Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Minggu, 17 Oktober 2010

NGEBUT MEMBUAT CD INTERAKTIF

Hari minggu ini semua rencana keluar terpaksa harus dipending. Ada hal sangat penting yang harus aku lakukan. Ngebut membuat CD interaktif pembelajaran. Gimana nggak? Aku ketinggalan informasi sangat jauh. Bayangkan saja. Baru kemarin itu aku dapat berita lomba CD interaktif pembelajaran yang diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah. Sebelumnya tidak pernah membuka situsnya LPMP. Karena kupikir lomba belum lagi diumumkan. Soalnya tahun lalu lomba diselenggarakan bulan Desember. Jadi aku masih santaiii dulu, ah…. Eh ternyata….oh ternyata.

Akhirnya hari minggu ini tancap gas membuat CD interaktif. Untung sebelumnya sudah bergerilya mengumpulkan gambar-gambar animasi. Jadi lumayan punya cicilan. Tinggal ngerancang pembelajarannya. Dan hari ini sudah kelar menata gambar. Semoga bisa selesai tepat waktu.

Habis tahun lalu sudah kepingin ikut, tapi karena belum siap (sibuk di lomba penulisan naskah pusbuk) jadinya harus dipending. Dan tahun ini memang sudah direncanakan mau ikut, tapi CD belum lagi dibikin. Sok sibuk bikin PTK untuk ikut lomba Karya Tulis Ilmiah Inovatif Pembelajaran Guru yang diadakan Diknas Jawa Tengah. Semoga ikut masuk final, amin. Jadinya aku agak kaget juga waktu surfing ke situsnya LPMP Jateng. Walaupun waktunya mepet banget aku berusaha membuatnya. Semoga bisa selesai sebelum deadline.

Ternyata manajemen waktu itu sangat amat penting sekali. Sudah tahu tapi kok ya susah ngaturnya, ya. Apalagi kalau sudah buka facebook, bisa berpaling dari rencana semula. Yah, namanya juga amatiran. Beruntung nih kenal ama Dik Eny Yulianti yang juara dua kategori TK/SD tahun kemarin. Trim banyak-banyak sudah mau berbaik hati menjawab semua pertanyaan saya. Wah salut lho sama Dik Eny. Orangnya kreatif. Dan terima kasih buat Pak Mursid yang telah berbaik hati berbagi tip pembuatan CD interaktif yang baik. Semoga tak keberatan tipnya di copas.

Tip Pak Mursid : Ayo Bapak/Ibu guru di Jawa Tengah, siapkan diri anda untuk mengikuti ajang bergengsi di bidang pengembangan multimedia pembelajaran ini untuk menguji nyali. Dijamin anda akan memperoleh pengalaman sangat berharga karena anda akan dapat berjumpa dan beramah-tamah dengan guru-guru kreatif yang tidak pelit berbagi ilmu dan karya di sana.

Sekedar mengingatkan, jika anda ingin memperoleh kesempatan dipanggil panitia lomba untuk mempresentasikan karya media anda, perhatikan hal-hal berikut ini:
• Pastikan karya anda bukan merupakan plagiat/tiruan/jiplakan dari media-media yang pernah ada. (Media harus orisinil buatan sendiri)
• Menu wajib yang tidak boleh ditinggalkan meliputi: Sasaran, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Simulasi/Latihan, Uji Kompetensi/Tes, Daftar Istilah, Daftar Referensi, dan jangan lupa sertai dengan Trouble Shooter (Help).
• Gunakan navigasi yang lazim dan konsisten.
• Sertai dengan dokumentasi yang lengkap (Petunjuk instalasi, petunjuk pengoperasian, petunjuk jika terjadi masalah/trouble shooting).
• Hati-hati dalam penganimasian. Jangan sampai adanya animasi justru malah mengaburkan materi inti.
Terima Kasih semuanya. Semoga bermanfaat. Selamat Malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar