Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Selasa, 06 April 2010

OPTIMALKAN KECERDASAN ANAK MELALUI SENAM OTAK

Otak manusia terdiri dari bermilyar-milyar sel. Terbagi menjadi dua belahan, kiri dan kanan. Otak kiri berperan dalam penglihatan, kata hati, impuls dan tegang, refleks, gambar keseluruhan, naluri mempertahankan hidup, hal-hal yang berkaitan dengan logika/fakta, suka menganalisis, aktif, tegas. Sedangkan otak kanan berperan dalam pendengaran, coba-coba, cemas, khawatir, percaya takhayul, spontanitas, suka berimajinasi, suka warna. Sedangkan otak tengah merupakan implementasi dari otak kiri dan otak kanan yakni: saya lakukan yang terbaik, saya ingat, saya menang, saya berkembang, saya mencapai dan saya mau.


Anehnya dari hasil penelitian hampir 85 persen orang di dunia ini ternyata hidup dengan mengandalkan otak kiri saja. Sebagian dari sisanya menggunakan kombinasi keduanya, dan sebagian lagi memakai otak kanan.

Dari segi fungsi, otak yang terdiri dari dua belahan kiri dan kanan itu seolah memiliki tiga dimensi yang saling berhubungan. Dengan mengoptimalkan penggunaan seluruh bagian ini, fungsi otak dapat dioptimalkan. Sayang, tak semua orang mampu melakukannya. Salah satu cara mengoptimalkan penggunaan semua dimensi otak adalah senam otak.

Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh faktor genetik atau turunan dan faktor stimulasi. Nah senam otak ini membantu meningkatkan kecerdasan anak melalui berbagai stimulasi gerakan

Senam otak

Senam otak atau lebih dikenal dengan sebutan brain gym, sebenarnya adalah gerakan tubuh yang bias merangsang kerja dan fungsi otak secara maksimal. Gerakan itu dimaksudkan untuk mernagsang otak kiri dan otak kanan (dimensi lateralitas), meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan), merangsang system yang terkait dengan emosi/perasaan, yakni otak tengah (limbis) serta otak besar (dimensi pemusatan). Kalau kinerja kedua belahan otak seimbang, diharapkan kemampuan otak menjadi optimal.

Manfaat senam otak:
• Mengasah sensitivitas telinga untuk mendengar sehingga kemampuan pendengaran makin tajam.
• Merangsang bagian otak yang menerima informasi (receptive) dan bagian yang menggunakan informasi (expressive) sehingga memudahkan proses mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan daya ingat.
• Mengembalikan vitalitas otak setelah serangkaian aktivitas yang melelahkan, mengusir stress, meningkatkan konsentrasi dan perhatian serta meningkatkan kemampuanmemahami dan berpikir rasional.
• Mengaktifkan otak untuk peningkatan oksigen agar otak berfunsi secara efisien dan relaks.
• Meningkatkan perhatian dan daya daya penglihatan. Memilah informasi pandangan yang dating dari kiri atau kanan.
• Memperbaiki komunikasi lisan dan ekspresif serta meningkatkan kemampuan untuk memilah informasi.
• Mengaktifkan otak rasa keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kemampuan mengorganisasi dan meningkatkan energi.
• Mengoptimalkan kemampuan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stress visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.
• Mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan di kuping karena perubahan ketinggian.


Awali dengan PACE

Sebelum memulai gerakan inti, anak disarankan melakukan gerakan PACE (Peace, Active, Clear, dan Energizer) terlebih dahulu. Gerakannya di mulai dari urutan terakhir yaitu:
*Energizer (pengisi energi)
Dilakukan sambil duduk atau berdiri dan anak disarankan untuk minum air putih sebanyak ¾ gelas plastic. Minum air ini bermanfaat antara lain:
-Darah lebih banyak menerima zat asam yang diperlukan untuk belajar.
-Air melepaskan protein yang diperlukan untuk belajar sesuatu yang baru.
-Air melarutkan garam yang mengoptimalkan fungsi energi listrik di badan untuk membawa informasi ke otak.
-Air mengaktifkan system limpa, yaitu system air yang paling besar di badan. Limpa mengangkut zat-zat gizi, hormone dan berfungsi sebagai saluran pembuangan.
*Clear (jelas) dengan memijat saklar otak (brain button)
Gerakan Sakelar Otak:
Sakelar otak (jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada) dipijat selama 20-30 detik dengan satu tangan, sementara tangan lainnya memegang atau memijat sebelah kanan dan kiri pusar.
Manfaat pemijatan saklar otak:
-Koordinasi kedua belahan otak.
-Mengoptimalkan pengiriman pesan dari otak kiri ke kanan atau sebaliknya, meningkatkan penerimaan oksigen, dan menstimulasi aliran darah agar lebih lancar mengalir ke otak.
-Mengoptimalkan keterampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stres visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.
*Active. Dilakukan dengan gerakan silang (cross crawl)
Gerakan Silang
Gerakan ini mengaktifkan hubungan kedua sisi otak dan merupakan gerakan pemanasan untuk semua keterampilan yang memerlukan penyeberangan garis tengah bagian lateral tubuh. Cara melakukan gerakan silang: sentuhkanlah tiap tangan yang berlawanan secara bergantian. Gerakan tangan kanan menyentuh lutut kaki kiri, kemudiantangan kiri menyentuh lutut kaki tangan. Bias juga dengan tangan kanan menyentuh siku tangan kiri dan sebaliknya.
Manfaat gerakan silang:
-Mengaktifkan gerakan mata dari kiri ke kanan, meningkatkan harmonisasi penglihatan (binokular).
-Meningkatkan kesadaran keberadaan tubuh.
-Menghilangkan stress(pikiran menjadi jernih), meningkatkan daya ingat dan daya piker.
-Meraqngsang kelancaran cairan otak.
-Meningkatkan koordinasi tubuh.
-Mempermudah belajar.
-Menyeimbangkan emosi.
-Memperlancar peredaran limpa.
-Mengtur tekanan darah.
-Meningkatkan penglihatan.
-Melancarkan pencernaan.
-Meningkatkan energy tubuh.
-Meningkatkan skor IQ.
-Menghilangkan kekakuan.
-Meningkatkankesadaran akan kesehatan.
-Membangkitkan rasa gembira.
*Positif: Gerakan Hook Up (kait relaks)
Ada dua cara: pertama, posisi kaki kiri di atas kaki kanan(bersilangan). Tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah dan jari-jari kedua tangan salingmenggenggam. Tarik kedua tangan ke pusat dank e depan dada. Cara kedua: kedua kaki membuka sementara ujung-ujung jari kedua tangan saling bersentuhan lalu secara perlahan arahkan ke dada atau ke pangkuan. Bias dipilih salah satu cara atau dilakukan keduanya.
Manfaat: pemusatan secara emosional (mengurangi kepekaan yang berlebihan), lebih relaks, perhatian seksama, keseimbangan jasmani dan koordinasi, lebih percaya diri dan pernafasan lebih baik.

Macam Gerakan Senam Otak
1. Earth Buttons (Tombol Bumi)
Sentuhlah bagian dagu/bawah bibirdengan dua jari tangan (telunjuk dan jari tengah) dengan agak sedikit menekannya. Sedangkan telapak tangan yang satunya lagi diletakkan sekitar 15 cm di bawah pusar (diantara tulang kemaluan). Sentuhlah dalam 8 hitungan, setelah itu bergantian tangan.
Manfaat: kemampuan untuk melihat dekat-jauh, pemusatan konsentrasi,mengurangi kelelahan mental, membuat sikap tubuh tidak membungkuk, dan lainnya.
2. Space Buttons (Tombol Angkasa)
Letakkan dua jari tangan (telunjuk dan jari tengah) pada bibir di garis tengah depan. Tangan yang satu memegang garis tengah belakang pada tulang ekor atau lebih ke atas. Tarik nafas. Tombol angkasa ini perlu disentuh setidaknya 30 detik.lakukan gerakan ini selama 1 menit dengan tangan bergantian utnuk mengaktifkankedua sisi otak.
Manfaat: relaksasi sistem saraf pusat, kontak mata lebih mantap, penglihatan dekat ke jauh,kemampuan memusatkan perhatian pada suatu tugas, minat dan motivasi meningkat.
3. Balance Buttons (Tombol Imbang)
Sentuhlah lekukan di belakang telinga (di batas rambut antara tengkorak dan tengkuk 4-5 cm ke kiri dan kanan dari garis tengah tulang belakang) dengan pijatan dua jari tangan. Satu tangan lainnya menyentuh pusar. Dagu dan kepala relaks menghadap ke depan. Sentuh selama 30 detik dan lakukan secara bergantian.
Manfaat : membantu perkembangan bicara.
4. Cross Crawl (Gerak Silang)
Gerakkan tangan dan kaki secara berlawanan sambil sedikit meloncat. Tangan kanan menyentuh lutut kiri dan sebaliknya.
Manfaat: mengaktifkan otak untuk menyeberangi garis tengah penglihatan/pendengaran
/kinestetik/perabaan/sentuhan. Selain itu membantu untuk menulis, membaca dan memahami. Meningkatkan koordinasi kiri dan kanan,memperbaiki pendengaran dan penglihatan, dan lainnya.
5. Positive Points (Titik Positif)
Sentuhlah titik positif masing-masing dengan empat jari tangan kanan dan kiri di tengah dahi.
Manfaat: untuk relaksasi, melepaskan penghambat ingatan, menghilangkan stress penglihatan, kemampuan berbicara di depan umum,membantu konsentrasi atau fokus untuk mengingat.
6. Neck Roll (Putaran Leher)
Tundukkan kepala dan ayunkanseperti bandul bergoyang. Gerakkan kepala ke arah kanan dan kiri dengan sikap tubuh tegak.
Manfaat: sistem saraf pusat jadi relaks, pemusatan perhatian seperti menatap orang untuk berkomunikasi, mengerjakan sesuatu lebih baik,mengurangi efek pegal-pegal sehabis belajar.
7. The Rocker (Olengan Pinggul)
Duduk di lantai, kedua tangan di belakang siku di tekuk kedua kaki diangkat sedikit dan olengkan pinggul ke kiri dan ke kanan. Putar beberapa kali.
Manfaat: sikap tubuh lebih baik seperti mampu duduk tegak, mengurangi kelelahan, menunjang kemampuan melihat dari kiri ke kanan. Kemampuan memperhatikan dan memahami.
8. Thinking of X (Membayangkan Huruf X)
Posisi beridir sambil tangan digerakkan seolah menuliskan huruf X.
Manfaat: penglihatan terpusat, koordinasi seluruh tubuh, kemampuan menulis, meningkatkan konsentrasi dan perhatian.
9. Double Doodle (Coretan Ganda)
Gerakan menggambar dengan menggunakan dua tangan kanan dan kiri secara bersamaan, seperti halnya cermin. Gambar bisa beragam, apakah Cuma titik, aneka bentuk seperti lingkaran, segitiga, garis, dan lain-lain disesuaikan dengan kemampuan anak.
Manfaat: kesadaran tentang ruang, koordinasi mata dan tangan, mengerti danmemahami simbol, memperbaiki ketrampilan gerakan, menulis, mengikuti petunjuk, dan lain-lain.
10. Arm Activation (Mengaktifkan Tangan)
Luruskan satu tangan ke atas, ke samping kuping. Kemudian buangnafas, lalu dorong tangan ke depan, belakang, dalam dan luar sementara satu tanga lainnya menahan dorongan tersebut. Lakukan berulang-ulang dengan tangan bergantian.
Manfaat: membantu kemampua menulis, koordinasi mata dan tangan serta mahir menggunakan peralatan semisal komputer, durasi perhatian pada tulis menulis meningkat, peningkatan energi pada tangan dan jari, pernafasan lebih lancar dan sikap lebih santai.
11. Alphabet 8 (Abjad 8)
Sama dengan gerakanmenulis abjad 8 tetapi dilakukan pada white board. Jadi anak menggambar angka 8 tidur dengan ukuran besar. Di dalam lingkaran tersebut anak menggambar beberapa huruf. Seperti huruf a,d, dan huruf lainnya yan mempunyai lekuk di sebelah kiri digambar pada lingkaran sebelah kiri. Sebaliknya huruf yang mempunyai lekuk di sebelah kanan digambar pada lingkaran sebelah kanan.
Manfaat: koordinasi mata dan tangan, kemampuan gerak motorik halus, meningkatkan konsentrasi saat menulis, mengenali dan membedakan simbol.
12. Gerakan 8 tidur
Gunakan secara bergantian tangan kanan dan kiri dengan membuat lingkaran mundur menyerupai angka 8. Mulai dari titik tengah ke arah kanan atas berputar ke bawah kembali ke titik tengah. Terus ke kiri atas melingkar ke kiri bawah naik ke titik tengah lagi. Mata mengikuti gerakan tangan. Lakukanmasing-masing tangan sebanyak3 kali dan lakukan pula dengan kedua tangan secara bersamaan.
Manfaat: mengaktifkan kedua belahan otak pada saat yang sama. Gerakan yang berasal dari otak bahasa “mencoba” arahnya dari garis tengah ke kanan. Gerakan yang berasal dari otak “reflek” arahnya dari garis tengah ke kiri. Berfungsi dalam proses belajar matematika dan yang berhubungan dengan ingatan.
13. Pasang Telinga
Letakkan tangan di telinga denga jari jempol di belakang telinga. Minta anak untuk memijat telinganya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak tiga kali atau lebih.
Manfaat: merelaksasi saraf telinga.
14. Luncuran Gravitasi
Duduk di kursi yang rendah, luruskan kaki dan silangkan kaki. Ajak anak untuk berusaha menyentuh ibujari kaki yang atas. Lakukan dengan 8 hitungan. Ganti posisi silangan kaki.
Manfaat: melenturkan saraf-saraf tubuh secara keseluruhan.
15. Putaran Kepala
Memutar kepala perlahan searah jarum jam. Kemudian lakukan ke arah sebaliknya. Lakuakn sebanyak 3 kali.
Manfaat: untuk menyeberang garis tengah (Carpus Callosum) dari belahan otak kanan dan kiri. Yang berfungsi untuk memudahkan anak dalam proses belajar membaca, menulis, mendengar, dan mengingat.
16. Menguap Berenergi
Ajak anak untuk menguap lebar sambil mengeluarkan suara “Ha/A” yang panjang
Manfaat: untuk merelaksasi rahang dan mata.
17. Menuang Air
Siapkan dua tempat (Gelas corong). Isi salah satu gelas dengan ¾ air didalamnya. Mintalah pada anak untuk berusaha memindahkan air ke gelas yang satunya tanpa tumpah. Lakukan 3 sampai 4 kali.
Manfaat: melatih kesiapan anak untuk melakukan konsentrasi yang cukup lama dan tinggi.
18. Burung Hantu
Berdiri dengan kedua kaki meregang. Letakkan telapak tangan kiri pada bahu kanan, sementara tangan kanan dibiarkan bebas. Sambil menengok ke kiri dan ke kanan, talapak tangan kiri “meremas-remas bahu” tarik nafas pada saat kepala menghadap lurus ke depan, lalu buang nafas ketika kepala menengok ke samping. Ulangi untuk posisi tangan yang satunya. Lakukan latihan sebanyak 10 kali.
Manfaat: mengoordinasikan pendengaran, penglihatan dan gerakan tubuh, meningkatkan konsentrasi, mengurangi stress atau gugup saat belajar dan sebagainya.
19. Pijatan Saklar Otak
Pijat lekukan di tulang dada bagian tengah. Sementara tangan lainnya menggosok daerah pusar. Sambil melakukan latihan, gerakan mata ke atas-bawah dan ke kiri-kanan.
Manfaat: mengoordinasikan kedua belahan otak,melancarkan aliran darah (zat asam) ke otak, meingkatkan keseimbangan badan, serta meningkatkan kerja sama antar kedua mata, sehingga dapat mengurangi kejulingan.
20. Pompa Betis
Berdiri dengan tangan menyangga pada sandaran kursi atau dinding. Gerakkan salah satu kaki ke belakang dan badan condong ke depan. Tekuk lutut kaki yang di depan. Sehingga kaki belakang dan punggung membentuk satu garis lurus. Angkat tumit kaki belakang dari lantai sehingga beban ada di kaki depan. Kemudian beban diganti ke kaki belakang sat tumit ditekan ke lantai. Hembuskan nafas saat menekankan tumit ke lantai, angkat waktu menarik nafas. Ulangi masing-masing gerakan sebanyak 3 kali.
Manfaat: mengintegrasikan otak belakang dan otak depan. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan berbicara.
21. Galah Asin
Gerakkan salah satu kaki ke samping agar ada sedikit jarak dengan posisi lutut agak di tekuk. Rentangkan kedua tangan. Ayunkan badan ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Lakukan masing-masing sebanyak 8 kali.
Manfaat: merangsang otak untuk melatih mata dan kesigapan dalam bergerak.
22. Dampu
Angkat salah satu kaki hingga posisi paha menjadi sejajar ayau membentuk sudut 90 derajat. Gerakkan bagian kaki yang diangkat sambil berloncat kecil. Seperti sedang bermain dampu. Lakukan 3 kali pada setiap kaki.
Manfaat: untuk menyeberang garis tengah (Corpus Callosumi) dari belahan otak kanan dan kiri. Memudahkan anak untuk mengembangkan kemampuan membaca dan berbahasa.


Catatan: Untuk mencegah ketegangan otot, sebelum memulai latihan Anda sebaiknya minum beberapa gelas air putih. Jumlah air yang harus dikonsumsi sekitar sepertiga kali berat tubuh.

artikel diambil dari: www.parentsguide.co.id dan tabloid nakita


6 komentar:

  1. Terima kasih bu, usefull.
    Lain kalo tanya2 utk keperluan TPA di rumah bisa g bu?
    Tp mngkin via online coz posisi saya di solo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, Silahkan saja, kalau saya bisa membantu tentu akan saya jawab, insyaallah, :)

      Hapus
  2. alhamdulillah, akhirnya menemukan artikel yang bagus ini....terima kasih Bu, salam sukses selalu..

    BalasHapus
  3. ass.. bu..
    bu punya sumber2 referensi tentang senam otak??

    BalasHapus
  4. alhamdulilla.. akhirnya dapat referensi SENAM OTAK untuk anak-anak terimakasih lhoo..
    oya bun mungkin ada yg punya referansi tempat suplayer kaos kaki wanita di demak, klo punya info sy ya...

    BalasHapus
  5. artikel yang bagus . ijin share ya bu? maaf sekedar saran klo diberi vidio senam otak akan lebih mudah bagi pembaca untuk menerapkan (maaf sekedar saran)

    BalasHapus