Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Jumat, 31 Desember 2010

CATATAN AKHIR TAHUN 2010


Asalamualaikum,

Tahun 2010 sebentar lagi akan segera berakhir. Banyak hal yang terjadi pada tiap-tiap orang selama 365 hari di tahun 2010. Demikian juga denganku. Sebagian sudah tertuang rapi dalam keluh kesah di rumah maya ini. Dan semua itu harus di sikapi untuk segera instrospeksi diri.

Bisa dikatakan tahun 2010 ini terjadi pencapaian yang kurang menggembirakan untukku. Namun apapun yang terjadi semua harus di syukuri dengan besar hati, agar langkah ke depan bisa lebih baik lagi.

Untuk pencapaian karir belum ada peningkatan yang berarti. Bahkan banyak kendala dan kegagalan yang kualami. Pengurusan NUPTK-ku tersendat-sendat yang mengakibatkan hilangnya tunjangan fungsionalku. Namun aku cukup bersyukur karena kemudian aku di alihkan pada tunjangan kesra. Dan Subsidi pendidikan yang tadinya kurelakan karena ketiadaan si NUPTK tiba-tiba bisa keluar karena tiba-tiba NUPTK juga keluar. Alhamdulillah.

Apalagi ya, oh ya bulan Mei ikutan lomba Teacher of The Year 2010 yang diselenggarakan oleh penerbit Erlangga. Hanya sekedar sebagai partisipan. Tapi mempertemukanku dengan Dik Enny Yulianti dan orang-orang hebat lainnya. Bulan Mei juga bulan sibuk mempersiapkan lomba gugus mewakili kecamatan.

Bulan Juni, naskahku untuk pusbuk ternyata tidak lolos. Berarti banyak yang lebih bagus dari punyaku. Jagoan Piala Dunia tim Italia gulung tikar di babak awal. Bulan Juni si sulung berusia 10 tahun. Dapat jalan-jalan gratis bersama anak didik ke Yogya. Dan juga terdaftar menjadi anggota perpustakaan daerah. Memuaskan dahaga-ku akan buku-buku bagus yang selama ini hanya dapat kuimpikan. Heheh, senangnya dapat gratisan.

Awal Juli merupakan bulan pertama aku mulai terdaftar di Facebook. Bertemu dengan teman-teman lamaku yang sudah puluhan tahun tak bertemu. Sesuatu yang mengasyikkan. Namun ternyata facebook cukup menyita waktuku sehingga mulai jarang mengisi tulisan di blog. Berarti harus mulai belajar mengatur manajemen waktu. Agustus adalah ulang tahu perkawinanku yang ke sebelas. Hari yang sangat ku syukuri dengan dihadirkan suami yang sangat baik dan penuh pengertian. Thank’s 2 Allah atas cinta yang telah dianugraahkan untukku.

September. Tak ada yang istimewa kecuali menanti –nanti kapan kira-kira aku akan wisuda. Penantian panjang yang membosankan.

Oktober, lolos ke final lomba karya tulis ilmiah dan pembuatan bahan ajar multimedia. Juga putri cantikku genap berusia 3 tahun. Semoga menjadi anak solehah dan berguna bagi sesamanya. Wah saya senang sekali karena sejak bulan ini rumah maya-ku banyak di kunjungi teman-teman. Terima kasih ya teman, semoga kita tetap bisa berbagi demi kemajuan pendidikan di Negeri kita tercinta ini.

Bulan November, bulan sibuk jalan-jalan. Bolak-balik ke LPMP mengikuti final lomba karya tulis dan lomba multimedia namun keduanya sangat mengecewakan. Aku pulang seperti seorang pecundang. Karena posisiku tak juga kunjung membaik. Namun banyak hikmah dan pelajaran yang bisa di ambil. Bertemu dengan orang-orang hebat yang sarat motivasi. Bunda Ria, I love U full buat segala motivasinya. Bulan sedih juga karena gagal ngikuti pendaftaran CPNS sistem online. Padahal sudah kepentok usia tuh. Tapi akhir November merupakan hari-hari yang mneyenangkan. Aku mengikuti perjalanan wisuda ke Jakarta. Alhamdulillah gelar sarjana telah kuperoleh. Ketemu sama Gola Gong, Zaini Alif dan Dick Doang di Kampus UT. Juga bisa melihat kampus UT yang Megah itu. Juga bertemu sahabatku Kiswatiningsih yang telah sukses di Jakarta.

Desember, bulan sibuk memburu berbagai lomba di dunia maya. Semangat menulisku benar-benar tinggi untuk bulan ini. Rasanya ngiler lihat teman-teman sudah punya banyak buku. Eh untuk naskah yang menang pusbuk 2009 kapan ya jadi buku? Belum ada kabarnya. Dari kegilaan mengikuti berbagai macam lomba menulis di facebook, alhamdulillah salah satu lolos. Masuk dalam daftar penulis Antologi Cinta Sepak Bola. Semoga bermanfaat.

Bulan Desember segera berakhir, semoga untuk tahun ke depan aku bisa menjadi lebih baik lagi. Menjadi ibu yang lebih baik, istri yang lebih baik dan menjadi guru yang lebih baik pula. So pasti masih bermimpi ingin menjadi penulis. Semoga masih sempat meluangkan waktu untuk mengelola rumah maya ini.

Buat teman-teman yang setia mengunjungi gubug maya saya ini, saya mohon maaf sekiranya ada tulisan saya yang kurang berkenan. Kesempurnaan hanyalah milik Allah, dan semua kelemahan adalah sifat saya selaku manusia. Even resolusi diri tahun 2011 telah menunggu. Semogs hari esok lebih baik dari kemarin. Selamat berjuang untuk menjadi insan yang lebih baik lagi.

Wasalamualaikum,
Baca Selengkapnya....!

DAFTAR PENULIS ANTOLOGI CINTA SEPAK BOLA ( FINAL )


Alhamdulillah. naskah cerita yang aku kirimkan unutk Lomba antologi Cinta Sepak bola lolos. Semoga dapat bermanfaat dan dilancarkan dalam penerbitan bukunya. (Sudah ngebet pingin punya buku nih).

Selamat juga buat teman-teman yang lain yang terdaftar dalam antologi yang unik ini. Bravo sepak bola, Bravo Tim Nas. Jangan pernah menyerah, Garuda. Kami bersamamu!!

Selamat kepada para peserta yang telah mengisi indahnya Antologi Cinta Sepak Bola (CSB)

TIM “GARUDA DI DADAKU”

1.Arieska arief , "tim ibu hamil' vs tim bidan"
2. epi rusdiyanti, "bola, I fall in love"
3. sri wahyuti, "euforia sepak bola"
4. Mieny Angel, "tomboy bola"
5. jazim naira, "terjebak dalam cinta badut dan bonek"
6. Andhika Wandana, “Garuda di Lapangan Bola”
7. Itok Kurniawan, “Bukan Irfan”
8. Robin Wijaya, “Mendadak Bola”
9. Lucky Andrean, “Sekolah Tahfidz Sepak Bola”
10. Aray Pujangga, “Mimpi Sang Kapten Sepakbola”
11. Rusmin Nuryadin (KAPTEN)

TIM “ BERKIBAR MERAH PUTIHKU”

1. Daniel Hermawan, " BOBOTOH UNTUK INDONESIA"
2. Jaka Tarub, "SI KULIT BUNDAR"
3. Kiki Masduki - "MALAM TERINDAH…"
4. Yuli Riswati, " SEPAK BOLA DANGDUT.
5. Irma suliyanti, " PEREMPUAN DAN BOLA"
6. Muhimmah, "AKU INGIN MENJADI PEMAIN BOLA"
7. Endang Sri Sulistiya, "KARENA DAN DEMI BOLA"
8. Annas Tupank (KAPTEN)
9. PEMAIN UNDANGAN
10. PEMAIN UNDANGAN
11. Dang Aji Sidik (KEEPER YANG ANTI LASER DAN ANTI SERBUK GATAL )

Baca Selengkapnya....!

Kamis, 30 Desember 2010

all about kuliner


Ada lomba lucu nih, tentang kuliner,siapa doyan makan? ikutan aza.

Adapun tujuan dari lomba dan antology ini adalah menginspirasi pembaca tentang pengembangan usaha kuliner skala mikro, memperkenalkan kuliner khas daerah masing-masing dan memperluas imajinasi dalam penulisan fiksi bertema dan bersetting kuliner.

Teman-teman dipersilahkan untuk memilih satu dari kedua tema dibawah ini ataupun memilih keduanya (tidak ada batasan keikutsertaan naskah), sbb :
1. CULINER INSPIRATIVE (CI)
a. Tuangkan pengalamanmu / keluargamu / karibmu / temanmu / kenalanmu tentang suka duka membangun dan menjalankan usaha kuliner kelas mikro / home industry, misalnya : pedagang bakso, usaha keripik rumah tangga, waralaba tenda, dll atau usaha kuliner yang menjadi ciri khas daerahmu (kisah nyata).
Jika bersumber dari pengalaman orang lain dan narasumber memperkenankan, boleh menggambarkan ilustrasi modal awal dan pengembangan omset dari usaha

b. Tidak menjadi masalah apakah usaha tsb sudah sukses / belum, karena yang akan dinilai adalah kreativitas dan tingkat usaha yang dapat menginspirasi pembaca
c. Naskah ditulis dalam format rtf. MS Word TNR 1,5 spasi panjang 5 – 8 halaman dikirimkan ke tarapuccinogroup@yahoo.com beserta biodata dan nama FB. Beri judul subject : CI_(nama).
d. Naskah disertai foto-foto pendukung (minimal 3 (tiga) foto dalam format jpg ukuran maksimal 75 kb/foto) dan tips pengembangan usaha (disertakan pada akhir kisah), semakin inspiratif kisah dan tips membangun usaha yang diuraikan, maka penilaian akan semakin baik.

2. CULINER FICTION (CF)
a. Tulis cerpen bertema kuliner, lebih diutamakan yang mengambil setting atau tema tentang kuliner khas daerahnya (sbg contoh, dapat membaca note FB admin (Riawani Elyta) berjudul Ternak Sapi Wildan atau novel Tarapuccino)
b. Naskah ditulis dalam format rtf. MS Word TNR 1,5 spasi panjang 6 – 8 halaman dikirimkan ke tarapuccinogroup@yahoo.com beserta biodata dan nama FB. Beri judul subject : CF_(nama)
c. Naskah akan dinilai dari keunikan penceritaan, diksi dan pengembangan tema kuliner didalam fiksi
Naskah dikirimkan paling lambat tanggal 4 Februari 2011 pukul 24.00 wib.
Bagi yang sudah mengirimkan email naskah agar mengcopy / menyalin materi lomba ini beserta upload gambar “All About Culiner” di notes masing-masing lalu mentag teman-teman FBnya (jumlah tidak ditentukan / boleh sebanyak-banyaknya).

Akan dipilih maksimal 10 (sepuluh) naskah dari masing-masing kategori untuk dibukukan dalam antology “All About Culiner”.
1 (satu) Pemenang terbaik dari setiap kategori akan menerima reward / penghargaan berupa :
- uang tunai Rp. 150.000,-
- t-shirt keren dari Leha-leha Molek Collection
- novel Tarapuccino
- anthology Selaksa Makna Cinta.

1 (satu) Pemenang harapan dari setiap kategori akan menerima reward / penghargaan berupa :
- novel Tarapuccino
- anthology Selaksa Makna Cinta.
hadiah hanya akan dikirimkan ke alamat di Indonesia.
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 29 Desember 2010

Ancol Gelar Lomba Jurnalistik Hingga Februari 2011!!!


Ancol Gelar Lomba Jurnalistik hingga Februari 2011!!!

*Total Hadiah Mencapai Lebih dari Rp 200 Juta

Jakarta, 9 Desember 2011

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJA) menggelar lomba karya jurnalistik sampai dengan tanggal 28 Februari 2011 dengan total hadiah Rp 200 juta lebih yang dapat diikuti oleh kalangan jurnalis dan masyarakat umum sebagai peserta.

Lomba ini digelar sejak bulan Oktober 2010 yang lalu dengan mengambil tema besar “Membangun Nasionalisme Melalui Area Wisata” dengan fokus sepenuhnya tentang Ancol Taman Impian dan terbuka untuk kalangan wartawan, mahasiswa, pelajar, serta publik Indonesia lainnya.

Lomba Jurnalisitik Ancol 2010 akan terdiri dari 3 kategori yaitu (1) berita atau feature dan opini dalam Bahasa Indonesia maupun (2) berita atau feature dan opini dalam Bahasa Inggris, serta (3) foto jurnalistik. Hasil karya jurnalistik yang dilombakan tersebut adalah karya yang sebelumnya telah dipublikasikan oleh media massa cetak maupun media on line nasional dan lokal maupun sosial media seperti blog dalam periode 1 Oktober 2010 hingga 28 Februari 2011.

Eksistensi Ancol Taman Impian sebagai kawasan wisata terpadu dan terbesar di Asia saat ini dan upaya menjadi salah satu tujuan wisata pilihan kelas dunia melatarbelakangi digelarnya Lomba Jurnalistik Ancol 2010. Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, Ancol tidak hanya menjadi tempat rekreasi dan resort pilihan melainkan pula sebagai tujuan wisata kuliner, seni budaya, edutainment dan entertainment outdoor venue tepi pantai dalam kota Jakarta.

Selain memiliki tiga theme park yaitu Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra dan Atlantis Water Adventure yang fasilitas rekreasinya tidak kalah dengan kawasan wisata terkenal di manca negara, Ancol Taman Impian juga terus tumbuh dan berkembang. “Ancol menawarkan berbagai konten wisata, fasilitas permainan dan konsep manajemen kawasan wisata yang menghantarkannya menjadi sebuah sentra rekreasi terbesar di Asia,” kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PJA , perusahaan pengelola dan pengembang kawasan Ancol Taman Impian.

Istimewanya lagi, meski menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia, Ancol Taman Impian bukan hanya dimiliki sekelompok masyarakat tertentu. Semua golongan dan lapisan masyarakat bisa menikmati berbagai fasilitas wisata yang tersedia di Ancol Taman Impian.

“Kami ingin menanamkan rasa bangga kepada seluruh masyarakat Indonesia, Ancol Taman Impian yang selama ini mereka kunjungi dan memiliki peran penting dalam percaturan dunia pariwisata Indonesia ternyata bisa menjadi pusat rekreasi terkemuka di dunia. Inilah yang melatarbelakangi digelarnya Lomba Jurnalistik Ancol 2010, ” tutur Budi Karya.

Peserta Lomba Jurnalistik Ancol 2010 ini bebas mengirimkan jumlah hasil karya jurnalistik yang akan disertakan untuk lomba, dan tidak dipungut biaya apapun. Hasil karya jurnalistik yang dikirimkan untuk lomba akan menjadi milik panitia dan yang masuk dalam 20 nominasi pemenang lomba akan dibukukan dan menjadi hak Ancol Taman Impian, setelah dinilai oleh tim juri lomba yang terdiri para praktisi media dan pengajar jurnalistik.

Untuk masing-masing pemenang setiap kategori lomba, panitia menyediakan hadiah uang tunai, paket rekreasi Ancol Taman Impian, serta sertfikat. Juara pertama mendapatkan uang tunai Rp 25 juta, juara dua Rp 15 juta , juara tiga Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk juara harapan satu, dua dan tiga masing-masing mendapat Rp 5 juta, serta Rp 2,5 juta bagi 14 peserta lomba yang masuk nominasi juara.
Informasi lebih lanjut mengenai Lomba Jurnalistik Ancol 2010 ini dapat diakses melalui www.ancol.com, kiriman e-mail ke jurnalistik2010@ancol.com, atau menghubungi Departemen Corporate Plan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Gedung Cordova Lantai 6 Jalan Pasir Putih Raya Blok E5, Ancol Taman Impian – Jakarta Utara, 14430 – Indonesia dengan telepon (021) 6454567 di pesawat 6301/6789. ****

Informasi alamat pengiriman artikel dan foto jurnalistik peserta lomba adalah :
Pengiriman langsung dimasukkan ke dalam amplop coklat dengan subjek "Lomba Jurnalistik Ancol 2010" di pojok kanan atas, yang dikirimkan ke :

Panitia Lomba Jurnalistik Ancol 2010
Bidang Komunikasi Perusahaan - Departemen Corporate Plan
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk,
Gedung Cordova Lantai 6 Jalan Pasir Putih Raya Blok E5,
Ancol Taman Impian – Jakarta Utara, 14430 - Indonesia
Pengiriman melalui email dikirim melalui email ke jurnalistik2010@ancol.com dengan subjek "Lomba Jurnalistik Ancol 2010"

******* Informasi Lebih lanjut Dapat menghubungi Panitia Lomba Jurnalistik Ancol 2010, dengan sdri Sofia Cakti / Nicke Putri / Hari Untari di Email: jurnalistik2010@ancol.com, Telp : 021.6454567 pswt 6301/6789

source: http://www.ancol.com/berita/detail/341/ancol.gelar.lomba.jurnalistik.hingga.februari.2011
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 28 Desember 2010

[LOMBA]: Lomba cipta cerpen bermakna 1432 H


Bismillahirrahmaannirrahiim…

"Sujud syukur kami padamu-Mu ya Rabbi, shalawat dan salam terbaik kami untukmu wahai baginda penghulu para Nabi, serta Do’a terindah kami bagi anda para pencinta Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam."

Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh…

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

”Tidaklah beriman seseorang sehingga ia mencintaiku lebih dari keluarganya, hartanya dan siapapun juga.” Dalam riwayat lain: “lebih dari anaknya, orangtuanya dan siapapun juga”.(HR. Muslim)

Indah sekali bunyinya, agung sekali kandungannya, dan teramat besarlah pahala bagi mereka yang merenungi dan mengamalkannya dengan istiqamah, Subhanallah...

Tergetarkah dasar jantung anda?

Tersentuhkah langit hati anda?

Demi Allah, tidaklah diperdengarkan namamu ya rasul pada orang-orang yang mencintaimu kecuali mereka tersentak gembira dan hilanglah segala kesedihan. Maka bergetarlah ruh-ruh mereka merindukan pertemuan dengan Nabinya, sebagaimana para sahabat merindukannya. Begitulah keadaan para kekasih Allah swt yang selalu dalam naungan kelembutan Nya, Yang dari Nya dan Milik Nya segala kelembutan.

12 rabiul awal… benar-benar hari yang istimewa, hari dimana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam terlahir dimuka bumi, begitu besarnya rasa bahagia kami dikarenakan kelahiran beliau, maka sebagai bentuk syukur, kami bermaksud mengadakan syukuran kecil-kecilan berupa Lomba Cipta Cerpen Bermakna, bertemakan “Antara Aku, Rasulullah, Cinta dan Kerinduan Diantara Kita”, maka hanya pahala dari Allah lah yang kami harapkan serta manfaat dan keberkahanlah yang kami inginkan dari syukuran kecil ini.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.Ibrahim: 7)

Kami mengajak anda untuk meluangkan waktu dalam merenungkan dan memikirkan karunia yang telah diberikan kepada kita, dimana terlahirnya rasulullah saw ke dunia ini adalah salah satu karunia besar yang kita prioritaskan untuk disyukuri. Bentuk rasa syukur itu akan menjadi abadi tatkala dibagi dengan sesama lewat sebuah karya yang tergores tinta, maka dari itulah lomba ini kami hadirkan.

Anda memiliki cerita yang berhubungan dengan Rasulullah yang begitu berkesan bagi anda?

Atau anda pernah mendengar cerita dari teman-teman anda mengenai Rasulullah yang memberikan anda motivasi, inspirasi atau hikmah-hikmah baru?

Atau anda pernah membaca kisah-kisah cinta dan kerinduan menakjubkan para sahabat pada Rasulullah?

Jika ada, abadikanlah dalam tulisan dengan gaya tinta anda sendiri, kirimkanlah dalam Lomba Cipta Cerpen Bermakna, Adapun berbagai ketentuannya adalah sebagai berikut.

1.Tahapan lomba
- Batas terakhir Pengiriman Karya: 12 Rabiul Awal 1432 H
- Pengumuman nominator 30 besar: 30 Rabiul Awal 1432 H
- Pengumuman Cerpen 3 terbaik: 12 Rabiul Akhir 1432 H

2.Penghargaan lomba
- karya terbaik nomor 1: Uang tunai Rp. 500.000
- karya terbaik nomor 2: Uang tunai Rp. 400.000
- karya terbaik nomor 3: Uang tunai Rp. 300.000

3.Ketentuan lomba
- Cerpen tidak melanggar syariat Islam, bermuatan pornografi dan SARA.
- Cerpen harus karya asli penulis/pengarang; bukan terjemahan atau saduran.
- Ide/inspirasi cerita boleh diambil dari pengalaman sendiri (lebih diutamakan) atau pengalaman orang lain yang diceritakan dengan bahasa penulis sendiri, atau pengalaman para sahabat Nabi dengan sanad yang terpercaya.
- Cerpen belum pernah dipublikasikan di media massa, dan tidak sedang diikutsertakan dalam perlombaan lain.
- Cerpen diketik dengan komputer dalam kertas A4 spasi 1,5 Times New Roman 12 point. Panjang maksimal 10 halaman;, dan diberi nomor halaman.
- Peserta boleh mengirimkan karya terbaiknya maksimal 3 karya.
- Peserta lomba TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN
- Karya di kirim ke email maribershalawat@yahoo.com
- Info terbaru/up date lomba dan daftar peserta yang masuk bisa dilihat di (http://maribershalawat.multiply.com/)

4.Kriteria penilaian
Karya minimalnya memenuhi sekurang-kurangny satu dari kriteria berikut:
1.Kesesuaian isi cerita dengan tema
2.Kekuatan dalam memberi pesan/makna
3.Kekuatan dalam Menggugah/menyentuh
4.kekuatan dalam Menginspirasi/Memotivasi
5.Kekuatan dalam menyajikan alur dan penokohan
6.Keindahan tata bahasa dan daya tarik cerita

5. Juri
1. http://flpyogya.multiply.com/ : Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) wilayah Yogyakarta periode 2008-2010
2. http://halamaharis.multiply.com/ : Koordinator Kaderisasi Forum Lingkar Pena (FLP) wilayah Yogyakarta periode 2008-2010
3. http://tazkiatunnafs.multiply.com/ : Penikmat sastra dan Alumnus UIN Jakarta
4. http://maribershalawat.multiply.com/ : Penikmat sastra dan pengasuh “rumahku shalawatku”
5. http://penaripena.multiply.com/ : Trainer lembaga pelatihan kepenulisan PENARI PENA WRITING LABORATORY

Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun.

Demikian pemberitahuan lomba ini kami sampaikan. Betapa bahagianya kami jika anda berkenan memberitahukan/mengajak kepada saudara-saudari yang lain untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Silahkan “copas” pengumuman lomba ini untuk dipostingan di halaman web/site/blog anda.


Jazakumullah khairan katsiran

Wahai pemilik Muhammad Rasulullah saw, Wahai pemilik Ummat Muhammad saw, Wahai pemilik kelembutan Muhammad saw, Wahai pemilik seruan Muhammad saw, Jadikanlah site kami ini:

“RUMAHKU SAHALAWATKU” http://maribershalawat.multiply.com/

sebagai sarana yang menghiasi hati kami, rumah kami, keluarga kami, sahabat-sahabat kami, Dan jadikanlah kami orang-orang yang benar-benar menjawab seruan Muhammad Rasulullah saw.

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
(Q.S. Al-Ahzab:56)

Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh


Penyelenggara

http://maribershalawat.multiply.com/

Mari Berinvestasi Akhirat dengan Mencintai Nabi


sumber: http://maribershalawat.multiply.com/journal/item/156/LOMBA_Lomba_cipta_cerpen_bermakna_1432_H
Baca Selengkapnya....!

Minggu, 26 Desember 2010

Tentang Sebuah Kekalahan

Malam ini sepertinya kita patut berduka, patut kecewa dengan kekalahan yang diderita oleh tim Garuda. 3 kali Markus kebobolan gawangnya tanpa satu gol balasanpun berhasil disarangkan. Kenapa?

Ada kekecewaan yang amat sangat karena harapan menjadi pemenang di tanah seberang sepertinya hanya akan menjadi sebuah harapan. Mungkin mimpi kita terlalu berlebihan. Mungkin kita terallu cepat berpuas diri. Mungkin kita terlampau lengah dan menganggap enteng lawan yang dulu pernah di taklukkan. Mungkin pemain kita terlampau kelelahan karena harus beranjangsana kesana kemari. Yang menjadikan tim kita kehilangan focus dan kecapaian. Mungkin… ada seribu kemungkinan yang berputar-putar di kepala laksana terkena serangan vertigo.

Entahlah, tapi rasanya sejak awal permainan sudah tidak menyenangkan. Bahkan sejak acara ceremonial yang terlampau berlebihan kemarin itupun rasanya sudah tidak menyenangkan. Di samping itu ulah supporter yang tak sportif yang membuat ulah dengan laser mungkin mengganggu konsentrasi permainan tim Indonesia. Hingga pada akhirnya permainan sempat dihentikan beberapa saat. Atau itu memang sudah strategi?

Ah, sudahlah, dalam pertandingan kalah menang itu adalah hal yang biasa. Kita hanya bisa berdoa dan berharap semoga permainan tim Garuda untuk laga mendatang bisa lebih baik lagi dan tentu saja yang diharapkan adalah kemenangan.

Jika hari ini mereka tidak memenuhi harapan kita semua, tetaplah bertepuk tangan untuk mereka. Bukan hal mudah berada di tengah gelanggang dengan memikul beban yang demikian berat di pundak dan kepala. Tetaplah mengagumi perjuangan mereka seperti kemarin, ketika tanpa diminta mereka mempersembahkan kemenangan untuk kita banggakan dan rayakan.

Tetaplah berjuang, Tim Garuda, masih ada laga selanjutnya yang harus menjadi milik Indonesia. Semoga
Baca Selengkapnya....!

Jumat, 24 Desember 2010

MENGATASI VERTIGO

Dua hari lalu tepatnya di hari Ibu tanggal 22 Desember aku mengalami keadaan yang sangat tidak mengenakkan. Habis mencuci ketika bangkit berdiri tiba-tiba aku merasakan pusing yang bukan kepalang. Pusing ini demikian hebat sehingga semua yang kulihat itu rasanya berputar. Akupun berbaring, namun putaran di kepalaku tak kunjung berhenti, demikian juga saat kucoba memejamkan mata, rasanya tetap berputar. Sungguh sangat menyiksa. Mungkin begini rasanya yang dinamakan pusing tujuh keliling. Rasanya sungguh tak enak.

Aku pikir aku hanya masuk angin. Dan seperti biasa kalau sedang masuk angin maka obatnya cukup di kerok aja. Namun setelah di kerok rasa pusing itu tidak juga hilang. Alhasil seharian itu aku tidak bisa bangkit dari tempat tidur. Sungguh tersiksa rasanya.

Hari kedua rasa pusing sudah mulai hilang. Namun tidak hilang seluruhnya. Kadang masih sedikit pusing. Tapi masih mendinglah. Ku piker apa darah tinggi ya? Soalnya dulu waktu kehamilanku yang kedua aku pernah terkena darah tinggi sampai 170. Namun tekanan darah itu kembali normal seiring dengan kelahiran. Nah kupikir itukambuh lagi.

Nah hari ketiga karena masih sedikit pusing aku putuskan untuk cek tensi ke dokter. Nah pagi-pagi sekali di antar suami ke tempat Dokter Benny. Tempat kami sekeluarga biasa periksa kalau sedang ada gangguan kesehatan. Nah, curhat sedikit sama dokter terus di periksa. Kata dokter tekanan darah bagus, 120, normal. Dokter bilang aku kena vertigo, aih apa pula itu ya?

So sampai rumah, browsing nyari informasi tentang vertigo. Ini nih yang saya dapatkan dari http://muziqcantiq.blogspot.com/2009/01/tips-mengatasi-vertigo.html

Vertigo terjadi karena kita salah posisi tidur, mungkin tanpa kita sadari kita selalu tidur pada satu posisi, misalnya kebanyakan kiri terus dan jarang kanan/kiri, sehingga ini akan memperparah vertigo, yang mengakibatkan adanya “christal” yg lepas dari telinga kita sehingga menyebabkan keseimbangan kita terganggu.

Nah therapy yang dianjurkan utk mengembalikan posisi “Christal”itu adalah dengan diharuskan tidur bolak balik, kanan - kiri - kanan kiri dst …dst (Total waktu therapy sekitar +/- 15 menit).

Ternyata tidak ada hubungan antara vertigo dengan kolesterol atau lain sebagainya.

Saran sederhana usahakan agar tidurnya kanan-kiri-kanan- kiri, dan memakai bantal 2 buah ditumpuk agar tinggi serta harus merubah pola tidur yang salah.

Ternyata cukup itu pengobatannya.

Kemudian kalau anda penggemar pijat/massage , disarankan sebaiknya tidak memijat bagian kepala, krn kuatir tukang pijatnya tidak mengetahui dengan jelas pembuluh mana yang kena pijat.

Kesimpulan :
Tidurlah dengan sikap yang baik yaitu Bolak-Balik kiri kanan !!!
Segeralah perhatikan dan ubah pola tidur anda bilamana anda mempunyai kecenderungan tidur pada satu posisi.
Lakukan pola tidur ini mulai sekarang walaupun anda belum pernah kena vertigo. Pencegahan lebih baik daripada sesal kemudian tak berguna.

Sumber: http://muziqcantiq.blogspot.com/2009/01/tips-mengatasi-vertigo.html
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 22 Desember 2010

Senin, 20 Desember 2010

NILAI FINAL LOMBA MULTIMEDIA LPMP JAWA TENGAN TAHUN 2010

Alhamdulillah nilai final Lomba Multimedia pembelajaran sudah di umumkan. Dan saya berada pada peringkat 44 dari 55 peserta. Berarti saya harus banyak belajar. Di bawah ini nama-nama dan peringkat peserta Lomba Multimedia LPMP Jawa Tengah untuk tingkat TK / SD

NO.URUT NO.PESERTA NAMA SEKOLAH TOTAL NILAI KET

1 26 Suryanto, S.Pd SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar 249 Lima besar
2 13 Widi Astiyono SD N 2 Plososari 245 Lima besar
3 48 Nur Anisah TK Nasima 242 Lima besar
4 22 Didik Apriyadi, S.Pd SD N Jatisari Sluke 232 Lima besar
5 28 Wahyuningsih, S.Pd SDN Batursari 5 Mranggen 230 Lima besar
6 42 Agus Widodo SD Muhammadiyah 1 Kandang 224
7 10 Hari Susilo, A.Ma. Pd SD N Madegondo 03 215
8 14 Yassir Rozaqi SD N 02 Silirejo 212
9 35 Joko Supriyanto, S.Sn TPP Al Firdaus 211
10 31 Anis Fidiyaningrum SD Nasima 190
11 37 Supartono SD N 01 Kaling 190
12 3 Samsin SD N 3 Gemuruh 189
13 40 M. Ahsin Sidiq SD N Kandang Panjang 08 188
14 30 Hardiyanto, S.Pd SD N 2 Ngaru-aru 187
15 49 Rustan Efendi SD N 2 Panusupan 186
16 50 Usmanto SD N 2 Panusupan 184
17 27 Heling Suhano, S.Pd SDN Gununggiana 177
18 55 Purwanto, S.Pd SD N Maitan 03 177
19 32 Muslikhin KB-TK Islam Al-Azhar 14 176
20 41 Eko Jatmiko, A.Ma SDN Karangtengah 02 174
21 45 Fajar Sugiharto, S.Pd SD N 1 Sruweng 174
22 6 Achmad Fi Subwa S SD Bleboh 2 173
23 17 Almaskur,S.Pd SD Negeri Wringinharjo 02 171
24 12 Shinta Kanti N TK AL Irsyad Al Islamiyyah 165
25 47 Kusyuliarto SD N Gurawan No.65 162
26 25 Argo Suseno SD Al-Irsyad Al Islamiyam 01 161
27 46 Muhammad Mansyur Tsalasa, S.Pd.I MIN Trobayan Kalijambe 159
28 7 Indyah Marnani, S.Pd SD N Cemani 06 158
29 54 Dian Januarsi, A.Ma SD N Klego 01 157
30 29 Suyatno, S.Pd SD N 2 Kebokura 156
31 51 Ngatmin, S.Pd MI Muhammadiyah Kunduran 153
32 5 Dyah Nurnaini, S.Pd TK AL Irsyad Al Islamiyyah 152
33 44 Agung Tri Jatmiko, S.Pd.SD SD N 4 Ngaliyan 148
34 39 Ahmad Nur Ubaidillah MI Sudirman 145
35 20 Kastowo, S.Pd.SD SD Negeri Terteg 142
36 18 Sukanto,S.Pd SD Sendangwungu 2 140
37 19 Bambang Haris Sugiatno SD N Mojosongo II 138
38 21 Arif Budiman SD Muhammadiyah 1 136
39 43 Sunaryo, A.Ma SD N 4 Bancarkembar 134
40 16 Amin Wibowo, S.Pd SD Negeri Tlogosari Wetan 01 127
41 38 Rochmat Widodo SD N 1 Sruweng 127
42 8 Kristanto SD N Sanggung 01 124
43 15 Rusmadi SD N 1 Genting 124
44 36 Sri Wahyuti TK Larasati 124
45 53 Achmad Muchlisin,A.Ma SD N Pringlangu 124
46 52 Purnawan SD N 2 Panusupan 122
47 4 Sadino, S.Pd SD N Tepisari 02 120
48 9 Muhtar, A.Ma SD N Glontor 120
49 33 Suhardi, S.Pd SD Islam Al-Azhar 14 120
50 2 Wawan Romansah SD Islam Diponegoro 112
51 1 Ratna Umi SD N Polodoro 106
52 34 Mardi, S.Pd TK Pertiwi Jatirejo 102
53 11 Endang Sri Mulyani SD N 01 Jatipuro 99
54 23 Moch. Cholil, S.Sos.I SD Islam Integral Luqman Al Hakim 0 Tidak hadir
55 24 Yudhi Purwa Handoko, S.Pd SD Islam Integral Luqman Al Hakim 0 Tidak hadir

Sumber: http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=522:nilai-final-lomba-multimedia-lpmp-jawa-tengan-tahun-2010&catid=68:informasi&Itemid=132
Baca Selengkapnya....!

LIBURAN ASYIIIK DI KOTA DEMAK

Libur telah tiba…libur telah tiba.

Tak bisa dipungkiri kalau saat-saat liburan merupakan saat-saat yang menyenangkan. Bukan hanya bagi anak sekolah saja yang suka liburan. Guru-gurunya sendiri juga suka kalau liburan telah tiba. Ngaku saja dech. Termasuk saya juga.

Refresing melepaskan diri dari rutinitas kerja sehari-hari agar tidak bosan dan juga berganti suasana baru agar nantinya dapat memulai hari baru dengan lebih baik lagi.

Nah sudah liburan, tentunya sudah tersusun rencana dengan rapi mau apa liburan kali ini? Jalan-jalan, berkunjung ke sanak keluarga, menuntaskan hobby yang sekian lama terbengkalai karena tidak kebagian waktu, membaca buku, mengejar rating ngisi blog, asyikk main facebook, semua sah-sah saja dilakukan. Selama bisa menghibur diri, mambawa kesenangan dan tidak lupa diri. Nah liburan bagi yang berkantong tebal, jalan-jalan bisa menjadi pilihan. Namun menghabiskan liburan tidak harus berjalan-jalan ke tempat yang jauh. Menyambangi kota kelahiran asyiik juga dilakukan. Apalagi bersama anak-anak dan mendengarkan celoteh mereka. Asyiik sekali.

Di bawah ini adalah daftar tempat-tempat liburan di kota Demak yang patut dikunjungi. Tak perlu uang banyak. Bagi saya yang bermukim di kota Demak, hehehee.

Nah, apa saja yang asyiik dikunjungi selama liburan ya??

1. Perpustakaan Daerah


Ini adalah tempat pertama yang ingin saya kunjungi di agenda liburan saya. Kendati sudah hamper tiap minggu saya rutin mengunjunginya, namun liburan kali ini akan lebih intent lagi. Dan tetnu saja menyenangkan. Karena saya akan mengajak anak-anak. Perpustakaan daerah merupakan tempat yang paling mneyenangkan untuk dikunjungi. Kita bisa baca buku, bisa pinjam buku gratis, dan bisa pula main internet gratis. So tunggu apa lagi….




2. Masjid Agung Demak


Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini memiliki nilai historis yang sangat penting bagi penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya pu;lau Jawa. Di masjid ini dipercayai sebagai tempat berkumpulnya para wali dalam mengatur strategi menyebarkan ajaran Islam. Masjid Agung Demak di bangun pada tahun 1428. Luas keseluruhannya berukuran 31 X 31 meter persegi, serambi berukuran 31 X 15 meter dengan panjang keliling 35 X 2,35 meter, tatak rambat ukuran 25 X 3 meter dan ruang bedug berukuran 3,5 X 2,5 meter. Keseluruhan bangunan ditopang 128 soko, empat di antaranya soko guru yang menjadi penyangga utama bangunan masjid. Jumlah tiang penyangga masjid 50 buah, sebanyak 28 penyangga serambi dan 34 tiang penyangga tatak rambat, sedang tiang keliling sebanyak 16 buah. Masjid Agung Demak yang berdiri di tengah kota menghadapkan alun-alun luas, diyakini masyarakat muslim sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan dan keumatan. Berdasarkan pola pembangunan kota-kota di Jawa yang diawali dari Dinasti Demak Bintoro, menjadi satu kesatuan antara masjid, kraton dan sarana-sarana pendukungnya termasuk alun-alun di bagian tengah. Atas dasar itu diperkirakan bekas kraton Demak Bintoro kira-kira di sebelah selatan tidak jauh dari kawasan alun-alun dan Masjid Agung Demak sekarang.
Atap bersusun tiga menjadi perlambang bagi setiap orang yang beriman dimulai dari tingkat mukmin, muslim dan muhsin atau iman, islam dan ihsan Demikian halnya dengan lima buah pintu yang menghubungkan satu bagian dan bagian yang lain, diharapkan mengingatkan setiap manusia akan adanya rukun Islam yang lima yakni syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji. Sedang enam jendelanya melambangkan rukum iman yakni percaya kepada Allah SWT, percaya kepada rasul-rasulNya, percaya kepada kitabNya, percaya kepada malaikatNya, percaya akan datangnya kiamat dan qada qadar. Demikian halnya dengan kolam air yang menghubungkan bagian luar dan masjid, selain diharapkan sebagai sarana untuk mensucikan diri, juga mengandung sejumlah perlambang agar masyarakat selalu membersihkan diri dari berbagai kotoran yang menempel dalam diri dan hati.

3. Museum Masjid Agung Demak


Letak Museum Masjid Agung Demak berada dalam komplek Masjid. Di museum ini utamanya disimpan bagian-bagian soko guru yang rusak (sokoguru Sunan Kalijaga, sokoguru Sunan Bonang, sokoguru Sunan Gunungjati, sokoguru Sunan Ampel), sirap, kentongan dan bedug peninggalan para wali, dua buah gentong (tempayan besar) dari Dinasti Ming hadiah dari Putri Campa abad XIV, pintu bledeg buatan Ki Ageng Selo yang merupakan condrosengkolo berbunyi Nogo Mulat Saliro Wani yang berarti angka tahun 1388 Saka atau 1466 M atau 887 H, foto-foto Masjid Agung Demak tempo dulu, lampu-lampu dan peralatan rumah tangga dari kristal dan kaca hadiah dari PB I tahun 1710 M, kitab suci Al-Qur’an 30 juz tulisan tangan, maket masjid Demak tahun 1845 – 1864 M, beberapa prasasti kayu memuat angka tahun 1344 Saka, kayu tiang tatal buatan Sunan Kalijaga, lampu robyong masjid Demak yang dipakai tahun 1923 – 1936 M. Museum ini buka tiap hari dari Senin hingga Minggu jam kerja (08.00-16.00) dengan mengisi kas untuk pemeliharaan koleksi secara sukarela.

4. Naik Andong Keliling Kota


Andong merupakan kereta yang ditarik oleh kuda. Menaikinya bersama anak-anak sangat menyenangkan. Apalagi bayarannya cukup murah. Hanya 5000 rupiah. Kita bisa menemui pangkalan andong ini di terminal pariwisata Tembiring. Dari sini andong biasanya digunakan sebagai sarana transportasi menuju Masjid Agung Demak oleh para peziarah.

5. Taman Ria.


Di taman Ria Demak kita bisa mengajak anak-anak menikmati aneka hiburan dan permainan antara lain boom-boom car, kereta api, dan masih banyak lagi. Ada juga kolam renang murah meriah.

6. Pantai Morosari Sayung


Pantai morosari terletak di Sayung Demak. Keberadaannya memang belum sebeken pantai Marina (Semarang), pantai Kartini (Rembang) maupun pantai Bandengan (Jepara). Namun bukan berarti, pantai ini sepi pengunjung.
Setiap kawasan wisata, tentu mempunyai daya tarik sendiri-sendiri untuk menarik minat masyarakat agar berkunjung. Tak terkecuali di pantai Morosari ini. Di sini, pengelola menawarkan berbagai macam fasilitas untuk para pengunjung. Mulai dari Jetsky, Speedboat, Perahu Naga, Kayak Kano dan Becak Air. Anak-anak bisaanya paling suka naik Perahu Naga yang bentuknya unik atau naik Becak Air. Kalau tidak begitu, mereka main pasir atau bermain air bersama orang tua atau saudaranya.
Setelah lelah bermain atau mengisi waktu dengan melihat panorama pantai yang ada, para pengunjung bisa mencicipi berbagai masakan di restoran yang ada. Mulai dari yang seharga Rp. 15.000/ porsi sampai yang paketan seharga Rp.115.000. Eit, tunggu dulu. Jangan salah. Memasuki kawasan pantai Morosari ini, tidak harus bayar mahal. Cukup dengan seribu perak, kamu bisa menikmati panorama pantai dengan keluarga atau pun dengan orang yang kamu cintai. Yang paling mengasyikkan di Pantai Morosari adalah pada saat senja hampir tiba, karena kita dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dari tepi pantai. Untuk memasuki kawasan Pantai Morosari, anda dikenakan retribusi Rp.2 ribu.

7. Berburu ikan murah di Pantai Moro Bonang.



Nah bagi yang suka sama santapan ikan, sekali-kali berburu ke tempat pelelangan di mana ikan-ikan masih dalam kondisi segar baru saja diturunkan dari perahu nelayan. Kalau beruntung kita bisa memperoleh harga murah banget. Dan bagi yang hobby berperahu, asyik juga naik perahu menyusuri pantai Moro Bonang ini.

8. Berenang di Amala Pool



Nah bagi yang punya hobby berenang bisa menyambangi Amala Pool yang terletak di jalan Sunan Kalijaga. Kolam ini mempunyai ukuran cukup besar. Dan ada pula kolam untuk anak-anak.

9. Nongkrong di alun-alun
Nah bila malam tiba kita bisa menghabiskan waktu menikmati aneka jenis jajanan di seputaran alun-alun Demak. Mulai dari Bakso, mie goreng Jawa, bubur kacang hijau, aneka olahan kerang mulai dari yang goring samapi bakar, jagung bakar, siomay, martabak, pokoknya komplit. Dan harganya juga murah meriah.

Nah tunggu apa lagi. Ayo kita isi liburan seru kali ini..
Baca Selengkapnya....!

TERTIB BERLALU-LINTAS SEJAK DINI


Telah banyak kita saksikan kecelakaan lalulintas di mana-nama. Korban meregang nyawa bahkan meninggal dunia, kecacatan seumur hidup yang diakibatkan oleh kelengahan dalam berlalu-lintas. Utamanya di jalan raya. Mungkin kita juga sering melihat banyaknya anak-anak muda seusia SMP, SMA melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya tanpa mempedulikan keselamatan pengendara lain. Atau sopir bis yang ugal-ugalan main serobot kiri kanan tanpa mempedulikan pengendara lain. Atau arena balap liar yang meresahkan istirahat malam kita dengan bunyi knalpot kendaraan mereka yang sangat bising. Dan masih banyak lagi kasus-kasus kecelakaan lalulintas lainnya yang kesemuanya tentu mengundang rasa prihatin kita. Terutama korban dari pada kekacauan berkendara itu.

Dan tentang sopir bis yang suka kebut-kebutan itu saya punya cerita lucu dan menjengkelkan yang saya temui di lapangan. Tahu bis jurusan Semarang-Jepara, kan? Mereka itu suka main kejar-kejaran sesama bis. Lucunya kalau sekiranya rivalnya itu tidak kelihatan, mereka berhenti menunggu. Namun jika kiranya rival itu sudah kelihatan mereka akan lari sekencang-kencangnya tanpa memikirkan kalau aksinya itu membahayakan pengendara lain. Bahkan kalau sudah kejar-kejaran seperti itu penumpang yang menyetop di jalan pun suka mereka abaikan. Untuk hal ini saya tak habis pikir. Tapi itulah yang sering saya alami setiap kali numpang bis jurusan Jepara itu. Memang aneh.

Agaknya kita perlu menertibkan kembali rambu-rambu dalam berkendaraan. Penertiban surat-surat berkendaraan. SIM, STNK perlu kiranya untuk ditertibkan. Dan dalam ujian pengadaan SIM hendaklah bukan hanya ketrampilan berkendara dan tes tulis tentang peraturan lalu-lintas saja yang perlu ditegakkan, melainkan juga mentalitas para pengendara perlu diuji. Layak atau tidak mereka mengendarai kendaraan bermotor. Sebab kebobrokan mentalitas dalam berkendara seperti melanggar peraturan lalu-lintas, menyerobot jalan tanpa mempedulikan keselamatan orang lain itu sangat membahayakan dan juga merugikan pengendara lain yang memang sudah bertekad untuk berhati-hati dalam berkendara.

Sepertinya kita tengah menghadapi masalah yang cukup berat dalam berlalu-lintas kini. Volume kendaraan yang semakin padat merayap dan juga para pengendara yang sudah tidak mempedulikan etika dalam berkendaraan. Bukan hanya personel pengendara saja yang perlu dibenahi namun juga aparat dan birokrasi yang mengatur ketertiban berkendara perlu dibenahi. ABG-ABG yang belum layak berkendara karena masih berseragam SMP dan notabene belum mempunyai SIM juga perlu ditertibkan. Mereka ini anak-anak muda yang suka ugal-ugalan mengendarai motor tanpa memikirkan keselamatan orang lain.

Sepertinya kesadaran berkendara perlu ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Supaya ketika mereka besar nanti mempunyai kesadaran berkendara yang baik sehingga tidak merugikan orang lain.

Dalam pembelajaran sehari-hari di Taman Kanak-Kanak perlu kita sampaikan tentang tata tertib berkendara serta cara-cara berkendara yang benar. Penyampaian dapat dilakukan melalui metode bercerita atau pun dramatisasi, biar anak-anak menghayati sepenuhnya tentang kesadaran berkendara. Rambu-rambu lalulintas perlu juga kita perkenalkan sejak dini. Kalau perlu kita bekerja sama dengan kepolisian untuk memberikan penyuluhan kepada anak-anak TK ini tentang pentingnya berkendara dengan penuh tanggung jawab. Dulu waktu anak saya TK sekolahnya pernah di beri penyuluhan dari pihak polisi dalam rangka program “Polisi Sahabat Anak”. Alangkah baiknya kalau program itu digalakkan lagi.

Dan bukankah dalam pembelajaran di TK terdapat tema Rekreasi dimana dalam tema ini anak-anak diperkenalkan pada jenis-jenis kendaraan yang ada. Nah agaknya tertib berlalu-lintas sejak dini sangat tepat disampaikan dalam tema ini. Kendati tidak menutup kemungkinan untuk disampaikan dalam tema-tema lainnya.

Mari kita mulai, tertib berkendara dari diri kita sendiri. Agar tercipta tertib lalulintas di jalan. Dan Safety Riding dapat berjalan dengan baik. Mari kita beretika ketika berkendara agar tidak merugikan orang lain.

Gambar: techaa.wordpress.com
Baca Selengkapnya....!

“GARUDA DI DADAKU”


Terlepas dari kontroversi pemakaian lambang Garuda di seragam Tim Nasional Indonesia, sudah sepantasnya kita gembira dan berbangga atas kemenangan tim Nasional Indonesia melawan Philipina dalam Laga semifinal piala AFF. Sudah lama kita sebagai anak bangsa kurang merasakan adanya semangat nasionalisme seperti ini.

Untuk langkah ke depan kita tentunya sangat berharap Tim Nasional kita bisa membawa kemenangan lagi dan akhirnya menjadi juara. Semoga dalam laga mendatang Tim Nasional kita bisa memetik kemenangan sehingga kebanggaan dan harga diri anak bangsa yang telah lama terkoyak bisa dibangkitkan kembali. Apalagi lawan kita di final nanti adalah  Malaysia, negara yang notabene telah banyak melakukan pelecehan terhadap negara kita. Maju terus Garuda!!!

Saya sungguh senang manakala mendengar murid-murid saya di sekolah menyenandungkan lagu Garuda di dadaku tiap kali Tim Nasional Indonesia usai main dalam laga Piala AFF. Sungguh luarbiasa pengaruh dari euphoria sepakbola ini. Tidak menyangka kalau dari olahraga dapat membangkitkan semangat nasionalisme pada diri anak bangsa yang telah lama dipertanyakan keberadaannya.

Bahkan semangat nasionalisme ini lebih dasyat pengaruhnya terhadap generasi bangsa ini ketimbang menghafal teks book PPKN dan pelajaran PSPB sebagaimana ketika saya sekolah dulu. Bukan berarti saya tidak setuju dengan mata pelajaran PPKN atau PSPB, namun kita membutuhkan sesuatu yang nyata guna membangkitkan kembali semangat nasionalisme kita yang telah menipis ini. Setelah pahlawan kita berjuang untuk kemerdekaan, arena olahraga menjadi salah satu tempat terbaik untuk membakar nasionalisme.

Dan tentang kontroversi pemakaian lambang Garuda, kita rasanya lebih bersemangat melihat Garuda terpampang di dada pemain yang sedang berjuang di lapangan membela nama bangsa dan negara, daripada dipakai sebagai lencana pejabat yang saat ini lebih sering membuat rakyat kecewa.

Bagaimanapun juga selamat berjuang team Garuda. Kami bangga padamu!

Garuda di dadaku.

Ayo putra bangsa
Harumkan negeri ini
Jadikan kita bangga
Indonesia
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya

Reff :

Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang..

Foto:
zukhrufuddin.wordpress.com
Baca Selengkapnya....!

Jumat, 17 Desember 2010

Mau Dapat Uang Rp. 408.000.000,- dari Menulis Buku?

Saya copas tulisan ini dari teman saya Bapak Wijaya Kusumah. mudah-mudahan bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi guru-guru yang berhobby menulis. termasuk juga memotivasi diri saya sendiri yang masih suka awang-awangen (Nggak fokus) saat mulai niat nulis. hingga kadang ide yang berjubel jadi tercecer ke mana-mana karena tidak segera dituangkan dalam tulisan.

Dalam tulisan beliau ini, ternyata menulis memberikan manfaat yang sangat besar sekali. Mudah-mudahan tulisan di bawah bisa menjadi motivasi.

Mau Dapat Uang Rp. 408.000.000,- dari Menulis Buku?

Oleh Wijaya Kusumah.

Hari ini, Rabu 15 Desember 2010 saya banyak mendapatkan pelajaran yang berharga dari teman, sekaligus sahabat saya yang berprofesi sebagai penulis buku. Beliau adalah seorang guru SMP sekolah negeri, dan salah satu kompasianer aktif dari kota Sragen Solo yang bernama Johan Wahyudi.

Bagi saya, ucapan beliau sangat menginspirasi saya untuk menjadi seorang penulis buku. Puluhan buku telah dibuatnya, dan beliau benar-benar telah menjadi panutan saya untuk membuat sebuah buku yang menjadi best seller. Sebuah buku pelajaran yang kebermanfaatannya dalam pembelajaran sangat dibutuhkan oleh para pendidik, dan juga peserta didiknya.

Johan Wahyudi adalah segelintir guru yang memiliki komitmen tinggi untuk menjadi penulis buku. Dari hasil menulis buku sudah ratusan juta rupiah didapatkannya, dan pengalamannya itu beliau tuliskan di rumah sehat kompasiana. Tak salah bila saya mengundang beliau untuk menjadi dosen tamu di Kampus STMIK Muhammadiyah jakarta.

Saya minta beliau untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang saya bina agar mampu menjadi kaya dengan menulis. Saya pun terkagum-kagum mendengarkan pengalaman beliau menjadi seorang penulis. Penulis buku pelajaran di sekolah yang banyak dicari para pendidik dan peserta didik. Buku beliau yang terjual habis dalam jumlah ribuan adalah buku pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP.

Padahal harga bukunya cukup mahal juga. Beliau pun bercerita bahwa harga buku itu sekitar Rp. 68.000,-. Bila buku itu terjual 100.000 buku, maka penerbit akan mendapatkan uang sebesar Rp. 6,800,000,000.00 dari jumlah itu. Bila penerbit memberikan royalty kepada penulis sebesar 6% saja dari total penjualan buku, maka sang penulis akan mendapatkan uang sebesar Rp. 408,000,000.00. Wow jumlah uang yang cukup besar bagi seorang guru seperti saya.

Tentu itu bukan isapan jempol belaka. Mas Johan Wahyudi telah menceritakan dengan gamblang kepada kami, dan membuktikan dengan nyata kepada kami bagaimana nikmatnya ratusan juta rupiah masuk ke rekeningnya sebagai seorang penulis kreatif. Terakhir, beliau pernah menjadi juara pertama lomba naskah buku pengayaan tingkat SMA tahun 2009 dari pusat perbukuan, dan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 20.000.000,-.

Apa yang disampaikan beliau kepada para mahasiswa saya semalam, disampaikan kembali kepada Kang Pepih dan Mas iskandar (admin Kompasiana) saat kami menemui mereka di kantor kompas.com siang hari ini.

Kang pepih pun tertarik untuk memasukkan beliau ke dalam rubrik Sosok di kompas cetak bila mas Johan sanggup menjadi yang terbaik, dan lulus program doktornya dengan nilai cum laude pada tahun 2012. (semoga cepat lulus ya mas!)

Sebagai salah seorang sahabat Mas Johan Wahyudi, tentu saya sangat bangga bila beliau selesai program doktor pendidikannya tepat waktu. Apalagi beliau telah mendapatkan beasiswa unggulan dari kementrian pendidikan nasional.

Ternyata menjadi seorang penulis buku bukanlah pekerjaan yang “ecek-ecek”, dan “sia-sia”. Bila kita fokus dengan apa yang kita tuliskan, dan memahami dengan baik keinginan pasar atau pembaca, maka jangan heran bila buku yang kita tuliskan mendapatkan tempat di hati para pembaca.

Akhirnya, dua hari bersama Mas Johan wahyudi di jakarta membuat saya semakin termotivasi untuk membuat buku-buku yang berkualitas.

Bukan hanya sekadar mencari uang semata, tetapi niatnya untuk berbagi ilmu pengetahuan, dan juga pengalaman kepada para peserta didik dan juga para pendidik. Dengan begitu buku saya menjadi disukai dan dicari. Seperti halnya buku mengenal penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang saya susun bersama pak Dedi Dwitagama telah mengalami cetak ulang edisi kedua, dan sangat laris penjualannya di berbagai toko buku di seluruh tanah air. Senang rasanya mendengar berita itu dari penerbit indeks.

Tak aneh rasanya bila mas Johan mengatakan, “Baru saja aku mendapatkan uang 300 juta dari menulis buku”.


salam Blogger Persahabatan

Omjay

Baca Selengkapnya....!

Kamis, 16 Desember 2010

NOSTALGIA BUKU

Siang ini menjadi siang yang istimewa buatku. Kenapa? Karena siang ini aku bersama suamiku berkesempatan mengunjungi perpustakaan daerah bersama-sama. Jarang sekali aku bisa memperoleh kesempatan seperti ini. Memilih buku bersama-sama untuk dipinjam dan di baca bareng-bareng. Karena biasanya perpustakaan buka pada jam kerja sehingga suamiku tidak bisa menemani aku ke perpustakaan. Namun hari ini karena suatu kepentingan beliau bisa keluar , dan selebihnya menemaniku jalan-jalan ke perpustakaan. Asyiiiik.

Tadinya kami mau mengajak anak-anak turut serta. Namun jam kunjungan ke perpust keburu akan habis, jadi niatan untuk menjemput anak-anak di rumah kami batalkan. Mungkin lain waktu kami akan ke perpustakaan bersama-sama. Apalagi sekarang ini perpustakaan daerah juga buka pada hari Sabtu. Mulai jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Jadi aku berkesempatan mengajak suami dan anak-anak ke perpustakaan bersama-sama.

Asyik lho jalan-jalan di perpustakaan. Kita bisa milih-milih buku sepuasnya, dan membaca sepuasnya. Banyak hal yang dapat kita peroleh dengan membaca buku. Bagiku membaca buku sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Bisa di bilang aku kutu buku-lah. Tiada hari tanpa membaca buku, pokoknya.

Lalu akupun mulai teringat, kapan kira-kira aku mulai suka membaca buku. Kalau tidak salah berawal sejak aku mulai bisa mengeja huruf pertamaku. Mungkin sejak kelas satu SD. Maklum aku belum pernah jadi anak TK. Marah nih, sekarang jadi ibu guru TK.

Sejak aku mulai bisa mengeja huruf pertamaku, sejak saat itu apa saja yang berwujud kertas dan ada tulisannya pasti kubaca. Apapun isinya. Gokil juga rasanya, mengingat semua itu.

Nah untung nih salah seorang emak kawanku punya warung yang jualan Lombok terasi. Jadi emak temanku itu pasti punya persediaan banyak sekali majalah bekas buat bungkus cabe ama terasi. Alhamdulillah,hobby membaca bisa tersalurkan. Aku ingat waktu itu majalah yang kubaca ada Bobo, Ananda, Kawanku, Donal Bebek, dan Ceria. Juga Koran bekas tak luput dari perhatianku. Maklum nih, kagak punya duit buat beli yang baru.

Habis itu, waktu aku tahu sekolahan SD banyak buku, namun sayang buku-buku di perpustakaan SD kala itu tidak dipinjamkan, alias buat hiasan saja. Maka dengan semangat 45 aku merayu Pak Penjaga untuk meminjami aku buku. Caranya nih aku berangkat ke sekolah pagi-pagi banget, sebelum ada guru, aku berangkat ke sekolah dan pinjam buku sama pak penjaga sekolah. Untung pak penjaga baik hati. Paling tidak tiga sampai lima buku bisa aku pinjam setiap hari. Dan buku-buku itu aku baca sepulang sekolah untuk kukembalikan besok paginya. Begitu seterusnya. Sampai semua temanku ikut-ikutan meminjam buku.

Maka berakhirnya petualangan sembunyi-sembunyiku untuk meminjam buku. Rombongan peminjam buku gelap ini terbongkar, dan habislah semua. Alangkah sedih hatiku, karena sejak itu tidak ada lagi buku yang bisa aku pinjam. Tega sekali ya,,, Memasuki SMP dan SMA, perpustakaan adalah tempat bermainku, dan penjaga perpustakaan adalah temanku. Tak jarang pula uang sakuku habis buat beli buku. Begitu tergila-gilanya aku dengan buku.

Bahkan suami pun mendukung hobbiku dengan mendown-loadkan aneka macam e-book. E-book gratis kirara adalah situs favoritku untuk urusan buku-buku. Namun secanggih apapun e-book tidak ada yang menyaingi kenikmatan menyusuri cerita dalam deretan huruf-huruf pada lembaran-lembaran kertas, atau membaca the real book.
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 14 Desember 2010

PENGAJUAN TUNJANGAN FUNGSIONAL tahun anggaran 2011

Bulan Desember, bulan sibuk. Mulai dari menggarap laporan akhir semester, menggarap administrasi sekolah yang bolong-bolong, ikutan lomba nulis, dan ini yang sedikit memberi angin. Pengajuan subsidi tunjangan Fungsional untuk tahun 2011 mendatang setelah tahun ini terlempar ke Tunjangan Kesra karena kurangnya persyaratan penerima tunjangan Fungsional. Yakni belum adanya NUPTK.

Namun untuk pengajuan tahun anggaran yang akan datang mudah-mudahan saya bisa katut di tunjangan fungsional lagi. Alhamdulillah NUPTK sudah ada. Dan alhamdulillah sudah S1 pula. Karena kabarnya penerima tunjangan Fungsional untuk anggaran tahun depan harus sudah berijasah S1. Benar tidaknya itu baru kabar. Tidak tahu kalau kabar itu ternyata kabur.

Namun jika dirasa-rasa, pengeluaran tunjangan untuk tahun ini memang sedikit kurang beres. Disamping persyaratannya tambah rumit juga penerimaannya bisa di bilang sangat tidak lancar.

Teman saya yang mendapat jatah tunjangan fungsional sampai saat ini belum menerima transfer sepeserpun. Padahal beliau sudah tanda tangan, sudah di kasih tanda terima oleh dinas buat pemberkasan laporan, tapi dana yang biasanya keluar tiap tiga bulan sekali, atau paling lambat enam bulan sekali itu mundur sampai menjadi satu tahun sekali. What’s Up? Nobody’s know why? Jadinya temanku hanya bisa pasrah, berharap dan juga berdoa. Maklum guru wiyata, tunjangan itu termasuk salah satu penyemangat agar guru-guru wiyata ini rajin melaksanakan tugas.

Untuk pengajuan tahun mendatang pemberkasan administrasi di terima oleh kantor UPTD paling lambat besok pagi. Mudah-mudahan semua berjalan lancar, dalam artian berkas tidak ada yang salah ataupun kurang. Semangatttttttttttttttttttttttttttttttt^___^.
Baca Selengkapnya....!

Senin, 13 Desember 2010

Lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010

LPMP mengadakan Lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Namun sayang nih, Jenjang TK tidak mendapat bagian. Kenapa selalu seperti itu, ya????

LPMP Jawa Tengah akan menyelenggarakan lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) bagi Kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, Pengawas TK/SD dan Pengawas Dikmen. Lomba akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 28 Desember 2010. Namun peserta lomba harus sudah mengumpulkan materi lomba kepada panitia paling lambat hari Jumat, 24 Desember 2010. Materi lomba terdiri atas laporan PTK/PTS (2 rangkap), artikel ilmiah (2 rangkap), dan hard copy slide presentasi (2 rangkap)

Check in lomba PTK/PTS ini dilaksanakan pada hari Senin, 27 Desember 2010, pukul 08.30 WIB. Pembukaan akan dilaksanakan pada hari yang sama, pada pukul 10.00 WIB. Pada saat check in, peserta wajib membawa Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, SPPD LPMP yang sudah ditandatangani pejabat berwenang dan distempel, dan 1 eksemplar laporan PTK/PTS sebagai pegangan pada saat lomba.

Guru, kepala sekolah, maupun pengawas yang tertarik mengikuti lomba ini harus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan masing-masing, mengingat tempat yang terbatas. Surat resmi telah diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2010 ke Dinas Pendidikan/Kota 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Bagi Kabupaten Mitra Program BERMUTU, surat tersebut merupakan revisi atas surat pemberitahuan sebelumnya tentang hal yang sama. Informasi lebih lanjut, hubungi Saudara Rija di rija_saputra@yahoo.com (HP. 081325121376) dan Saudara Dedy Gunawan di dedy.gunawan77@yahoo.com (HP. 081386048143).

Sumber:http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=526:lomba-penelitian-tindakan-kelas-ptk-dan-penelitian-tindakan-sekolah-pts&catid=55:berita&Itemid=115#josc878
Baca Selengkapnya....!

Minggu, 12 Desember 2010

TANAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Terkadang kita tidak atau kurang menyadari bahwa lingkungan kita itu sangat kaya sekali akan bahan-bahan alam yang dapat kita jadikan sebagai media pembelajaran. Sehingga dalam pembelajaran sehari-hari bersama anak didik kita seharusnya tidak perlu lagi beralasan “tidak ada dana” jika sudah menyangkut penyediaan media pembelajaran.

Kita harus menyadari kalau lingkungan sangat efektif sebagai sumber dan media bermain atau belajar. Dengan sedikit kreativitas guru-guru dapat menciptakan berbagai media pembelajaran yang berasal dari alam. Dalam hal ini kita akan menggunakan tanaman sebagai media pembelajaran.

Tanaman yang seperti apa yang dapat kita gunakan sebagai media pembelajaran. Yuk kita tengok.

Sebelumnya kita harus tahu dulu tentang persyaratan sebuah media pembelajaran. Diantaranya yakni, tidak berduri, tidak tajam, tidak berbulu yang mengakibatkan gatal. Intinya tidak membahayakan anak saat digunakan.

Daun-daunan 


Daun-daunan dapat digunakan antara lain untuk membuat prakarya seperti mahkota daun, misalnya. Ambil contoh daun jambu atau daun mangga atau daun nangka. Usahakan daun yang digunakan agak kaku sehingga ketika disatukan daun itu tidak akan mudah robek. Nah daun yang disatukan dengan lidi atau staples ini dapat dibuat menjadi mahkota daun yang bisa dipakai anak. Anak tentu sangat senang sekali. Apalagi kalau mahkota daun ini hasil kerja anak sendiri, sudah pasti memupuk rasa bangga dan percaya diri pada anak karena dapat menghasilkan sesuatu yang dapat dipamerkan kepada orang tuanya di rumah.

Selain dapat dibentuk menjadi prakarya, daun juga bisa digunakan untuk mengasah perkembangan kognitif anak. Caranya, gunakan daun-daun itu untuk berhitung, mengukur panjang daun, membedakan kasar dan halus, mengklasifikasi daun berdasar besar kecilnya, mengelompokkan daun berdasarkan jenisnya, warnanya, dan lain-lain.


Daun-daunan juga bisa dimanfaatkan untuk membuat karya seni. Contohnya saja dibuat mengecap. Celupkan daun pada tinta/stamp pad lalu taruh di atas kerta gambar. Jadilah cap daun. Dapat juga digunakan untuk memercik. Dapat juga digunakan untuk mengisi kolase. Namun dalam hal ini gunakanlah daun yang sudah kering, agar hasilnya awet.



Sedangkan untuk daun pisang bisa digunakan sebagai sarana/media menganyam. Tentunya anak-anak bosan juga kalau disuruh menganyam dengan media yang itu-itu saja. Sedikit variasi akan membuat anak-anak senang untuk belajar mengasah ketrampilan motorik halusnya.



Daun kelapa dapat kita sulap menjadi baling-baling. Wow, bunda, lihatlah baling-baling kelapaku bisa berputar. Tentu mereka senang sekali bukan?



Daun-daun itu bisa juga dibuat menjadi boneka lho. Ambil saja daun ketela, lalu kreasikan menjadi boneka daun. Nah boneka daun siap digunakan untuk bercerita atau bermain sandiwara boneka. Bisa juga menggunakan rumput-rumputan.

Pelepah


Pelepah pohon pisang, pelepah pinang, pelepah pepaya, semua dapat digunakan untuk membuat permainan dan berkesenian. Ambil contoh pelepah pisang, dia bisa dibuat menjadi kuda-kudaan yang dapat digunakan untuk bermain drama. Bisa juga dibuat menjadi alat musik. Dan yang paling umum pelepah pisang digunakan untuk membuat lukisan dengan mengecap. Potong pelepah pisang berbentuk serong kemudian celupkan pada tinta dan gunakan untuk mengecap pada kertas gambar. Indah sekali bukan.

Untuk pelepah pepaya juga bisa digunakan untuk mengecap. Selain itu pelepah pepaya yang berlubang bisa digunakan dalam ketrampilan meronce. Potong-potong pelepah pepaya ukuran 2 atau 3 cm. Lalu masukkan benang sebagaimana kalau kita meronce, jadi deh kalung untuk dipersembahkan pada ibu. Sudah mau hari ibu khan? Sedangkan untuk pelepah padi bisa dijadikan alat musik yang di tiup. Anak-anak desa suka sekali bermain alat musik tiup dari pelepah padi. Terutama pada saat panen raya tiba. Asyik sekali lho. Mereka bisa berlomba tiupan siapa yang paling keras bunyinya??

Sedangkan pelepah pinang dan pelepah kelapa yang berukuran besar bisa digunakan untuk menjajal kekuatan fisik dengan cara menarik teman yang duduk pada pelepah yang besar. Tapi ingat untuk bergantian menarik ya, kan capek, kasihan dong.

Biji-bijian



Yang paling umum biji-bijian digunakan untuk membuat kolase dengan menempel pada gambar kosong. Namun dapat juga di buat sebagai alat musik dengan cara memasukkan biji-bijianmarakas ke dalam botol bekas. Alat musik seperti ini biasa disebut marakas. Coba goyangkan, ada suaranya, bukan. Hias botolmu supaya lebih cantik.



Selain sebagai media kolase dan marakas, biji-bijian dapat pula digunakan sebagai sarana olahraga. Yakni dengan melempar kantong biji. Taruh biji-bijian pada kantung berbentuk kain. Ikat yang kencang supaya biji tidak berhamburan, setelah itu lambungkan kantung berisi biji dan tangkkaaap. Hebat, fisik anak-anakpun pun menjadi kuat.

Biji-bijian juga dapat digunakan dalam pengembangan kognitif seperti mengklasifikasi, mengelompokkan, menyortir, dan juga berhitung. Asyik khan bermain biji-bijian.

Buah-buahan dan umbi-umbian

Biasanya dibuat menjadi boneka-boneka lucu. Lalu minkan dalam panggung sandiwara. Nah bagi anak-anak yang kurang suka makan buah dan sayuran bisa di motivasi dengan cara ini. Bentuk boneka tergantung kreativitas masing-masing guru. Ayo berkarya.
Baca Selengkapnya....!

MEROKOK DALAM BIS


Saya sungguh merasa kesal tiap kali berangkat kerja menumpang kendaraan bis umum, lalu di sana penumpang penuh berjubel, dan seseorang merokok dengan santainya, tanpa rasa risih apalagi merasa bersalah telah mengasapi orang-orang dengan racun nikotin yang mematikan itu.

Apa ya yang berada dalam pikiran para perokok dalam bis itu? Jikapun tidak tahu , tidak pernah mendengar penuturan tentang bahaya rokok, mbok yao sensi sedikit dengan orang lain.

Terus terang saya memang paling tidak tahan dengan asap rokok. Rasanya bikin pusing. Mungkin karena sedari kecil saya telah terbiasa tidak terkena asap rokok kali, ya? Alhamdulillah, ayah saya bukan perokok, dan alhamdulillah lagi, suamiku juga bukan perokok. Jadi benar-benar saya tidak tahan dengan asap rokok.

Namun apalah daya, tiap pagi tiap aku berangkat kerja menumpang bus, ada saja orang-orang yang tidak tahu diri menghembuskan asap rokok seenaknya. Bahkan mungkin sudah kehilangan sensi ketika seoprang yang lain mengibas-ngibaskan kepulan asap rokok pertanda tak suka asap beracun itu mampir didepan hidung, eh si perokok bukannya sadar mematikan/membuang rokoknya malahan dengan kesengajaan mengepul-ngepulkan asap ke mana-mana. Naudzubillah.

Benar-benar manusia itu susah di atur. Sudah tahu rokok itu berbahaya, tetapi masih dikonsumsi juga. Dan konon perbuatan yang mempunyai kecenderungan untuk diturunkan ke anak-anak ya merokok itu.

Tentang bahaya merokok saya kira semua orang juga sudah tahu, bahkan mungkin para perokok itu sendiri. Sedikit sensasi menenangkan yang diperoleh dari merokok tidaklah sebanding dengan efek yang ditimbulkannya. Bahkan bahaya itu tidak hanya mengancam si perokok saja, melainkan juga orang-orang yang terpapar asap rokok atau dikenal juga dengan perokok pasif.

So pleas, pleas, jangan merokok, apalagi dalam bis.

Gambar: http://gugundesign.wordpress.com
Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 11 Desember 2010

Suka Duka Negeri Cinta

Suka Duka Negeri Cinta

(Sebuah Lomba Penulisan Cerpen Bertemakan Mentoring Keislaman)

Tagline: “Writing for Inspiring”

Apa itu SDNC?

Suka Duka Negeri Cinta (SDNC), merupakan sebuah lomba penulisan cerpen yang memotivasi setiap orang untuk dibina dan membina, bertahan bersama komunitas kebaikan, dan saling berlomba dalam kebaikan dalam wahana yang bernama “mentoring keislaman”, atau apapun padanan katanya.

Tujuan

Tujuan dari SDNC ini adalah menerbitkan sebuah buku kumpulan cerpen yang bertemakan mentoring keislaman. Dengan target pembaca peserta mentoring, mentor dan pengurus mentoring.

Harapannya, setelah membaca kumpulan cerpen ini, para peserta mentoring lebih serius dan tekun lagi ikut mentoring keislaman. Bagi para penggiat mentoring, baik pementor maupun pengurus mentoring dapat menjadi charger ruhiyah baru, sehingga istiqomah dalam menggiatkan perbaikan ummat melalui wahana mentoring keislaman.

Persyaratan

1. Cerpen yang ditulis bertemakan “MENTORING”
2. Tokoh utamanya boleh orang pertama tunggal (aku) atau orang ketiga tunggal (dia). Tokoh utama dapat dapat berperan sebagai:
a. mentee (peserta mentoring),
b. mentor (pengisi mentoring) atau
c. pengurus mentoring
3. Seorang penulis dapat mengirim lebih dari 1 cerpen dengan tokoh berlainan (tidak harus sama)
4. Terdapat nilai moral mentoring (spirit, semangat, keutamaan, atau ruh) dalam cerpen yang ditulis
5. Sumber tulisan bebas, boleh berdasarkan pengalaman nyata atau imajinasi penulis
6. Karya asli yang belum dipublikasikan
7. Naskah dikirim melalui e-mail ke sukadukanegericinta@gmail.com dengan disertai data diri: nama, alamat, usia, pekerjaan, institusi, sudah berapa lama bersentuhan dengan mentoring, nomor kontak/ HP dan email.

Kriteria Penulis

Umum (tua/muda) boleh ikut menulis.

Hadiah

1. Hadiah kepesertaan: DVD E-Book Mentoring
2. Hadiah bagi tulisan yang dimuat dalam kumpulan cerpen: Sertifikat Penghargaan
3. Hadiah akan dikirim ke alamat yang bersangkutan
4. Pemenang diumumkan di http://sukadukanegericinta.blogspot.com

Ketentuan

Seluruh naskah menjadi hak milik panitia.
Keputusan panitia memuat cerpen dalam buku bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Resume karya dapat dilihat di http://sukadukanegericinta.blogspot.com

Batas Akhir Pengumpulan

Batas akhir pengumpulan karya diperpanjang hingga 31 Desember 2010.

Kontak

Informasi dan Pertanyaan Seputar SDNC, dapat menghubungi Badan Koordinasi Mentoring Gamais ITB-Angkatan 2006

Ph.: BKM06 (0896 5524 2623) atau
e-mail: sukadukanegericinta@gmail.com
Baca Selengkapnya....!

DAFTAR NAMA PEMENANG SAYEMBARA PERPUSTAKAAN NASIONAL

DAFTAR NAMA PEMENANG SAYEMBARA PERPUSNAS 2010

Untuk para pemenang, selamat, ya...

Sayembara Konsep Desain Arsitektur

Juara I R Bagus Budho D 075/SKD/RB/101
Juara II Koes Prambudi R 106/SKD/KP/1611
Juara III Annisa Pintorini A 079/SKD/AP/0811

Sayembara Karya Tulis

Kategori Dosen & Umum
Juara I Sri Endang susetiawati 114/SKT/SE/1111
Judul Karya : ”Fungsi Ideal Perpustakaan Nasional”
Juara II Iwan Gunadi 254/SKT/IG/1511
Judul Karya : ” Menikmati Kesenangan Yang Sempurna Di Perpustakaan Nasional”
Juara III Hernowo T02/SKT/HE/0511
Judul Karya : ”Agar Perpustakaan Tak Jadi Kuburan”
Harapan I Taufik Hendra Kusuma 073/SKT/TH/811
Judul Karya : ” Strategi Pragmatis Untuk Mencapai Perpustakaan Nasional Ideal”
Harapan II Shinta Ardhiyani 158/SKT/SA/111
Judul Karya : ”Menjaring Keterlibatan Masyarakat Melalui Optimalisasi
Media Jejaring Sosial Untuk Menciptakan Perpustakaan Nasional Yang Dinamis”
Harapan III Arip Muttaqieen 044/SKT/AM/511
Judul Karya : ”Perpustakaan Nasional Sebagai Konektor dan Katalisator Proses Pembangunan Manusia”

Kategori Mahasiswa
Juara I Ketut Adi Suryana 097/SKT/IK/1011
Judul Karya : ”Transformasi Perpustakaan Nasional Sebagai Perpustakaan Berbasis Teknologi Dan Ramah Lingkungan Menuju Perpustakaan Nasional Ideal ”
Juara II Achmad Fawaid 318/SKT/AF/2011
Judul Karya : ”Membangun Perpustakaan Rumah Buku Yang Ramah Baca”
Juara III Sulfiza Ariska 293/SKT/SA/2011
Judul Karya : ”Menjadikan Perpustakaan Nasional Sebagai Rumah Indonesia ”
Harapan I Komang Ana Mardika 211/SKT/IK/1311
Judul Karya : “Konsep E-Library Berbasis Komplementer Sebagai Solusi Manajemen Perpustakaan Dalam Rangka Meningkatkan Angka Kunjungan Perpustakaan Nasional RI”
Harapan II Farida Ariany 299/SKT/FA/1911
Judul Karya : ”Implementasi Perpustakaan Berbasis ICT”
Harapan III Hendro Tri Utomo 300/SKT/HT/1911
Judul Karya : ”Konsep Terpadu Untuk Mewujudkan Perpustakaan Nasional Yang Atraktif,Solutif Dan Inovatif Guna Meningkatkan Intelektual Bangsa”

Sayembara Menggambar

Kategori Guru
Juara III Frits Pieter Tiwow 006/SMG/FP/611

Kategori Pelajar
Juara I Reza Pratama 078/SMG/RP/2011
Juara II Alfrits Siwi 038/SMG/AS/1111
Juara III Muhammad Abdurahman Malik 076/SMG/MA/2011

Sayembara Sculpture
Juara I Miky Endro Santoso 004/SDS/ME/1011
Juara II Adityo 022/SDS/AD/1911
Juara III Gideon Richie Santoso 007/SDS/GR/1211

Panitia Sayembara Perpusnas mengucapkan

selamat kepada para pemenang.

Terus berkarya, untuk Indonesia yang lebih baik.
Baca Selengkapnya....!

BUKU KEROYOKAN (ANTOLOGI): TAARUF LUCU dan BERKESAN

BUKU KEROYOKAN (ANTOLOGI): TAARUF LUCU dan BERKESAN


oleh Bang Anas

"Taaruf lucu dan berkesan" anda dan teman anda pasti pernah bertaaruf (saling berkenalan) tuliskan kisah tersebut, mudah mudahan BISA menjadi buku.

PERHATIAN : INI BUKAN LOMBA,

tetapi rencana proyek buku dengan Judul Buku nanti:
* Kisah Taaruf Lucu

assalamualaikum wrwb,

saya mengajak sobat PENULIS PEMULA, PENULIS SENIOR, PENULIS MEMBER flp (forum lingkar pena), DAN sobat umum (bukan PENULIS member flp) di seluruh dunia DIMOHON untuk menuliskan.MENGIRIMKAN kisah nyata cerita Taaruf yang Lucu dan unik, mudah-mudahan dengan menjadi buku akan banyak manfaatnya untuk para pembacanya.

Syarat, Ketentuan dan Tema:
Tema: Taaruf yang lucu, unik dan berkesan , (sampai nikah atau belum sampai nikah nggak masalah)"
1. Naskah harus berbasis KISAH NYATA (dalam bentuk cerita, bahasa menarik, sederhana, lucu dan mudah dicerna).
2. Naskah Asli karya sendiri (Ejaan utama ejaan EYD, boleh sedikit disusupi bahasa daerah, bahasa gaul yang harus dijelaskan)
3. naskah belum pernah dipubilkasi di media cetak komersial nasional dan/atau daerah
4. Naskah boleh bersumber dari publikasi blog pribadi seperti: multiply, blogspot atau note/catatan FB (harap diedit dg kata YANG indah, LUCU dan ejaan EYD, AGAR BERPELUANG BESAR LOLOS KE EDITOR DI PENERBIT)
5. Naskah bisa dari Pengalaman diri sendiri atau orang lain, bila pengalaman orang lain nama tokoh dan nama tempat harus disamarkan/DIGANTI untuk menjaga privasi.
6. Untuk Memudahkan info, komunikasi dan koordinasi, maka bergabunglah di grup penulis antologi inihttp://www.facebook.com/home.php?sk=group_104712469599122
7. Batas waktu 07-JANUARI 2011

adapun hal teknisnya
1. Ketik dalam MS Word, minimal 9 halaman A4
2. font: times new roman, ukuran 12 spasi: 1.5
3. Kirim ke: ideanas@yahoo.com subject: TAARUF (JUDUL NASKAH)
misal/contoh :TAARUF (MALU MALU KUCING)
4. KIRIM DENGAN FILE ATTACHMENT/LAMPIRKAN FILE, WORD SAVE AS: WORD VERSI 97-2003: (FILE BERTIPE .DOC)
(JANGAN DI BODY EMAIL)
5. Naskah menjadi hak penyelenggara untuk mempromosikan/publikasikan tulisan anda ,agar lebih banyak pembacanya
6. Posting di Note/catatan FB dengan men-tag bang anas(ideanas@yahoo.com) tulisan yang banyak like this (suka) akan menjadi pertimbangan lulus seleksi tahap I
7. SERTAKAN BIODATA SINGKAT (di akhir tulisan)

CONTOH
Bang Udin, lahir di Jakarta, 17 Mei 1983, dipanggil BANG oleh murid-murid karena bekerja di Lembaga sWADAYA, Gemar membaca dan menulis sejak SMP. Saat ini ia tinggal di Boyzonk Gay Day II. Jl. Gandaria III Boyzonk Gay Day Tengah Boyzonk Gay Day 17411. Karyanya antara lain “Jaka ” (Self Publishing). Penulis bisa dihubungi via
Email : BangUdin@yahoo.com
Webblog: http://ayahara.cybermq.com/

* Batas waktu PENERIMAAN NASKAH 31-DESEMBER 2010
* PENGUMUMUAN naskah YANG LULUS dikirim ke penerbit PALING LAMBAT 27 JANUARY 2011

insya ALLAH bila naskah selesai terkumpul minimal 100 halaman, maka naskah akan sy kirim ke PENERBIT

rencana Judul Buku nanti

* "Kisah TAARUF LUCU DAN BERKESAN

demikian atas perhatian n keikutsertaannya sy ucapkan terima kasih

wassalamualaykum wr wb

Anas

(Divisi humas flp depok)
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 09 Desember 2010

Lomba Matematika & Sains 2011

Brilliant Competition III, Lomba Matematika & Sains 2011

Deadline: 15 Desember 2010

SMAK PENABUR Gading Serpong and Surya Institute proudly present
Brilliant Competition III
Mathematics and Science
Peserta: Siswa/i SMP (kelas 7 s/d 9)
1 tim terdiri dari 2 orang dari sekolah yang sama
Biaya Pendaftaran: Rp 80.000,00/tim/bidang studi
Tempat: SMAK PENABUR Gading Serpong
Jl. Kelapa Gading Barat Raya, Gading Serpong
Tangerang, Banten
Waktu pelaksanaan: Kamis-Sabtu, 27-29 Januari 2011

Pendaftaran

* Uang pendaftaran sebesar Rp 80.000,00 per tim harap ditransfer ke rekening: BCA KCP Financial Center Nomor: 8015044442
atas nama Dewi Widiananda Dra atau Nugroho Budi Santoso
* Lembar jawaban, formulir pendaftaran, dan fotokopi bukti pembayaran harap dikirim melalui pos ke dapat dikirim beserta lembar jawaban ke:

Panitia Brilliant Competition III
SMAK PENABUR Gading Serpong
Jl. Kelapa Gading Barat Raya, Gading Serpong
TANGERANG 15810
PALING LAMBAT tanggal 15 Desember 2010 berdasarkan cap pos.

Bagi siswa siswi yang berminat dapat mengkonfirmasi keikutsertaannya kepada
Johan Pramono : 085920592828
Yosua Heresta : 085245103052

Hadiah

MATEMATIKA (TIM)
Juara1 : Rp 4.000.000,00 + Trophy
Juara2 : Rp 3.000.000,00 + Trophy
Juara3 : Rp 2.000.000,00 + Trophy
Juara Harapan 1: Rp 1.000.000,00 + Trophy

SAINS (TIM)
Juara1 : Rp 4.000.000,00 + Trophy
Juara2 : Rp 3.000.000,00 + Trophy
Juara3 : Rp 2.000.000,00 + Trophy
Juara Harapan 1: Rp 1.000.000,00 + Trophy

Keterangan: Seluruh peserta semifinalis dan guru pendamping finalis akan mendapatkan sertifikat.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs resmi Brilliant Competition di http://www.brilliant-comp.co.cc

BIDANG MATEMATIKA
Materi: Kelas 7, 8 ,dan 9 SMP
Untuk materi kelas 9 sampai dengan materi semester 1/ganjil.

Babak Penyisihan 1
Soal dalam babak penyisihan ini akan disajikan dalam bentuk 60soal pilihan ganda dan 10 soal esai. Soal dapat diunduh di situs resmi Brilliant Competition di http://www.brilliant-comp.co.cc. Jawaban dapat dikirim ke Panitia Brilliant Competition di SMAK PENABUR Gading Serpong paling lambat 15 Desember 2010 cap pos atau via e-mail ke brilliant_competition@yahoo.co.id beserta bukti transfer pembayaran uang pendaftaran.Dipilih 50 tim terbaik untuk masuk ke Babak Penyisihan 2.

Penilaian:
Pilihan Ganda: Benar: 2, salah: -1, tidak jawab: 0
Esai: 0-10

Babak Penyisihan 2
Diikuti oleh 50 tim yang lolos dari Babak Penyisihan 1. Peserta akan diundang ke SMAK PENABUR Gading Serpong untuk mengikuti Babak Penyisihan 2. Soal terdiri dari 30 soal isian singkat yang akandikerjakan dalam waktu 30 menit. Dipilih 15 tim terbaik untuk masuk ke Babak Semifinal.

Penilaian:

Setiap jawaban yang benar :3, salah : 0, sedangkan jika tidak dijawab: 1
Babak Semifinal

Diikuti oleh 15 tim yang lolos dari Babak Penyisihan 2. Soal terdiri dari 7 soal uraian yang dikerjakan dalam waktu 150 menit. Dipilih 4tim terbaik untuk masuk ke Babak Final.

Penilaian:
Setiap jawaban dapat bernilai antara 0 – 7

Babak Final
Diikuti oleh 4 tim terbaik yang lolos dari babak Semifinal. Setiap tim akan mempresentasikan jawaban dari soal yang telah diberikan kepada tim juri untuk dinilai. Soal terdiri dari 2 soal uraian yang dikerjakan dalam waktu 60 menit. Setiap tim diberi waktu selama 30 menit untuk mempresentasikan jawabannya.

Penilaian:

Setiap jawaban dapat bernilai antara 0 – 100

BIDANG SAINS

Materi: Kelas 7, 8 ,dan 9 SMP
Untuk materi kelas 9 sampai dengan materi semester 1/ganjil.

Babak Penyisihan 1
Soal dalam babak penyisihan ini akan disajikan dalam bentuk 90soal pilihan ganda dan 10 soal esai. Soal dapat diunduh di situs resmi Brilliant Competition di http://www.brilliant-comp.co.cc. Jawaban dapat dikirim ke Panitia Brilliant Competition di SMAK PENABUR Gading Serpong paling lambat 15 Desember 2010cap pos atau via e-mail ke
brilliant_competition@yahoo.co.id beserta bukti transfer pembayaran uang pendaftaran.Dipilih 50 tim terbaik untuk masuk ke Babak Penyisihan 2.

Penilaian:
Pilihan Ganda: Benar: 2, salah: -1, tidak jawab: 0
Esai: 0-10

Babak Penyisihan 2
Diikuti oleh 50 tim yang lolos dari Babak Penyisihan 1. Peserta akan diundang ke SMAK PENABUR Gading Serpong untuk mengikuti Babak Penyisihan 2. Soal terdiri dari 40 soal isian singkat yang akan dikerjakan dalam waktu 30 menit. Dipilih 15 tim terbaik untuk masuk ke Babak Semifinal.

Penilaian:
Setiap jawaban yang benar :3, salah : 0, sedangkan jika tidak dijawab : 1

Babak Semifinal
Diikuti oleh 15 tim yang lolos dari Babak Penyisihan 2. Soal terdiri dari 10 soal uraian yang dikerjakan dalam waktu 150 menit. Dipilih 4 tim terbaik untuk masuk ke Babak Final.

Penilaian:
Diinformasikan pada lembar soal yang akan diberikan

Babak Final
Diikuti oleh 4tim terbaik yang lolos dari babak Semifinal. Setiap tim akan melakukan 2 kali eksperimen, masing-masing 1 untuk fisika dan 1 untuk biologi. Untuk eksperimen fisika akan dilakukan selama 90 menit. Setelah itu, para peserta diberi waktu untuk beristirahat selama 30 menit.Babak final kemudian dilanjutkan dengan eksperimen biologi selama 90 menit juga.Dalam waktu tersebut para peserta diwajibkan untuk membuat laporan berdasarkan eksperimen yang telah mereka kerjakan.

Penilaian:
Setiap eksperimen bernilai 0 – 100. Hasil eksperimen akan diakumulasikan dengan nilai di babak semifinal sebagai penentuan juara.

Penerimaan siswa baru Brilliant Class SMAK PENABUR Gading Serpong tahun ajaran 2011/2012 sudah dibuka.

Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi

Ibu Dewi 081510224981 / Ibu Etiwati 08158029157
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 07 Desember 2010

SELAMAT TAHUN BARU 1432 HIJRIYAH


Pada hari ini umat Islam di seluruh dunia telah memasuki pergantian tahun baru. Yakni tahun baru Hijriah. Tahun yang perhitungannya berdasarkan peredaran bulan ini sudah memasuki angka ke 1432 H. Dalam kenyataan sehari-hari pergantian tahun baru Hijriah tidaklah semeriah dan seheboh pergantian tahun baru Masehi misalnya. Namun bagi kita umat Islam, pergantian tahun baru Hijriah ini hendaknya dijadikan sebagai momentum, paling tidak bagi diri sendiri untuk berpacu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tahun Hijriah mulai dipergunakan pada masa pemerintahan Khalifah Umar Ibn Khatab ra. Peristiwa itu berawal pada saat sang Khalifah menerima surat dari Gubernur Abu Musa Al-Asy’ari. Beliau meminta kepada Sayidina Umar untuk menjelaskan tentang tahun bagi tarikh surat/arahan Umar yang telah diantar kepadanya.Bermula daripada peristiwa itulah Saidina Umar memerintahkan satu kalendar / taqwim Islam yang khas diwujudkan untuk menggantikan tahun rujukan kalender yang digunakan oleh bangsa-bangsa Arab dan bangsa-bangsa lain pada zaman itu.

Sebelum kemunculan kalendar Islam ini di kalangan bangsa Arab sendiripun telah ada berbagai macam kalender yang digunakan seperti Kalendar Tahun Gajah, Kalendar Persia, Kalendar Romawi dan kalender-kalender lain yang berasal dari tahun peristiwa-peristiwa besar Jahiliah.

Maka Umar telah memilih tahun yang terdapat di dalamnya peristiwa paling agung dalam sejarah Rasullullah s.a.w untuk dijadikan asas permulaan tahun pertama bagi perkiraan kalendar taqwim Islam. Yakni peristiwa hijrahnya Rasulullah Saw dari Mekah ke Madinah sebagai awal permulaan perhitungan kalendar Islam. Momentum hijrah Rasulullah Saw. dianggap mewakili 'era baru', bukan hanya karena saat itu Rasulullah berhasil meloloskan diri dari kota Mekkah yang sudah tidak kondusif lagi bagi perkembangan dakwah beliau namun juga keputusannya untuk berhijrah ke Madinah membawa pelita terang bagi kebangkitan Islam sehingga beliau berhasil membangun pondasi mental dan spiritual bagi umat Islam yang terasa sampai sekarang ini.

Para shalihin mengajarkan kita untuk berdoa ketika menjelang pergantian tahun. Dan dibawah ini adalah doa akhir tahun dan awal tahun

Doa Akhir Tahun
Bacalah doa ini tiga kali saat menjelang akhir tahun baru Islam, bisa dilakukan sesudah ashar atau sebelum maghrib pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijah. Dengan doa ini kita memohon ketika kita akan mengakhiri perjalanan tahun yang akan ditinggalkan ini akan mendapatkan ampunan dari Allah Swt. atas perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh-Nya, dan apabila dalam tahun yang akan ditinggalkannya itu ada perbuatan-perbuatan yang diridhai oleh Allah Swt yang kita kerjakan, maka mohonlah agar amal shaleh tersebut diterima oleh Allah Swt.

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa shallallaahu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa 'amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani 'anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta 'alayya ba'da qudratika 'alaa uquubati wa da'autani ilattaubati minhu ba'da jur'ati alaa ma'siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa'adtani 'alaihits-tsawaaba fas'alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha' rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya.

Doa Awal Tahun
Bacalah doa ini tiga kali saat kita memasuki tanggal 1 Muharam. Bisa dilakukan selepas maghrib atau pun sesudahnya. Dengan doa ini kita sebagai Mu'min memohon kepada Allah Swt. agar dalam memasuki tahun baru ini kita dapat meningkatkan amal kebajikan dan ketaqwaan.

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu'i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.

Perkara sunah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharam
1. Puasa sunat pada awal Muharram.
2. Puasa sunat pada 9 dan 10 Muharram.

Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Semoga di tahun yang baru ini kita dapat berbenah diri untuk menjadi insan yang lebih baik. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.
Baca Selengkapnya....!

BERMAIN PADA ANAK USIA DINI



Tak dapat dipungkiri kalau bermain sangat identik dengan keseharian anak. Tiap harinya sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk melakukan berbagai permainan. Dan bermain ini ternyata mempunyai arti yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Melalui bermain anak-anak bereksplorasi, menemukan, dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengannya, sehingga dengan begitu anak sebetulnnya juga tengah belajar.

Arti bermain bagi anak menurut B.E.F Montolalu:
1. Anak memperoleh kesempatan mengembangkan potensi-potensi yang ada padanya.
2. Anak akan menemukan dirinya, yakni kekuatan dan kelemahannya, kemampuan serta minat dan kebutuhannya.
3. Memberi peluang bagi anak untuk berkembang seutuhnya bai fisik, intelektual, bahasa, dan perilaku (psikososial serta emosional)
4. Membiasakan anak untuk menggunakan seluruh panca indranya sehingga dapat terlatih dengan baik.
5. Secara alamiah memotivasi anak untuk mengetahui sesuatu secara lebih mendalam lagi.

Bermain selain penting bagi perkembangan fisik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional anak, juga bermanfaat untuk:
1. Menimbulkan kegembiraan (Karl Buhler & Schank Danziger). Kegembiraan itu menjadi rangsangan bagi terbitnya perilaku lainnya. Misalnya perilaku senang berkreasi. 2. Memicu kreativitas anak.
Dalam lingkungan bermain yang aman dan menyenangkan, bermain memacu anak untuk menemukan ide-ide serta menggunakan daya khayalnya. Saat anak menggunakan daya khayalnya saat bermain, menjadikan mereka lebih kreatif.
3. Mencerdaskan otak anak. Bermain memberi kontribusi pada perkembangan intelektual atau kecerdasan berpikir dengan membukakan jalan menuju berbagai pengalaman yang tentu saja memperkaya cara berpikir mereka.
4. Meningkatkan respons anak terhadap hal-hal baru.
5. Sarana untuk bersosialisasi dan melatih fungsi mental (berpikir, berkhayal, mengingat, atau menegakkan disiplin dengan mentaati peraturan-peraturan dalam permainan)
6. Sarana mengekspresikan perasaan.
7. Membentuk kepribadian anak.
8. Mengembangakan rasa percaya diri. Hal tersebut diperoleh anak manakala dia berhasil menyelesaikan suatu permainan.
9. Bermanfaat menanggulangi konflik. Pada anak usia dini seringkali muncul perilaku seperti tingkah laku menolak, agresif, bertengkar, suka meniru, kerja sama, egois, simpatik, marah, ngambeg, mau menang sendiri, serta keinginan untuk dapat diterima oleh lingkungan sosial di mana mereka berada. Namun pada usia ini ternyata erilaku asosial lebih sering muncul sehingga seringkali terjadi konflik. Dengan bermain, anak-anak yang memiliki perilaku asosial dapat diarahkan untuk menjadi lebih prososial. Permainan sandiwara boneka, dramatisasi bebas, dan bercerita cocok untuk diterapkan dalam menanggulangi konflik yang biasa terjadi.
10. Bermanfaat untuk melatih empati. Empati adalah pengenalan perasaan, pikiran, dan sikap orang lain, atau dapat juga dikatakan pengenalan jiwa orang lain. Empati merupakan faktor yang berperan dalam perkembangan sosial anak karena dengan empati anak akan dapat merasakan penderitaan orang lain.
11. Sebagai sarana hiburan. Dengan bermain anak-anak akan memperoleh kegembiraan.
12. Bermanfaat mengasah panca indra. Tujuannya adalah agar anak menjadi lebih tanggap dan lebih peka pada kejadian disekitarnya.


13. Sebagai media terapi (pengobatan). Sigmund Freud, seorang psikoanalis menggunakan bermain sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah konflik dan kecemasan.
14. Melakukan penemuan. Bermain membuat anak dapat menghasilkan ciptaan baru. Peneuan itu bisa saja sesuatu yang kebetulan atau memang sudah dirancang agar anak dapat menemukan sesuatu sendiri.
15. Menyalurkan energi. Terutama bagi anak-anak yang hiperaktif.

Karakteristik bermain pada anak usia dini:
1. Bermain adalah sukarela. Dikatakan sukarela karena kegiatan ini di dorong oleh motivasi dalam diri anak sehingga akan dilakukan anak kalau dia betul-betul menginginkannya sehingga bermain itu dapat memuaskan diri anak.
2. Bermain adalah pilihan anak. Seorang anak tidak dapat dipaksa untuk bermain sekalipun dengan cara yang halus. Bila itu terjadi maka itu bukan lagi merupakan aktivitas bermain.
3. Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Itu merupakan syarat mutlak sehingga karenanya anak mau melakukan permainan.
4. Bermain adalah simbolik. Dalam bermain anak tidak selalu harus menggambarkan hal yang sebenaranya.
5. Bermain adalah aktif melakukan kegiatan. Dalam bermain anak-anak bereksplorasi, bereksperimen, menyelidiki dan bertanya tentang manusia, benda-benda, dan kejadian seputar mereka.

Jadi biarkan anak-anak usia dini bermain sesuai dengan perkembangannya. Sebab kalau dunia itu (bermain) dirampas dari mereka dengan cepat maka kelak mereka akan menjadi manusia-manusia dewasa yang kekanak-kanakan.

Referensi:
B.E.F. Montolalu, dkk (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta:Universitas Terbuka.
Baca Selengkapnya....!