Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 29 Maret 2017

Tahapan Anak Belajar Membaca

TAHAPAN ANAK BELAJAR MEMBACA


Anak2 berkembang melalui proses tertentu. Dari mulai tengkurap, merangkak, duduk, berdiri hingga akhirnya anak bisa mandiri. Saat anak mulai sekolah, dia juga melalui tahapan tertentu, yaitu masuk Paud/TK, SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.


Dalam menguasai ketrampilan membaca, anak juga harus melalui tahapan yang benar, agar hasilnya baik. Umumnya anak2 yang belum menguasai warna, tidak akan mampu memahami huruf. Shg stimulasi huruf dilakukan setelah anak memahami warna kompleks dan primer. Warna komplek yang dimaksud yaitu warna hijau tua, hijau muda, coklat tua, coklat muda, jingga, abu-abu, dll.


Begitu juga bentuk bidang datar, umumnya anak2 yang bingung membedakan bentuk bidang datar tidak mampu memahami bentuk huruf. Karena bentuk bidang datar jauh lebih mudah dibanding bentuk huruf yang memiliki 26 bentuk yang rumit. Bentuk huruf a, sampe z, jauh lebih rumit dibanding bentuk persegi, segitiga, dll.


Memahami huruf yang mempunyai 26 bentuk dengan lekukan yang rumit tersebut memerlukan usaha ekstra dan kematangan otaknya.
Itulah sebabnya orangtua perlu untuk memahami tahapan - tahapannya.


Syarat anak dinyatakan siap belajar huruf, jika:

1. Sudah dapat membedakan warna primer- kompleks

2. Sudah bisa membedakan bentuk bidang datar

3. Mulai mempunyai ketertarikan terhadap symbol dr pada gambar


Mengapa tahapannya harus seperti itu?


Huruf maupun angka adalah hal yang abstrak, itulah sebabnya sebagian besar anak kesulitan menghafal huruf ataupun simbol. Segala sesuatu yang sifatnya abstrak itu mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga cara yang kreatif diperlukan agar anak-anak bisa menguasai materi abstrak dengan lebih mudah. Salah satu metode baca cepat dan ramah otak adalah ABACA Flashcard, yang mampu memetakan kesulitan anak-anak pada usia dini.


Jika anak sudah mulai tertarik dg huruf, menguasai warna, ataupun bentuk bidang datar maka uji kesiapannya dg mengenalkan 5 kartu abaca flashcard bun.


Mengapa harus pakai abaca? Sebab abaca sudah disusun sedemikian rupa, huruf2nya diklasifikasikan dg baik shg huruf mudah didahulukan dl untuk menghindarkan anak dari tekanan belajar. Nanti kalo sudah dites dg 5 kartu abaca trus dia merespon dg baik, maka sudah saatnya dia dikenalkan abaca flashcard seri 1.


Ingin tahu detailnya, Abaca Flashcard bisa didapat di Agen dan Marketer Abaca Flashcard. Karena Abaca tidak dijual di toko-toko buku.


Laskar abaca 18


Untuk Informasi dan Pemesanan

SMS/WA Sri Wahyuti

085867486151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar