Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Jumat, 11 Mei 2012

HARI-HARI SIBUK DENGAN TUGAS (3)

Hari ke 5, 6, 7 di PLPG. Benar-benar hari yang disibukkan dengan banyaknya tugas dari dosen pembimbing. Mulai dari tugas pembuatan silabus, tugas pembuatan proposal PTK, tugas pembuatan alat peraga edukatif, tugas pembuatan media dan bahan ajar untuk persiaan peer teaching. Hm, benar-benar menghebohkan.


Tugas Pembuatan Silabus

Tugas pertama yang harus kami kerjakan adalah pembuatan silabus. Bukan hal baru bagi kita. Hanya kebanyakan dari kita tidak mengetahui atau terlibat langsung dalam pembuatan silabus ini. Banyak dari kita yang hanya tinggal copy-copy silabus yang sudah ada. Jadi tidak mengherankan kalau dalam pembuatan silabus kali ini banyak juga yang pegang kepala. Kenapa, ya? Silabus yang kita buat disini dimulai dari identifikasi tema. Tema diambil dari hal-hal yang dekat dengan anak. Prinsip pengembangan tema : kedekatan, kemenarikan, kebermaknaan, dan keinsidentalan. Dari tema itu kemudian kita kembangkan dalam webbing kegiatan. Dari webbing kegiatan kita susun menjadi RKM (Rencana Kegiatan Mingguan). Sesuaikan dengan model pembelajaran yang kita pakai. Boleh memakai model kelompok, pusat minat (Area), atau pun model sentra. Dari RKM kita buat dalam bentuk RKH (Rencana Kegiatan Harian). Jadi deh.


Tugas Pembuatan Proposal PTK

Kita semua sudah tahu bukan, apa itu PTK. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) biasa dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan dalam kelas tempat guru mengajar. Tugas kali ini kita disuruh membuat proposal PTK. Dalam membuat proposal PTK, pertama-tama kita perlu mengidentifikasi masalah yang terjadi di kelas kita. Setelah identifikasi masalah kita mencari pemecahan masalah. Pemecahan maslah itu lalu kita rangkai menjadi sebuah judul. Setelah judul selesai kita perlu mencari teori yang relevan dengan permasalahan kita. Baru kita buat prosedur penelitian yang meliputi setting penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, validasi data, indikator kinerja, prosedur penelitian dan jadwal. Jadi deh proposal yang kita buat. Ada yang lucu dari workshop pebuatan proposal. Dalam surat undangan yang dikirim panitia, peserta PLPG wajib membawa laptop. Namun ternyata banyak di antara peserta yang tidak membawa. Keterbatasan kemampuan mengoperasikan laptop membuat teman-teman merasa minder untuk membawa benda yang satu itu. Bahkan cerita dari panitia, entah itu PLPG kapan? Ada peserta yang membawa laptop yang masih baru. Benar-benar baru karena masih terbungkus rapi dalam kardus, dan belum diinstall program. Jadi panitia yang menginstallkan. Kan perintahnya membawa, hahahahah, sungguh lucu sekali.


Maksud panitia meminta peserta membawa laptop agar peserta itu tahu bagaimana cara menulis PTK yang betul. Dalam tugas pembuatan Proposal PTK ini aku ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga pada teman dari Pati. Bu Asih yang telah berbaik hati mengeprint-kan proposal PTK saya. Saat itu printer yang ada di panitia sedang error. Jadinya aku sempet kalang kabut juga nih, di mana mau ngeprint tugas. Sementara kalau harus menyalin ulang tugas dengan tulis tangan seperti teman-teman yang lain, gak janji deh…


Untung ada teman yang membawa printer. Sekali lagi terima kasih Bu Asih, mudah-mudahan Allah membalas kebaikan Ibu dengan berkah yang berlimpah, amin.


Tugas Pembuatan APE


Peserta PLPG ditugasi membuat APE. Dalam hal ini tugas dilaksakan secara kelompok, dan harus dikumpulkan keesokan harinya. Jadi malamnya kita kerja lembur di kamarku. Heboh banget. Dari kelas tanpa mandi langsung kerja membuat APE. APE kita buat dari kardus bekas hasil minta-minta dari pihak hotel. Jadilah kotak peraga “Bermain Bayangan” selesai dibuat dalam waktu tak kurang dari 2 jam oleh 9 personel. Sementara teman-teman kerja, daku menyusun prosedur pembuatan alat peraga. Jadi kerja cepat selesai. Begitu selesai langsung deh ketuk kamar panitia yang kebetulan ada di kamar sebelah. Minta tolong untuk diprintkan. Alhamdulillah, printer panitia dah sembuh dari error, jadi gak perlu ngerepotin teman lagi. Tugas pembuatan APE selesai. Mandi dulu, terus terbang ke dunia mimpi.


 

Tugas Pembuatan Media dan Bahan Ajar




Untuk persiapan menghadapi peer teaching yang akan tiba sebentar lagi, kami harus mempersiapkan media dan bahan ajar yang akan disampaikan pada saat peer teaching nanti. Medai dan bahan ajar yang kita siapkan berdasar pada RKH yang telah kita buat pada saat workshop penyusunan silabus. Dan media itu harus dipersiapkan dalam satu malam, karena keesokan hari media itu harus kita presentasikan di hadapan dosen pembimbing. Alamat bakal lemburan nih. Karena dalam waktu semalam kita mesti menyiapkan media sebanyak 12 jenis. Alhasil malam harinya kita betul-betul begadang. Kami berempat sibuk dalam kamar sampai dini hari bo. Jam setengah tiga barulah media kami beres. Itu pun belum selesai sepenuhnya. Karena aku hanya membuat sample dari media yang akan aku pakai saat peer teaching. Hanya untuk presentasi di hadapan dosen. Sedang media full-nya kita buat nanti menjelang peer teaching. Waktu pada saat ini benar-benar berharga. Kita harus bisa memenej waktu sedemikian rupa, agar kerjaan kita selesai, dan kita juga tetap fit. Jangan lupa konsumsi vitamin yang banyak dan makan yang cukup. Semangat…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar