Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Senin, 11 Oktober 2010

PERMAINAN FISIK MOTORIK DI TAMAN KANAK-KANAK 2

Ini adalah sambungan dari artikel Permainan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. baru kelar, jadi mesti dibuat bersambung. semoga bermanfaat bagi rekan semua. selamat mempraktekkan dan membuat variasi yang lain.

1. Bola Beranting di Atas Kepala
Tujuan: meningkatkan koordinasi tangan.
Cara bermain: seluruh anak dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah yang sama banyak, lalu diberiskan berbanjar menjadi beberapa baris sesuai dengan jumlah bola yang tersedia. Barisan menghadap satu arah. Jarak antar baris kira-kira satu rentangan tangan. Permainan dimulai dari anak yang terdepan memegang bola. Setelah peluit dibunyikan maka bola dipindahkan kebelakang melalui atas kepala, dan teman dibelakang menerima bola tersebut kemudian mengangsurkan bola keteman dibelakangnya lagi dengan cara yang sama. Pemenangnya adalah bola yang lebih dulu sampai pada baris anak paling belakang.

2. Bermain Menebak Gambar
Siapkan gambar-gambar yang berlainan. Gambar bisa disesuaikan dengan tema. Pilih pemain dua anak. Anak lainnya duduk melingkar. Tempeli masing-masing pemain dengan gambar yang berbeda. Tentu saja tanpa sepengetahuan lawan main anak. Masing-masing pemain kemudian menebak gambar di punggung lawan mainnya. Namun masing-masing pemain harus bergerak agar gambar pada punggung tidak mudah tertebak. Biar lebih seru iringi dengan musik. Siapa yang menebak duluan dialah pemenangnya. Permainan bisa dilanjutkan anak berikutnya.

3. Jalan Bervariasi.
Siapkan simbol-simbol pada lantai. Bisa berupa gambar dengan kapur atau bahan lain yang tidak membahayakan anak. Misalnya simbol lingkaran untuk jalan berjinjit, simbol segitiga untuk jalan berjongkok, simbol segiempat untuk jalan dengan satu kaki dan simbol jajaran genjang untuk anak melompat. Tiap anak bergantian melewati simbol dilantai dengan melakukan variasi jalan sesuai dengan petunjuk simbol.

4. Berjalan di atas rel
Siapkan lintasan dari tali plastik atau tali rafia atau digambar dengan kapur tulis dengan bentuk persegiempat pada lantai. Siapkan pula beban untuk dibawa anak di kepala. Bisa berupa kantong biji atau buku. Sambil merentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan anak berjalan mulai mengikuti lintasan. Mula-mula anak berjalan maju kedepan kemudian berjalan ke menyamping kamudian berjalan mundur dan berjalan menyamping lagi mengikuti garis lintasan.

Disamping berbagai macam permainan di atas masih banyak lagi permainan fisik motorik yang lain. Diharapkan para guru kreatif untuk menciptakan bermacam permainan untuk anak, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan bagi anak.

2 komentar:

  1. izi copas yang ini juga ya bu... ^-^

    BalasHapus
  2. Silahkan, senang sekali jika tulisan saya dapat memberi manffat bagi orang lain. salam kenal :))

    BalasHapus