Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 19 Juni 2010

RINDU BERKEBUN


Pagi hari seperti biasa, sehabis menjemur pakaian di kebun aku selalu menyempatkan diri menengok tanaman bungaku. Itu rutin aku lakukan walau cuma sekilas. Barangkali ada bungaku yang kekeringan. Namun pagi ini aku sempatkan diriku sedikit berlama-lama memandangi bunga-bungaku yang sedang bermekaran. Kebetulan sekarang bulan Juni. Biasanya bulan-bulan ini tumbuhan rajin memamerkan keindahan bunga-bunganya. Barangkali karena panas matahari sudah mulai maksimal sehingga tumbuhan banyak yang berbunga. Ada euphorbia aneka warna yang berbunga sepanjang masa, ada adenium yang beraneka warna, bahkan kemuning yang biasanya rajin berbunga kala cuaca sedang dinginpun kali ini sarat berbunga. Semerbak mewangi aromanya.  

Aku tertegun. Sebersit kerinduan memancar dari dalam jiwaku. Aku rindu berkebun, aku rindu menanam bunga-bunga, aku rindu berlumuran tanah kala melakukan re-poting ataupun menanam bunga yang baru. Yang terus terang sudah lama sekali hal itu tidak aku lakukan. Kesibukan mengurus si kecil dan pekerjaan rumah serta karir telah merampas waktuku dalam menyalurkan hobiku berkebun. 

Selama ini bunga-bunga itu memang masih tetap setia menghuni kebun mungilku. Masih tetap setia memamerkan keindahannya. Namun jujur ku akui aku tidak begitu intens lagi merawat mereka. Paling yang aku prioritaskan adalah menyirami mereka agar tidak layu dan kekeringan. Aku bahkan sampai tidak melihat adeniumku menghasilkan biji. Mungkin perlu sekali-kali aku meluangkan waktu berkebun lagi. Kan anakku mulai besar, sudah bisa diajak serta berkebun. Tampaknya dia juga suka sekali pada bunga-bunga yang aku tanam. 

Yah, dengan memandangi bunga-bunga beraneka warna, hatipun serasa tentram. Bisa menghilangkan penat pikiran karena kesibukan. Alam memang indah. Sayang sekali kita manusia banyak yang tidak menyadarinya dan berlaku semena-mena terhadap alam yang dianugrahkan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar