Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Jumat, 18 Februari 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Saat ini tengah gencar-gencarnya membahas tentang pendidikan karakter bangsa. Sehingga dalam pembelajaran sehari-hari para guru dituntut untuk memasukkan muatan pendidikan karakter bangsa.

Masalahnya bagi guru-guru penggerak roda pendidikan yang ada di bawah alias para praktisi ini kurang mendapat sosialisasi. Sehingga banyak diantara mereka yang tidak tahu muatan dari pendidikan karakter bangsa itu meliputi apa saja sih?

Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter Bangsa

1. Religius : sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
8. Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
9. Rasa Ingin Tahu: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan: Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
11. Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komunikatif: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai : Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar Membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga dapat bermanfaat dalam penerapan pendidikan karakter bangsa. Sehingga cita-cita untuk menjadi bangsa yang berkarakter segera terwujud.

15 komentar:

  1. setuju bu...sudah saat rehumanisasi dunia pendidikan kita.

    BalasHapus
  2. detira putri10 Juni 2011 16.41

    pendapat anda memang betul buk

    BalasHapus
  3. Mudah-mudahan ada perubahan ke arah yang lebih baik dengan adanya pendidikan karakter bangsa, sehingga para pemimpin dalam mengambil keputusan pun mencerminkan pendidikan karakter bangsa yang telah dicanangkan.

    @Sehat dan Panjang umur, Detira Putri: Terima kasih telah mampir.

    BalasHapus
  4. amin.... semoga Indoesia kembali menjadi luhur, atas usaha dan doa kita bersama,... makasih ya bu atas tulisannya

    BalasHapus
  5. Apapun bentuk program yang dicanangkan oleh pemerintah semua tergantung dari kita semua kususnya kepada guru dan orang tua harus menunjukkan keteladanan yang baik kepada anak anaknya.

    BalasHapus
  6. Guru menjadi contoh teladan bagi peserta didiknya...Karena itu guru sendiri harus melakukan poin2 ini lebih dulu....Terus berkarya , bu

    BalasHapus
  7. Salam kenal Ibu, saya sangat berterimakasih karena artikel ini sangat membantu saya untuk melengkapi reverensi yang saya butukan tentang Karakter Bangsa. Saya ingin bertanya, pencetus pertamakali 18 point karakter itu dari siapa ya Bu? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Salam Kenal Bu,Terima kasih atas jurnalnya masalahnya di sekolahkami belum mendapatkan sosialaisat tentang pendidikan berkarakter ini sehingga d tulisan ini saya dapat memahami isi dari pendidikan tsb

    BalasHapus
  9. Salam kenal semuanya. semoga tulisan ini bermanfaat.:)

    BalasHapus
  10. Good article...! I'm with you Ms. Larasati!

    BalasHapus
  11. Thank You Sir. I just try to make thing better. Hehe, I'm not Ms Larasati anymore. :)

    BalasHapus
  12. PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA !!
    PENDIDIKAN AWAL DARI PENCIPTAAN KARAKTER SESEORANG !

    BalasHapus
  13. mbak..boleh saya minta daftar pustaka terkait pendidikan karakter????no sy 085640906839...sy S2 pendidikan math uns,,,mau seminar di sanat darma...email saya rahmad_basuki087@yahoo.co.id...mksh..

    BalasHapus
  14. salam kenal bu, terima kasih share artikelnya,

    BalasHapus
  15. selamat siang bu, mohon untuk memberikan sumber dari artikel diatas ;) terimakasih

    BalasHapus