Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 23 Mei 2017

Menyuruh Anak Belajar Itu Penting Tapi Menciptakan Anak Yang Gemar Belajar Jauh Lebih Penting

MENYURUH ANAK BELAJAR ITU PENTING TAPI MENCIPTAKAN ANAK YG GEMAR BELAJAR JAUH LEBIH PENTING


Bunda, pernah ngalami nggak? Menyuruh anak belajar, malah anak kabur entah ke mana. Atau malah ngambek, nangis, dan lebih parah nya jadi ngamuk? 😱😱


Jadi dilema gak sih bunda kalau begini? Terus gimana cara menyuruh anak belajar tanpa paksaan?


Guru, penulis, dan pemerhati pendidikan, Joanne F. Foster, Ed.D (Toronto University, Canada) berbagi delapan tips yang bisa dipraktikkan Ayah bunda untuk menstimulasi anak belajar dan gemar belajar, yaitu:


1. Perkaya hidup anak dengan bahasa, dan aktivitas fisik.

Sejalan dengan teori kecerdasan majemuk yang dikembangkan oleh psikolog perkembangan, Howard Gardner, Joanne Foster berpendapat bahwa anak tidak hanya berkembang dengan belajar di sekolah yang menstimulasi kecerdasan logika saja.


Anak perlu belajar mengembangkan bagian kecerdasan majemuk yang lain, melalui puisi, olahraga – apapun yang memanfaatkan indera anak.


Kecerdasan majemuk yang dikelola dengan baik akan menjadikan anak seorang pembelajar yang paham bagaimana cara belajar terbaik sesuai keunikannya. Dengan demikian, anak lebih terpacu untuk gemar belajar.


2. Picu rasa ingin tahu anak

Keingintahuan membuat anak semangat belajar, sebaliknya ketidaktertarikan membuat anak bosan belajar. Ayah bunda bisa memicu rasa ingin tahu anak dengan mengajukan pertanyaan yang menarik, dan tantang anak untuk membuat pertanyaannya sendiri sesuai minatnya. Kemampuan bertanya membuat anak belajar lebih banyak ketimbang anak-anak lain yang hanya belajar menghapalkan jawaban. Dan anak yang gemar bertanya, pasti gemar belajar dan mencari tahu.


3. Berikan kesempatan berefleksi

Belajar saja tidak cukup – anak perlu memahami dirinya sendiri yang sedang belajar untuk mengetahui sejauh mana ia berkembang dalam bidang bakat yang ditekuninya. Ayah Ibu dapat mengajak anak mengobrol tentang kegemaran dan minatnya saat ini, dan bagaimana anak ingin mengembangkan apa yang digemarinya sekarang di kemudian hari. Jika anak kesulitan menjawab, Anda bisa memberi waktu anak untuk berpikir.


4. Jangan terlalu serius

Jangan terlalu menekan anak untuk mencapai prestasi tertentu. Tekanan justru seringkali membuat anak berhenti gemar belajar. Apapun capaian anak dalam pengembangan bakatnya, coba bergembiralah bersama anak.


5. Jadilah teladan

Seringkali kita menuntut anak gemar belajar, namun saat pulang kerja kita mengeluhkan beban pekerjaan kita di depan anak-anak. Kita justru tidak menunjukkan orangtua yang mampu menjalani kariernya secara positif, terlepas dari berbagai tantangan yang ada.


6. Berikan umpan balik sesegera mungkin

Mengapa sih anak-anak suka bermain game? Salah satu elemen dalam game yang menarik adalah umpan balik sesegera mungkin. Saat anak menggerakkan karakter, ia bisa melihat langsung apakah usahanya berhasil atau tidak. Anak jadi cepat tahu di mana kesalahannya, dan dengan cara apa ia bisa memperbaikinya.


Inilah yang membuat Abaca flashcard cocok untuk menstimulus anak yang gemar bermain game, beralih ke game yang positif


Seperti halnya bermain game, belajar jadi lebih seru saat anak dengan segera menyadari perkembangan diri di bidang bakat yang ditekuninya.


7. Bahas target belajar anak

Salah satu hal yang membuat anak kehilangan semangat untuk belajar adalah karena dibebani target belajar yang terlalu tinggi. Atau sebaliknya, target belajar yang terlalu rendah membuat anak tidak tertantang untuk belajar.


Untuk mengembalikan gemar belajar dalam diri anak, Anda dapat membahas target belajar bersama anak.


8. Tumbuhkan sikap apresiatif dalam keluarga.

Apresiasi juga dapat menumbuhkan sikap bersyukur anak bahwa dirinya telah berusaha semaksimal mungkin, sesuai kapasitasnya sebagai seorang pembelajar.


Dengan demikian, anak tidak mudah berhenti gemar belajar saat menghadapi kegagalan atau saat target belajarnya tidak tercapai.


Persembahan #laskarabacagrup20

More info

📲 sms/wa Sri Wahyuti

Agen Resmi/Marketer Abaca Flash Card

085867486151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar