Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 05 Januari 2011

RESENSI BUKU (SEKAR ARUM)


Judul Buku : Sekar Arum
Penulis : Sin Soekarsono
Penerbit : Gema Insani Pers
Tahun terbit : 2005
Genre : Novel Remaja
Hal :125

Buku Sekar Arum yang di tulis oleh Sin Soekarsono nama pena dari Hj. Garsini Sintaresmi Soekarsono ini menceritakan tentang seorang gadis tuna netra bernama Riris. Dalam cerita tersebut Riris sebenarnya adalah anak dari keluarga kaya, namun karena kebutaannya sejak lahir is diserahkan pada keluarga lain di Batur Sari. Keluarga itu mendidik Riris dengan penuh kasih sayang sehingga Riris tumbuh menjadi gadis cantik yang sangat luhur budinya. Oleh keluarga nagkatnya di Batur sari Riris kemudian di serahkan ke Sekar Arum agar Riris dapat didik menjadi orang yang penuh percaya diri dan tidak minder dengan keadaan dirinya.

Di Sekar Arum inilah Riris bertemu dengan ibu kandungnya, yangkmeudian dengan diam-diam mengajak Riris untuk tinggal di rumahnya. Namun di rumah ibu kandugnnya itu Ririrs tidak merasakan adanya ketentraman. Dia sungguh merasa tersiksa dengan ulahkedua adiknya terlebih pterhadap kemenakan keluarga itu yang berusaha memanfaatkan ketidaksempurnaan Riris. Namun untunglah masih ada Bi Inah yang baik hati yang begitu penuh perhatian pada Riris.

Akhirnya Riris tidak tahan lagi dan meminta pulang dari rumah ibu nugraha yang sebenarnya adalh ibu kandungnya. Ia minta dijemput oleh temannya. Lalu sampai di Sekar Arum semuanya menjadi jelas untuk Riris. Ibu angkatnya menjelaskan semuanya kepadanya. Riris pun diberi kebebasan untuk menentukan pilihanhidupnya. Namun Ririrs yang baik hati ini tidak ingin menyakiti siapapun juga. Ia tetap mengasihi dua keluarga yang dimilikinya. Bahkan di saat terkhir, Bobi yang dulu pernah mencoba menganggunya tiba-tiba sangat perhatian kepadanya. Dan meminta Riris menjadi istrinya.

Sebuah cerita yang bagus dan menyentuh. Seringkali dalam sebuah keluarga anak cacat dia nggap pembawa aib keluarga. Namun di sini Sin Soekarsono mencoba mengangkatnya menjadi sebuah cerita yang menarik. Bahasanya mengalir lancar.Hanya saja alur cerita ini sangat mudah di tebak.

Novel remaja yang bagus, sarat nasehat dan petuah namun tidak terkesan menggurui. Buku yang sudah lama ingin saya baca, namun baru kesampaian sekarang ini. 

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar