Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 22 Juni 2010

BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN DAERAH


Hari pertama liburan, aku berniat mengajak anak laki-lakiku mengunjungi perpustakaan daerah di kotaku. Sudah lama hal itu ingin aku lakukan. Tapi baru sekarang kesampaian. Mumpung musim liburan. Perpustakaan daerah kota Demak terletak di jalan Sultan Fatah Nomer 67. Berseberangan dengan terminal dan searah dengan Bank BRI.Perpustakaan Daerah Demak sekarang kelihatan megah. Rupa-rupanya baru selesai direnovasi.  

Sebenarnya seminggu yang lalu akupun menyempatkan diri mampir. Tapi karena belum terdaftar menjadi anggota maka batallah keinginanku untuk ikut meminjam buku. Jadinya kita daftar dulu jadi anggota. Daftarnya gratis. Kita cuma perlu mengisi blanko yang telah disediakan lalu dimintakan tanda tangan pejabat RT untuk warga umum dan kepala sekolah untuk pelajar. Lalu kartu itu kita kumpulkan kembali dengan melampirkan fotocopy identitas diri. Bisa KTP bagi warga umum dan tentu saja Kartu Pelajar bagi para pelajar. Lalu oleh petugas pendaftar kita dibuatkan kartu anggota. Semua proses daftar inipun gratis. Sudah itu terdaftar deh kita jadi anggota. Perpustakaan yang buka tiap Senin hingga Jum’at itu tampaknya selalu ramai pengunjung. 

Waktu kunjungan pertamaku perpustakaan tampak ramai oleh para pelajar yang baru pulang sekolah. Aku senang anak-anak mulai gemar membaca. Jadi mereka punya kegiatan yang positif untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Daripada keluyuran tak tentu kan lebih baik membaca buku. Gratis lagi. Ohya, perpustakaan ini buka mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 15.00 untuk hari Senin sampai Kamis. Sedangkan hari Jum’at perpustakaan ini beroperasi hanya samapi pukul 11.00. Jum’at, bo! Harus shalat Jum’at dulu khan? Sedangkan hari Sabtu dan Minggu perpustakaan ini tutup.

Koleksi buku-buku di perpustakaan ini lumayan banyak juga. Sampai bingung nih mau pinjam yang mana dulu. Soalnya kita cuma boleh pinjam dua buku untuk di bawa pulang dengan tenggang waktu pinjam selama satu minggu. Yah, banyakin dikit kenapa ya, lima gitu. Sekalian jalan. Tapi namanya peraturan dibuat untuk di patuhi. Dan bagi yang hoby internet di perpustakaan ini ada hot spot. Dan inipun gratis. tapi pemakaian cuma dibatasi selama setengah jam. Bagi yang membawa laptop sendiri bebas pakai selama 24 jam. Karena untuk area hot spot perpustakaan buka sampai malam hari. Dijamin puas. Tapi awas, jangan buka situs sembarangan ya, apalagi yang terlarang. Dan kalau perut sudah keroncongan jangan kawatir kelaparan karena perpustakaan inipun dilengkapi kantin. Tapi yang ini tidak gratis. Harus bayar dan tidak boleh ngutang. So tunggu apa lagi, daripada bengong tak menentu, ke perpustakaan saja. Baca buku. Banyak manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar