulis, b) nomor telepon/HP, c) alamat rumah dan email, d) nomor rekening bank atas nama peserta, e) satu lembar foto close up ukuran kartu pos (3R), untuk dimuat di buku (bagi pemenang). Pose bebas, wajah terlihat jelas, tanpa kacamata gelap.
5. Naskah dimasukkan ke dalam amplop atau surat elektronik (email). Tuliskan: Lomba Mengarang Dempo Dragonfly Society (Indonesia) di sudut kiri atas amplop atau subjek email.
6. Karya dikirimkan ke : Jl. Talang no.1, Malang 65112 a/n Wahyu Sigit (Dempo Dragonfly Society – Indonesia ) atau email dds.indonesia@gmail.com
7. Seluruh karya paling lambat diterima panitia pada tangga 20 April 2011 (cap pos).

Ketentuan Khusus :
1. Pengumuman pemenang akan dimuat di Facebook(page) Dempo Dragonfly Society (Indonesia) atau Capung Dempo dan di media surat kabar pada tanggal 2 Mei 2011. Silakan add di capung.dempo@gmail.com.
2. Hadiah akan ditransfer via bank ke rekening peserta pemenang atau diserahkan langsung.
3. Pemenang akan mendapat pemberitahuan langsung dari Dempo Dragonfly Society (Indonesia) lewat email dds.indonesia@gmail.com atau lewat pos.
4. Semua peserta berhak menjadi anggota jaringan Dempo Dragonfly Society (Indonesia).
5. Panitia tidak melayani korespondensi dalam bentuk apa pun berkaitan dengan lomba ini.

Hadiah:
* Pemenang pertama mendapatkan hadiah Rp 1.000.000 + Piagam + souvenir Dempo Dragonfly Society Indonesia.
* Pemenang kedua mendapatkan hadiah Rp 600.000 + Piagam + souvenir Dempo Dragonfly Society Indonesia.
* Pemenang ketiga mendapatkan hadiah Rp 400.000 + Piagam + souvenir Dempo Dragonfly Society Indonesia.
* Selain pemenang utama akan dipilih 12 pemikiran terbaik untuk dibukukan.

//SALAM CAPUNG TEMAN KITA//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar