Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 17 Desember 2011

HARI PENERIMAAN RAPORT

Hari ini 17 Desember 2011 anak-anak TK wilayah Jawa Tengah menerima laporan perkembangan semester 1. Di TK kami pengambilan raport dimulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 11 siang. Pengambilan raport dilakukan oleh wali murid dengan harapan adanya komunikasi aktif anatar guru dan orang tua perihal perkembangan putra putrinya selama belajar satu semester di sekolah.

Pukul 8 pagi suasana masih sepi, kendati semua guru sudah standby di ruang kelas masing-masing untuk menerima wali murid. Baru jelang jam 9 kelas mulai ramai. Namun syukurlah mereka datangnya tidak bersamaan sehingga guru punya waktu untuk berbincang lebih leluasa tentang perkembangan anak.

Dan dari sekian banyak obrolan dengan wali murid, yang paling banyak dikeluhkan adalah tidak lancarnya anak membaca. Terutama membaca huruf mati. Orang tua resah dan khawatir sehingga mereka berinisiatif untuk memasukkan anak ke les privat membaca. Sebuah fenomena yang terus menerus terjadi. Anak-anak TK itu dipaksa mahir membaca dengan alasan supaya mereka bisa masuk ke sekolah-sekolah pavorit yang mempersyaratkan tes calistung untuk bisa diterima belajar di sana.

Saya bingung juga menjelaskan situasi dilematis seperti ini. Di satu sisi membaca tidak diajarkan di Taman Kanak-Kanak. Namun di sisi lain orang tua menghendaki anak-anak diajari membaca. Dan jika melihat kurikulum dan tes untuk anak kelas satu SD, saya rasa wajar kalau orang tua menjadi khawatir.

Sepertinya perlu mengkaji ulang sinkronisasi antara kurikulum TK dan kurikulum SD. Biar tidak terjadi miss komunikasi dalam memberikan pembelajaran kepada anak. Dan biar para guru dalam mengajar ini juga enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar