Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 04 Januari 2011

RESENSI BUKU


Menulis resensi buku-buku yang sudah aku baca adalah sebuah keinginan lama yang sampai sekarang belum bisa aku wujudkan. Kurangnya waktulah yang membuat keinginanku menulis resensi buku menjadi tertunda-tunda. Padahal resensi buku itu penting juga untuk dilakukan.

Bila kita selesai membaca sebuah buku seringkali kita lupa pada apa yang sudah kita baca. Bahkan kadang hilang tanpa bekas. Nah fungsi dari resensi buku diantaranya yakni untuk mengingat dan mencatat isi dari buku-buku yang telah kita baca. Selain itu siapa tahu orang lain juga ingin mengetahui isi dari sebuah buku sebelum membaca buku itu secara keseluruhan.

Disamping itu meresensi sebuah buku berarti kita memberikan penilaian terhadap buku-buku yang telah kita baca. Penilaian itu bisa berupa kritikan ataupun sanjungan yang terkait dengan isi buku yang telah kita baca. Sehingga kita bisa mengetahui kualitas dari buku yang telah kita baca.

Dengan meresensi buku secara tidak langsung kita juga telah belajar menulis. Karena dalam meresensi buku kita di tuntut untuk mengungkapkan ide-ide yang terdapat dalam buku tersebut.

Yang terakhir nih mungkin kita bisa mengirimkan resensi buku-buku yang telah kita baca ke penerbit-penerbit buku. Atau barangkali diikutkan dalam sebuah lomba. Seringkali penerbit yang baru saja me-launching buku barunya suka mengadakan lomba resensi buku.

Mudah-mudahan tahun ini hal tersebut bisa segera aku wujudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar