Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Selasa, 20 September 2016

4 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Seorang Anak Yang Kesulitan Membaca Disebabkan Oleh Disleksia.

4 HAL YANG TIDAK BOLEH DIKATAKAN PADA SEORANG ANAK YANG KESULITAN MEMBACA DISEBABKAN OLEH DISLEKSIA.


@tim kreatif abaca flashcard


1. Jika kamu berusaha keras, kamu akan bisa membaca dengan lebih baik.


Bukankah itu kata2 positif? Tapi jika Anda menempatkan kata2 penuh harapan utk seorang anak yg bagian otaknya (yg memproses tulisan menjadi kata2 yg terucap/membaca) tidak dapat berfungsi maka itu sama saja dg menyuruh seorang yg kakinya lumpuh dg harus menggunakan kursi roda lalu Anda menyuruhnya berjalan tanpa kursi roda seperti anak2 yg tidak mengalami kelumpuhan. Sekeras apapun dia berusaha, dia ga akan bisa TANPA BANTUAN ANDA. Dan dia mungkin akan bisa, dengan pertolongan dan kesabaran Anda melatihnya.


Mirip kasus anak lumpuh kaki di atas, anak2 dengan disleksia meskipun telah belajar sangat keras utk bisa membaca, kemajuan yg akan dia capai tidak akan sama dg anak2 lainnya (yg normal). Itu artinya dia membutuhkan bantuan lebih, kesabaran lebih dan dorongan dari pembimbing yg lebih besar lagi utk bisa membaca. Mereka tidak akan bisa membaca sendiri tanpa seorang pembimbing yg berempati dg masalahnya dan membantunya utk terus tumbuh. Sebaiknya Anda berempati padanya dg berkata, "Saya tahu kamu harus melewati semua ini dg susah payah, tapi kita akan berjuang bersama. Bunda akan bantu kamu jadi kamu tidak perlu bersedih ya. Kita ulangi terus dan kita cari metode yg cocok buat kamu sampai kamu bisa."


2. Menyembunyikan penyakit disleksia dari teman2 di kelas.


Disleksia mirip spt identitas khusus yg dimiliki seseorang spt rambut keriting, hidung mancung, dll. Jadi jangan sembunyikan hal itu dari orang lain jika menderita penyakit tsb, justru beritahukan kepada teman2 di kelas dan tunjukkan bahwa tidak perlu malu dg penyakit tsb. Memberitahukan teman2 atau sahabat ttg disleksia akan membantu mereka mengenali siapa dirimu. Meskipun kamu tidak bisa membaca dg mudah, kamu masih punya kreativitas di bidang lainnya.


3. Mungkin kita harus mencari sekolah yg menganggap bahwa belajar membaca itu tidak penting.


Kebanyakan orang memiliki harapan rendah pada anak2 dg masalah belajar. Padahal anak2 dg disleksia jika ditangani oleh orang yg tepat bisa mendapatkan prestasi besar dalam hidupnya. Jika mereka diberi dukungan yg cukup, dan menguatkan harapan mereka.


Katakan pada mereka, "Aku percaya kamu bisa meraih cita2mu suatu saat nanti. Jika kamu ingin sekolah, kita akan cari sekolah yg mengerti kebutuhanmu shg kamu dapat dukungan penuh dan kesempatan besar utk meraih cita2mu.


4. Jika kamu tidak belajar membaca, kamu tidak akan sukses.


Jangan pernah mematahkan harapan anak2 dg disleksia dg mengatakan bahwa mereka tidak akan bisa berhasil jika tidak bisa membaca. Tapi katakan, "Ada banyak metode untuk belajar membaca. Contohnya anak2 yg matanya buta, bisa belajar membaca dg Braille dan membaca dg jari2 mereka. Kita akan cari metode yg cocok untukmu yg bisa membantumu agar belajar membaca menjadi lebih mudah."


Taken from understood.org

Diterjemahkan oleh tim kreatif abaca flashcard.

Untuk Informasi dan Pemesanan Abaca Flash Card

SMS/WA 085867486151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar