Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 16 Oktober 2010

Info Terbaru Lomba CD Interaktif 2010

LOMBA GURU BERPRESTASI DI BIDANG PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA JENJANG TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, DAN SMK/MAK TAHUN 2010

Rasional

Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuat alat yang berfungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.

Bentuk-bentuk stimuIus bisa dipergunakan sebagai media diantaranya adalah hubungan atau interaksi manusia, realita gambar bergerak atau tidak, tulisan dan suara yang direkam. Kelima bentuk stimulus ini akan membantu pembelajar mempelajari bahasa asing. Namun demikian tidaklah mudah mendapatkan kelima bentuk itu dalam satu waktu atau tempat.

Teknologi komputer adalah sebuah penemuan yang memungkinkan menghadirkan beberapa atau semua bentuk stimulus di atas sehingga pembelajaran bahasa asing akan lebih optimal. Namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan. Pengajar adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk merealisasikan kelima bentuk stimulus tersebut dalam bentuk pembelajaran. Namun kebanyakan pengajar tidak mempunyai kemampuan untuk menghadirkan kelima stimulus itu dengan program komputer sedangkan pemrogram komputer tidak menguasai metode pembelajaran.

Jalan keluarnya adalah merealisasikan stimulus-stimulus itu dalam program komputer dengan menggunakan piranti lunak yang mudah dipelajari sehingga dengan demikian para pengajar akan dengan mudah merealisasikan ide-ide pengajarannya.

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pembelajar. Selain itu, media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.

Multimedia pembelajaran mandiri bagi siswa adalah bahan belajar multimedia yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi (contoh: Powerpoint, Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Foxpro, dll) dan atau bahasa pemrograman (contoh: Visual Basic, Clipper, dll) dan kesemuanya dikompilasi dalam satu paket aplikasi.

Persyaratan Karya

·Mencantumkan kurikulum yang digunakan, sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta petunjuk penggunaan program.
·Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
·Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia, kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.
·Hasil karya dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program dalam bentuk 2 sajian, yaitu print out petunjuk pengunaan dan CD (3 keping CD copy).
·Karya original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
·Bila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/ bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
·Setiap bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba bila memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk presentasi dan menjadi hak milik LPMP Jawa Tengah.
·Karya yang dibuat sesuai dengan mapel yang diajarkan dan jenjang sekolah dibuktikan dengan surat pernyataan mengajar dari sekolah berdasarkan mapel dan jenjang mengajar.

Desain CD Interaktif

·Judul

·Tujuan Pembelajaran

·Apersepsi

·Uraian yang komunikatif

·Contoh, analogi atau ilustrasi, serta simulasi yang relevan dan kontekstual

·Latihan, tes, dan umpan balik korektif secara kreatif.

·Relevansi dan konsistensi antara latihan/tes dan materi dengan tujuan pembelajaran

·Interaktivitas

·Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan multimedia pembelajaran

·Mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya.

·Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan.

Pendaftaran
·Mengisi formulir yang sudah disiapkan di Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) LPMP Jawa Tengah atau melalui website: www.lpmpjateng.go.id
·Persyaratan karya disertakan dalam amplop ukuran folio, ditujukan kepada PANITIA LOMBA GURU BERPRESTASI DI BIDANG PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA JENJANG TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK (RUANG INFORMASI TEKNOLOGI ) LPMP JAWA TENGAH.
·Formulir pendaftaran dan persyaratan lomba diantar langsung atau dikirim melalui pos ke panitia lomba paling akhir 23 Oktober 2010 (Cap Pos)
·Pendaftaran tidak dipungut biaya.

Kegiatan Lomba
175 peserta yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lomba akan dipanggil ke LPMP Jawa Tengah untuk mempresentasikan bahan ajarnya pada tanggal 03 s/d 04 November 2010.

·Bila perlu menggunakan software khusus diperbolehkan membawa sendiri.
·Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan
Biaya akomodasi dan konsumsi selama di LPMP Jawa Tengah ditanggung oleh panitia.
·Ketentuan dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
( bagi peserta yang sudah mengirimkan hasil karya diberikan kesempatan untuk memperbaiki hasil karyanya sesuai batas waktu tersebut diatas )

Peserta
·Guru JENJANG TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK dan sederajat se Jawa Tengah
·Lomba bersifat perorangan.

HADIAH LOMBA
JENJANG:
1. TK/RA/SD/MI :
Juara I :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN
Juara II :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN
Juara III :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

2. SMP/MTS : Juara I :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN
Juara II :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN
Juara III :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

2. SMA/MA/SMK/MAK :
Juara I :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN
Juara II :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN
Juara III :NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN


Sekretariat Lomba

RUANG INFORMASI TEKNOLOGI (IT)
LPMP JAWA TENGAH
Jl. Kyai Mojo Srondol Kulon Semarang 50263
Telp. (024) 7474192 Fax. (024) 7479261

Email: lpmp-jateng@lpmpjateng.go.id

Contact Person
1.Mulyanto : 081 225 12 002
2.Putut J. Wibowo : 085 626 677 15
3.Abi : 081 6666 776

Tidak ada komentar:

Posting Komentar