Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 06 April 2010

APLIKASI SENAM OTAK

Beragam gerakan senam otak dapat dipilah untuk mengembangkan satu kemampuan tertentu. Misalnya saja ada gerakan untuk mengembangkan kecakapan berbahasa, matematika dan sebagainya. Namun jika berbagai kombinasi rutin dilakukan dapat mengoptimalkan eluruh kemampuan. Ini dia aplikasinya:

MENGEMBANGKAN KECAKAPAN MEMBACA
Untuk mengembangkan kecakapanmembaca hendaknya di dukung dengan kemampuan menggerakkan kedua mata secara harmonis dari kiri ke kanan. Selain juga mengembagnakan ingatan jangka panjang dan pendek sebagai tempat penyimpanan informasi suara beserta asosiasinya.
Gerakan yang dapat dilakukan: 8 tidur, burung hantu, gerakan silang atau saklar otak.

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Ketrampilan matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan bekerja dalam media yang multidimensi dan multiarah. Ketrampilan matematika lebih mudah diterima murid yang memiliki pengertian tentang ruang, massa, jumlah, dan perhubungan.
Gerakan yang dapat dilakukan: burung hantu, putaran kepala, luncuran gravitasi, atau dampu.

MENGEMBANGKAN KECERDASAN MENULIS
Ketrampilan membaca dan menulis berkembang bersama dan saling mempengaruhi. Untuk mengembangkan ketrampilan menulis yang perlu dikembangakan adalah kemampuan motorik halus, konsentrasi, memahami danmembedakan (menghubungkan sandi dengan asosiasi dan perasaan)
Gerakan yang dapat dilakukan: 8 tidur, dampu, menguap berenergi, atau pompa betis.

MENINGKATKAN KONSENTRASI SAAT ULANGAN/UJIAN
Saat mengahadi ujian atau ulangan yang harus dilakukan adalah menghilangkan perasaan gugup, cemas atau bingung. Sehingga informasi yang telah dipelajari atau di simpan di otak pada pusat ingatan jangka panjang dapat diambil atau dipergunakan kembali.
Gerakan yang dapat dilakukan: pasang telinga dan saklar otak.

MENGEMBANGKAN KOORDINASI SELURUH TUBUH
Agar anak lebih mampu menggerakkan seluruh anggota tubuhnya dengan baik. Untuk itu diperlukan reflek dasar otak sehingga tubuh dapat mengambil keputusan sambil bergerak.
Gerakan yang dapat dilakukan: galah asin atau menuang air.

Artikel di ambil dari tabloid NAKITA, Panduan Tumbuh Kembang Balita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar