Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Senin, 20 Desember 2010

“GARUDA DI DADAKU”


Terlepas dari kontroversi pemakaian lambang Garuda di seragam Tim Nasional Indonesia, sudah sepantasnya kita gembira dan berbangga atas kemenangan tim Nasional Indonesia melawan Philipina dalam Laga semifinal piala AFF. Sudah lama kita sebagai anak bangsa kurang merasakan adanya semangat nasionalisme seperti ini.

Untuk langkah ke depan kita tentunya sangat berharap Tim Nasional kita bisa membawa kemenangan lagi dan akhirnya menjadi juara. Semoga dalam laga mendatang Tim Nasional kita bisa memetik kemenangan sehingga kebanggaan dan harga diri anak bangsa yang telah lama terkoyak bisa dibangkitkan kembali. Apalagi lawan kita di final nanti adalah  Malaysia, negara yang notabene telah banyak melakukan pelecehan terhadap negara kita. Maju terus Garuda!!!

Saya sungguh senang manakala mendengar murid-murid saya di sekolah menyenandungkan lagu Garuda di dadaku tiap kali Tim Nasional Indonesia usai main dalam laga Piala AFF. Sungguh luarbiasa pengaruh dari euphoria sepakbola ini. Tidak menyangka kalau dari olahraga dapat membangkitkan semangat nasionalisme pada diri anak bangsa yang telah lama dipertanyakan keberadaannya.

Bahkan semangat nasionalisme ini lebih dasyat pengaruhnya terhadap generasi bangsa ini ketimbang menghafal teks book PPKN dan pelajaran PSPB sebagaimana ketika saya sekolah dulu. Bukan berarti saya tidak setuju dengan mata pelajaran PPKN atau PSPB, namun kita membutuhkan sesuatu yang nyata guna membangkitkan kembali semangat nasionalisme kita yang telah menipis ini. Setelah pahlawan kita berjuang untuk kemerdekaan, arena olahraga menjadi salah satu tempat terbaik untuk membakar nasionalisme.

Dan tentang kontroversi pemakaian lambang Garuda, kita rasanya lebih bersemangat melihat Garuda terpampang di dada pemain yang sedang berjuang di lapangan membela nama bangsa dan negara, daripada dipakai sebagai lencana pejabat yang saat ini lebih sering membuat rakyat kecewa.

Bagaimanapun juga selamat berjuang team Garuda. Kami bangga padamu!

Garuda di dadaku.

Ayo putra bangsa
Harumkan negeri ini
Jadikan kita bangga
Indonesia
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya

Reff :

Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang..

Foto:
zukhrufuddin.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar