Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Minggu, 20 Februari 2011

MENANAMKAN CINTA LINGKUNGAN SEJAK DINI

 Lingkungan merupakan suatu yang amat penting dalam kehidupan kita. Kerusakan terhadap lingkungan hidup membawa dampak yang amat besar terhadap kehidupan manusia. Pemanasan global, banjir, tanah longsor merupakan sebagian kecil dari dampak kerusakan lingkungan hidup terhadap tata kehidupan umat manusia. Yang lebih parah lagi, dengan semakin rusaknya lingkungan hidup yang ada mengancam eksistensi keanekaragaman hayati yang kita miliki. Kondisi itu akan berakibat terancamnya kesejahteraan hidup umat manusia.

Manusia menggantungkan hidupnya dari alam. Bagaimana pun modernnya peradaban yang dicapai, manusia masih tetap menggantungkan alam sebagai sumber daya untuk menopang kehidupan.

Alam yang terjaga dan lestari akan memberikan imbal balik terhadap kita. Diantaranya:
1. Terjaganya pasokan air.
2. Mencegah longsor, erosi atau sejenisnya.
3. Mencegah banjir.
4. Mengurangi pemanasan global.
5. Terjaganya sumber plasma nutfah flora dan fauna, sederhananya sebagai sumber genetik bagi tumbuhan-tumbuhan lain dan juga satwa-satwa.
6. Sebagai sumber pendapatan/kesejahteraan masyarakat. Setidaknya jika kita menanam pohon yang bisa juga diambil hasil panennya semisal pala, coklat, durian, mangga, jeruk atau pun kayunya pastilah bisa mendatangkan penghasilan.

Manusia sebagai pengelola lingkungan hidup memegang peranan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Untuk itu perlu ditanamkan semangat cinta lingkungan semenjak dini. Karena anak-anak merupakan generasi penerus yang akan mengelola lingkungan untuk selanjutnya. Sudah sepantasnya jika mereka dibekali dengan cara-cara mengelola lingkungan dengan baik.

Untuk tahap pertama yang perlu kita lakukan adalah menanamkan cinta lingkungan terhadap anak-anak usia dini tersebut.

Anak-anak usia dini merupakan peniru yang baik. Apa yang mereka lihat dengan mudah mereka tiru. Untuk itu sebagai orang tua kita harus memberikan keteladanan yang baik. Termasuk diantaranya memberikan contoh perilaku yang baik dalam menjaga dan mengelola lingkungan.

Contoh termudah yang dapat kita lakukan misalnya menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak pohon sembarangan, mengajak anak-anak untuk mulai mencintai tanaman dengan berkebun. Memberikan tanggung jawab terhadap mereka untuk menjaga tumbuhan yang mereka tanam sendiri. Semua itu merupakan upaya untuk menanamkan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup. Membawa anak-anak keluar jalan-jalan menikmati udara segar di persawahan atau pun alam terbuka juga merupakan salah satu upaya untuk menanamkan cinta lingkungan terhadap anak-anak usia dini.

Di samping itu penggunaan metode bercerita dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan cinta lingkungan. Semua anak menyukai cerita. Untuk itu orang tua atau guru hendaknya memanfaatkan metode ini sebagai bentuk upaya menanamkan cinta lingkungan semenjak dini.

Dengan adanya rasa cinta terhadap lingkungan diharapkan anak-anak usia dini ini nantinya akan dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup tempat tinggal mereka. Lingkungan hidup yang lestari akan membawa kesejahteraan bagi penghuninya. Semoga.

4 komentar:

  1. good idea :D mengajari sejak dini, karena bisa terbawa sampai dewasa :D .

    kunjungan balik ya http://taniabonita.tk/2011/02/13/menjaga-lingkungan-darihal-yang-terkecil/

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk apresiasinya. segerameluncur ke lokasi. BTW salam kenal Mbak Bonita.

    BalasHapus
  3. Numpang tanya ya Mbak. Gimana sih khabar lomba beatblog itu? Kok nggak ada beritanya lagi? Apa dibatalkan? Soalnya saya sudah tidak sabar ingin menghapus logo beatblog itu dari permukaan blog saya. Mampir di blogku ya Mas http://novenrique.blogspot.com/2011/04/menyiram-kucing.html

    BalasHapus
  4. Saya juga tidak tahu, Mas. Coba deh telusuri link-nya. kalau saya sih, ikut lomba nulis, terus lupakan, nanti kalau menang kan ada pemberitahuan, selamat berburu....segera meluncur ke lokasi. makasih telah mampir.:))

    BalasHapus