Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 17 Juni 2010

KURANGI PEMANASAN GLOBAL DENGAN POHON TREMBESI


Melewati sepanjang jalan raya Demak-Kudus senang rasanya melihat jajaran pohon trembesi mulai bersemi dan tumbuh membesar. Daun-daunnya subur menghijau menyejukkan mata. Pohon-pohon itu ditanam dalam rangka gerakan One man one tree yang dicanangkan pemerintah Indonesia guna mengurangi pemanasan global.

Trembesi (Albizia saman sinonim Samanea saman) disebut juga Pohon Hujan atau Ki Hujan merupakan tumbuhan pohon besar dengan ketinggian hingga 20 meter dan mempunyai tajuk yang sangat lebar. Di tempat saya pohon ini biasa disebut dengan sebutan pohon mindhik. Pohon Trembesi (Ki Hujan) mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan. Pohon trembesi diharapkan dapat mengurangi pemanasan global, karena menurut penelitian satu batang pohon Trembesi yang telah berumur mampu menyerap karbondioksida (CO2) sebanyak 78.826.296 kg/tahun. Disamping itu tajuk pohon yang lebar dan daun yang lebat membuat tanaman cocok untuk dijadikan tanaman peneduh. Jaringan akarnya yang kuat juga menjadikan pohon ini mampu menyerap air dengan optimal. Sehingga tidak salah kalau pemerintah memilih pohon Trembesi sebagai pohon yang mampu mengurangi pemanasan global dan pencemaran udara. Hanya sayangnya perakaran yang terlampau luas dan kuat dapat merusak bangunan disekitarnya. 

Pohon Trembesi (Albizia saman) disebut juga sebagai Pohon Hujan atau Ki Hujan lantaran air yang sering menetes dari tajuknya karena kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman pohon ini sering disebut sebagai Kayu Ambon (Melayu), Trembesi, Munggur, Punggur, Meh (Jawa), Ki Hujan (Sunda) ataupun mindhik. Dalam bahasa Inggris pohon ini mempunyai beberapa nama seperti, East Indian Walnut, Rain Tree, Saman Tree, Acacia Preta, dan False Powder Puff. Di beberapa negara Pohon Trembesi ini disebut Pukul Lima (Malaysia), Jamjuree (Thailand), Cay Mura (Vietnam), Vilaiti Siris (India), Bhagaya Mara (Kanada), Algarrobo (Kuba), Campano (Kolombia), Regenbaum (Jerman), Chorona (Portugis) Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari Meksiko, Peru dan Brazil namun sekarang telah tersebar ke seluruh daerah beriklim tropis termasuk Indonesia. 


Ciri-ciri Pohon Trembesi. Pohon Trembesi (Ki Hujan) mempunyai batang yang besar, bulat dan dapat mencapai ketinggian antara 10-20 meter. Permukaan batangnya beralur, kasar dan berwarna coklat kehitam-hitaman. Mempunyai daun majemuk dan menyirip ganda. Tiap helai daun berbentuk bulat memanjang dengan panjang 2-6 cm dan lebar antara 1-4 cm dengan tepian daun rata. Daun Trembesi berwarna hijau dengan permukaan yang licin dan tulang daun menyirip. Sedangkan bunga pohon Trembesi berwarna kuning kemerahan pada ujungnya. Bentuk bunga hampir menyerupai bunga pohon Jambu air. Sedangkan biji pohon Trembesi berbentuk polong dengan panjang 30-40 cm. dalam buah polong tersebut terdapat biji-biji yang keras. Biji-biji itu berwarna coklat kehitaman. 

Ingat biji Trembesi jadi teringat masa kecil. Dulu sepulang sekolah kalau lewat di bawah pohon Trembesi kita pasti tidak lupa memunguti buah trembesi yang berjatuhan. Buah itu kemudian kita pecahkan dan diambil bijinya. Biji-biji itu kemudian digoreng sangan dan dimakan. Rasanya sungguh gurih dan mantap.. 

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Fabales; Famili: Fabaceae; Upafamili: Mimosoideae; Genus: Albizia; Spesies: Albizia saman; Nama binomial: Albizia saman (Jacq.) Merr. Referensi: wikipedia.
foto: koleksi pribadi

3 komentar:

  1. menanam pohon itu penting sekali bukan

    www.prankyajibudiawan-tekniksipil.blogspot.com

    www.prankyajibudiawan-tekniksipil.blogspot.com

    www.prankyajibudiawan-tekniksipil.blogspot.com

    mampir yaaaa

    BalasHapus
  2. Insyallah, terima kasih telah singgah. :)

    BalasHapus
  3. Halo mbak salam kenal..

    kita memang mengenal tanaman ini sebagai pohon trembesi, tanaman yang banyak ditanam seantero negeri untuk penghijauan. tapi saya terkejut sekali setelah membaca satu artikel tentang pohon trembesi ini bersama ini saya kirimkan link nya mbak.. sebagai bahan perbandingan.

    http://muherda.blogspot.com/2011/12/menggelikan-presiden-sby-tertipu-1.html


    BalasHapus