Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 15 Februari 2011

JOURNEY TO “WORKSHOP KURIKULUM”

Hari Sabtu sore kemarin tiba-tiba dapat telepon dari Ketua IGTKI Kecamatan. Beliau nanya apa saya bisa laptop? Olala, what a matter? So saya jawab bisa dong. Lalu beliau nanya lagi apa saya mau ditugaskan ke penataran kurikulum di Jawa Tengah? Waw, tanpa berpikir panjang aku langsung mengiyakan. Dan hari minggu sore saya harus berangkat ke Gedung P2PFNI di Kota Ungaran. Namun sebelum itu saya harus mengambil surat tugas di tempat rekan guru saya. Penataran akan dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 13 Pebruari sampai dengan tanggal 15 Pebruari 2011.

Sabtu sore itu juga saya langsung berangkat ke rumah teman saya untuk mengambil surat tugas. Paginya sebelum berangkat eh, si bungsu saya rewel. Padahal kalau saya mau pergi agak lama sih dia baik-baik saja. Lalu oleh ayahnya kami diajak main ke Taman Ria Demak. Lumayan senang lah. Jadi waktu aku berangkat si kecil dah okey-okey saja.

On the way to P2PNFI.
Ternyata Kota Ungaran jauh juga. Setelah on the way kira-kira satu setengah jam, akhirnya saya dan Bu Yuli, seorang rekan saya yang juga ikut penataran, sampai juga ke gedung P2PNFI. Sampai di sana telah banyak teman yang datang. Kami lalu check in. Wah, kamar di P2PNFI ternyata nyaman juga. Pakai AC lagi. Dan pemandangannya pun indah. Di kanan ada gunung, di kiri ada gunung juga. Udaranya lumayan sejuk.

Setelah masuk kamar, nyoba dulu nyari koneksi internet. Soalnya saya ada beberapa email yang harus di posting hari itu juga. Wah koneksi internet-nya payah juga. Apalagi kamar saya ada di sudut dekat tangga dan terhalang bangunan tinggi. Jadi sinyal rada lemot juga.

Malam hari sehabis isya langsung upacara pembukaan oleh Bapak Kepala Dinas Jawa Tengah yang di wakili oleh Bapak Kepala Seksi PAUD dan Pemerataan Bpk. Soepomo. Sehabis pembukaan langsung dilanjutkan dengan sesi penataran. Materi dipadatkan karena ternyata panitia lupa kalau tanggal 15 itu hari Maulid Nabi. Jadi sebisa mungkin penataran akan diakhiri sebelum tanggal 15 Pebruari. Jadinya kita marathon. Sesi dilaksanakan sampai pukul 11 malam.

Walaupun begitu semua peserta masih tetap semangat. Karena Ibu Suliyem memberikan materi dengan sangat baik. Joke-joke yang dilontarkan sangat segar sehingga dapat mengusir rasa kantuk. Walaupun demikian materi tetap disampaikan dengan baik. Hari kedua mulailah kami kerja kemlompok untuk menyusun model-model pembelajaran PAUD Formal. Rencananya hasil workshop ini akan disatukan dan dicetak menjadi buku yang akan dijadikan pedoman bagi proses pembelajaran di PAUD Formal khususnya Jawa Tengah. Untuk mengoptimalkan hasil yang dicapai, kelompok dibagi menjadi lima. Tiap kelompok mengerjakan materi yang berbeda.

Setelah kerja kelompok acara dilanjutkan dengan presentasi oleh masing-masing kelompok. Presentasi berakhir pukul 6 sore. Kamipun kembali ke kamar untuk mandi, makan malam dan segera kembali lagi ke ruang belajar untuk melaksanakan penutupan. Sekalian pembagian sertifikat dan juga uang transport. Lumayan banget euy, delapan kali gaji gue sebulan. Ckckckck….pingin lagi.com

Setelah itu adalah acara penutupan yang diisi oleh pentas seni. Wah guru TK suruh nyanyi, heboh sekali. Ada yang nyanyi lagu campur sari, ada yang nyanyi lagu kenangan tempo dulu, ada yang nyanyi lagu nasyid, lagu anak-anak pastinya tidak ketinggalan. Dan terakhir kali untuk menghormati Rasullullah kami melakukan shalawatan. Soalnya esok hari peringatan maulid nabi.

Acara berakhir jam sepuluh. Mata sudah ngantuk berat. Namun pikiran rasanya plong. Satu tugas sudah selesai. Tampaknya aku akan bisa tidur nyenyak malam harinya. Pagi hari setelah sarapan nunggu suami yang mau jemput. Jalan-jalan dulu lah di komplek P2PNFI yang sejuk dan asri. Hanya sayang nih, kamera lagi trouble, jadi gak bisa foto-foto deh, huhuhuh sedih.

Sampai jumpa lagi….P2PNFI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar