Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 03 November 2016

Workshop Dongeng dan Dolanan Tradisional (2)

Okey, hari ini kita bertemu lagi di workshop hari kedua tentang permainan tradisional dan dongeng. Dan hari kedua ini kita akan membahas tentang dongeng bersama Kak Khempo Antaka. Beliau merupakan dosen seni rupa dari Semarang. Selain itu beliau tentu saja adalah seorang pendongeng.

Jam delapan acara worshop dongeng dimulai dengan aneka permainan oleh Kak Khempo. Dan tak lupa juga membahas tentang dongeng. Betapa pentingnya sebuah dongeng dalam dunia anak-anak. Dengan dongeng, anak-anak diajak untuk berimajinasi mengolah rasa dan juga daya piker. Selain itu dongeng juga sangat penting untuk proses pembentukan karakter anak.


Seorang anak kecil terkadang tidak mempan dinasehati . Namun melalui dongeng yang menarik dan berkarakter, anak-anak bisa dengan mudahnya menerima nasihat melalui pesan tersirat yang disampaikan melalui dongeng.

Kita sebagai orang tua tentunya sangat miris melihat anak-anak kita banyak meniru tontonan yang ada di televisi. Dengan mudahnya anak-anak kecil itu meniru jagoan yang mereka tonton. Dan tak jarang mereka meniru hal-hal negative seperti tindak kekerasan, bulliying dan sebagainya. Tontonan-tontonan di televisi kita sangat idak baik untuk anak-anak. Meskipun yang ditayangkan itu adalah film anak-anak. Terlebih lagi film-film yang bertemakan keajaiban. Sungguh sangat tidak mendidik anak-anak kita.

Bagaimana tidak? Di sekolahan kita mengajarkan anak-anak untuk bersikap tangguh, pantang menyerah dalam menyelesaikan kesulitan. Namun saat sampai di rumah mereka disuguhi tontonan serba ajaib yang sekali ayun tongkat maka keinginan anak-anak itu akan terpenuhi. Itu sama saja mengabaikan pendidikan karakter yang kita terapkan di sekolah. Dalam tontonan itu anak-anak diajarkan untuk memeiliki sesuatu secara instan. Hmm, ada baiknya mulai sekarang kita kurangi acara nonton tv untuk anak-anak. Dan kalau perlu tinggalkan sama sekali. Ganti dengan kegiatan produktif yang lebih merangsang imajinasi kreatif bagi anak-anak. Seperti membaca buku, dan mendengarkan dongeng.

Dan ngomong-ngomong tentang dongeng, Kak Khempo Antaka ini jagonya. Teknik mendongengnya okey. Sehingga selama seharian para peserta workshop serasa tersihir sehingga enggan untuk meninggalkan tempat duduknya.

Apalagi dalam workshop dongeng itu Kak Khempo juga tidak pelit dalam berbagi ilmu tentang cara mendongeng. Mulai dari teknik medongeng yang baik untuk kegiatan di dalam kelas maupun untuk ajang lomba mendongeng. Selain itu Kak Khempo juga mengajari peserta workshop untuk membuat berbagai macam karakter suara dalam mendongeng. Kita diajari bagaimana membuat suara gajah, ayam jantan berkokok, ayam betina, suara ayah, suara nenek, suara anak-anak, suara angin, ombak, petir, boom, ambulance, dan lain sebagainya. Tidak hanya diajari lho, namun peserta juga diajak praktik langsung. Pokoknya seru.

Selain praktik membuat berbagai jenis karakter suara, peserta workshop juga diajak untuk membuat cerita sederhana dan mempraktikkannya.

Dan di penghujung acara Kak Khempo dengan keahliannya mendongeng untuk para peserta workshop. Luar biasa pelatihan hari itu. Banyak sekali ilmu yang didapat. Tinggal pengaplikasiannya di sekolahan nanti.

Sampai jumpa di acara workshop selanjutnya ya…

Salam…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar