Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 22 Maret 2017

Tips Belajar Membaca Sekaligus Menanamkan Karakter Baik pada Anak

TIPS BELAJAR MEMBACA SEKALIGUS MENANAMKAN KARAKTER BAIK PADA ANAK 😊


Awali aktivitas dengan Bismillah.

Assalamualaikum sahabat semua.

Pernahkah anda sebagai orang tua mengeluh, anakku kok tidak mau belajar, pegang buku saja tidak mau apalagi membaca???


Selain itu zaman sekarang semuanya sudah berbeda dg dulu. Sekarang banyak sekali gangguannya kalo mau belajar. Anak2 semakin malas akibat teknologi. Banyak anak nyandu game dan hubungannya dg orangtua buruk. Bahkan suka berantem dg orangtuanya sendiri. Banyak pertanyaan yang terbesit dibenak kita semua, tentang bagaimana sekarang kita bisa menanamkan karakter baik pada anak dan mereka mau rajin belajar?


Sahabat, sekedar sharing tips. Semoga bisa diterapkan sahabat dan sukses pula. Karena kami menyadari, tips berikut juga memiliki keterbatasan.


🌷 Sahabat bisa menanamkan pendidikan karakter sambil mengajari anak membaca. Bagaimana caranya?

🍏 1. Saat anak berusia 2 tahun, umumnya mulai muncul perilaku menjengkelkan spt memukul, meludah, berteriak2, tantrum, dll. Di usia 2 tahun adalah masa yg tepat untuk menanamkan karakter baik.

🍊 2. Ketika anak mulai berteriak2, umumnya teriakan itu muncul

karena mereka tidak dapat mengungkapkan perasaan mereka dg baik. Maka ajarilah cara berkomunikasi dg baik. Contoh, ketika anak teriak minta susu, maka katakan ke anak, "Adek mau apa? Adek mau susu? Kalo mau susu, bilang, 'Bu, Tolong bikinin susu.' Ga usah teriak2. Nanti pasti Ibu bikinin."

🍋 3. Bahasa anak usia 2 tahun masihlah sangat minim, stimulasi lah bahasanya dg permainan yg melibatkan komunikasi 2 arah. Khusus stimulasi dg menggunakan media abaca (maka gunakan kartu bergambarnya dan jangan ajari huruf dulu), dan pastikan si kecil sudah mengenal benda2 riel di sekelilingnya. Kartu atau flashcard hanyalah pendukung agar anak terstimulus utk berbicara. Karena sebagian anak, memiliki kendala "pelit" berkata2, jika tidak dirangsang oleh media tertentu.

🍄 4. Selain kartu anak jg bisa distimulasi dg buku cerita utk mengembangkan kemampuan bahasanya.

🍅 5. Ketika berusia 3 tahun, tes kesiapan anak dg menggunakan 5 kartu abaca flashcard dulu. Jika anak masih suka gambarnya maka tunda dulu belajarnya sebab itu salah satu tanda dia belum siap belajar membaca.

🍆 6. Ketika bermain abaca, jangan fokus dg hasil tapi nikmatilah prosesnya. Hargailah setiap progres anak meskipun kecil. Dan bersama si kecil, ada banyak karakter yg bisa ditanamkan melalui permainan ini. Contohnya karakter tanggung jawab, jika selesai bermain diberesin yuk nak. Atau bisa mengajarkan kesabaran, bahwa kadang2 ketika mereka sudah berusaha keras menebak huruf, ada kalanya kuda2 berhenti di kotak kosong. Dan bersama bunda, anak belajar bagaimana bekerjasama dg baik agar kompak dalam permainan.

🍇 7. Sebisa mungkin batasi anak dalam bermain game dan menonton tv


Cukup itu dulu ya sahabat yg bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

📢 Yang terpenting sahabat, tetap dampingi anak ketika belajar, dan suguhkan mainan edukatif yg dapat menumbuhkan karakter baik pada anak. 😘


Laskar ABACA group 13


Untuk Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar