• Yang perlu dikembangkan adalah kegiatan pembelajarannya bukan indikatornya.
• Buatlah model pembelajaran seinteraktif dan semenarik mungkin.
• Untuk pengembangan NAM jika sudah rutin dilakukan tidak perlu dibuat naskah / program. Namun cukup dinilai dengan pengamatan.
• Pembelajaran menyanyi : metode Demonstrasi dan PT, jika yang diajarkan lagu baru. Dan metode PT jika hanya mengulang.
• Yang perlu dituliskan dalam membuat menyusun model pembelajaran PAUD formal:
1. Tema :………………………………………………………….
2. Lingkup Perkembangan :………………………………………………………….
3. Indikator :………………………………………………………….
4. Kegiatan :………………………………………………………….
5. Metode :………………………………………………………….
6. Tujuan :………………………………………………………….
7. Alat dan Bahan :………………………………………………………….
8. Langkah-langkah :………………………………………………………….
9. Alat Penilaian :………………………………………………………….
• Contoh Pembuatan model pembelajaran (Hasil Kerja Kelompok 1 angkatan ke 3 workshop penyusunan model pembelajaran PAUD Formal (TK)
Kelompok : A
Tema : Lingkunganku
Lingkup Perkembangan : Nilai-nilai Moral dan Agama
Indikator : 2. Menyebutkan tempat-tempat ibadah
Kegiatan : Bermain mencari lokasi maket tempat ibadah.
Metode : Demonstrasi dan Pemberian Tugas.
Tujuan :
- Mengenalkan tempat-tempat ibadah.
- Anak dapat menyebutkan tempat-tempat ibadah.
- Anak dapat menyebutkan macam-macam agama
- Anak menjadi lebih tahu tentang agamanya dan menghormati agama lain.
Alat dan Bahan :
1. Miniatur masjid dari kardus.
2. Miniatur gereja dari kardus.
3. Puzzle gereja (4 keping) 5 buah.
4. Puzzle masjid (4 keping) 5 buah.
Langkah-langkah Kegiatan :
1. Anak-anak mendengarkan aturan bermain dari guru. Yaitu sabar menunggu giliran dan bergantian.
2. Anak2 mendengarkan dan mengamati guru yang mendemonstrasikan cara bermain yaitu:
- Berjalan dari start, sejauh 2 m menuju maket gereja. Setelah sampai di gereja anak mengucapkan kata gereja kemudian melaksanakan tugas menyusun puzzle gereja.
- Setelah selesai menyusun puzzle gereja, anak melanjutkan perjalanan sejauh 2 m menuju maket masjid, setelah sampai di maket masjid lalu anak mengucapkan kata masjid kemudian melaksanakan tugas menyusun puzzle masjid.
- Setelah selesai menyusun puzzle masjid, anak melanjutkan perjalanan sampai ke finish.
- Setelah menjelaskan cara bermain guru membagi kelas menjadi 3 kelompok.
- Anak-anak kelompok 1 dipastikan bermain dulu.
- Demikian seterusnya sampai kelompok terakhir.
Alat Penilaian : Observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar