Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 22 September 2016

Cara Memilih Buku untuk Anak dengan Masalah Belajar Membaca

CARA MEMILIH BUKU UNTUK ANAK DG MASALAH BELAJAR MEMBACA


@tim kreatif abaca flashcard


Anak-anak dengan masalah membaca, umumnya memutuskan bahwa selamanya mereka akan membenci buku. Untuk mengatasi masalah mereka agar mencintai buku maka gunakan buku yang tepat. Salah memilih buku, bisa membuat anak membenci buku.


1. Carilah judul buku dengan tema yang sudah disukai anak Anda. Artinya jika anak Anda menyukai tema pesawat atau tumbuhan, maka cari buku-buku dg tema-tema tsb. Jangan paksa mereka membaca topik-topik yang Anda suka, tapi anak tidak suka. Yang terpenting adalah membuat anak-anak cinta pada aktivitas membaca dahulu untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya (yang sebelumnya telah hilang). Dengan permulaan seperti ini, anak-anak akan mengeksplorasi topik-topik lainnya jika sudah merasa "nyaman" dengan buku.


2. Carilah buku yang sesuai dengan kemampuan anak membaca.

Anak-anak tidak menyukai buku yang terlalu sulit, apalagi jika di sekolah mereka telah lama berjuang. Mulailah membaca bersama anak, meskipun dia hanya mau menyelesaikan sedikit bacaan, tidak masalah. Bahkan kalopun hanya membaca satu, dua atau tiga kata dalam satu halaman juga tidak masalah. Jika anak-anak mulai merasa stres ketika mulai membaca 5 kata dalam halaman buku maka hentikan karena itu tanda dia tertekan. Anda perlu mencarikan buku yang lebih mudah lagi dari itu.


3. Carilah buku yg membuat anak percaya diri.

Buku-buku yang sulit, jelas akan menghancurkan kepercayaan diri anak. Sementara buku-buku yang mudah akan membangkitkan kepercayaan diri mereka. Cirinya anak suka dengan sebuah buku, dia akan suka mengulang membaca buku itu terus menerus meskipun tidak ada yang memintanya. Dia melakukan itu karena senang dan karena dia percaya dengan kemampuan dirinya (tanda tumbuhnya kepercayaan dirinya). Dia membaca sendiri berulang kali, tanpa beban.


Gunakan 3 tips di atas untuk anak-anak dengan masalah belajar membaca, seperti pada kasus disleksia atau yang sejenisnya.


Selamat mencoba,

Semoga bermanfaat

Taken from understood.org


Untuk Informasi dan Pemesanan Abaca Flash Card

SMS/WA di 085867486151

2 komentar:

  1. pilih2 buku perlu banget ya, mba. biar anak semangat belajar bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya La, biar sesuai dengan karakter anaknya juga, :) Dan tentu saja bermanfaat.

      Hapus