Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Sabtu, 09 Oktober 2010

MENGINTIP PEMBELAJARAN DI TK ISLAM TERPADU

Pagi tadi saat bersiap mengawali hari, tiba-tiba HP berdering. Ada SMS masuk yang mengabarkan kalau pagi ini ada pertemuan KKG Gugus Melati. Wah inilah akibat dari kemajuan teknologi. Apa-apa serba SMS dan mendadak pula. Akupun langsung berpikir gimana caranya bisa sampai ke lokasi yang terbilang jauh dari jalan raya itu. Dan akhirnya kepikiran, aku berangkat sama suamiku aja. Alias nunut.

Dan sampai sana sudah pasti aku kepagian. Tapi asyik juga dong, aku bisa sekalian ngintip pembelajaran di TK IT ini. Dan seperti namanya TK Islam Terpadu sudah tentu muatan agamanya sangat kental sekali. Mulai dari pakaian seragam, tata cara mengawali pembelajaran, sangat kental dengan nuansa Islami. Seperti contohnya nih saat baris, anak-anak menghafalkan surat Al Fatihah sekaligus artinya. Juga Asmaul Husna yang berjumlah 99 itu anak-anak juga hafal. Luar biasa.

Aku jadi teringat ketika aku ditawari pindah ke TK IT di daerah Demak. Saat itu belum aku putuskan kuterima atau tidak tawaran menggiurkan itu. Aku bilang akan observasi dulu. Namanya TK IT sudah pasti berbeda dengan TK-ku yang bukan IT dong. Karena pingin tahu model pembelajarannya maka aku sempatkan satu hari survey di sana. Dan alhasil aku kaget bukan main. Soalnya beda jauh dari keseharianku. Banyak hafalan hadist dan Qur’an. Dan hebohnya lagi saat guru meminta anak-anak menyebut suatu hadist, anak-anak langsung menyahut lengkap dengan artinya. Wah, wah luar biasa. Tapi toh akhirnya aku nyerah. Gak sanggup. Padahal sih sebenarnya malas belajar saja. Meaby next time??

Kembali ke pertemuan KKG. Karena akan segera digunakan sebagai tempat pertemuan, maka pembelajaran TK IT hari itu tidak bisa penuh. Anak-anak dipulangkan pagi. Dan sebagaimana anak-anak dari jaman dulu aku sekolah sampai sekarang jadi guru, kalau namanya pulang pagi kok ya senangnya bukan main.

Setelah menunggu lumayan lama, jam 9 akhirnya pertemuan KKG Gugus Melati resmi di mulai. Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan kali ini. Diantaranya penyusunan program kerja gugus, pembentukan tim perumus kurikulum, alhamdulillah saya dipercaya masuk tim ini. Mudah-mudahan saya mampu menjalankan tugas dengan baik.

Disamping hal-hal tersebut di atas masih ada lagi satu kabar gembira bagi para insan yang berkecimpung di dunia TK. Katanya usulan adanya dana BOS untuk sekolah TK akan disetujui. Walaupun baru sekedar wacana, tak urung kabar itu sedikit melegakan hati kami.

Sebagaimana telah banyak kita ketahui, kendati pendidikan PAUD telah dijadikan salah satu pilar penyelenggaraan pendidikan di negeri ini oleh Mendiknas, namun dalam pelaksanaannya hal tersebut masih jauh panggang dari api. Alias mimpi kali yeee.

Tak terasa pertemuanpun menjelang tengah hari. Kemudian kami merencanakan untuk sowan pada Pengawas Sekolah kami yang akan pergi haji yang kebetulan berdomisili satu desa dengan tempat pertemuan KKG. Wah sayang, ketika sampai di sana ternyata beliau sedang tidak di rumah. Katanya pergi takziyah. Kamipun terpaksa nunggu. Tapi tidak apa-apa. Ada banyak makanan enak di sini. Juga jambu delima yang sekarang sedang musim. Sampai ketemu lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar