Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 01 Desember 2012

RESOLUSI DI TAHUN BARU

RESOLUSI. Tentu kita sering mendengar kata-kata ini digembar-gemborkan. Terlebih menjelang tutup tahun seperti ini. Sebenarnya apa sih resolusi itu?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi memiliki arti putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal (KBBI 2008)
Sepertinya agak kurang pas ya dengan makna yang kita inginkan. Walaupun kalau ditelaah sih juga seperti itu. Kalau menurut saya sih resolusi itu target/ keinginan yang hendak kita capai dalam jangka waktu tertentu. Sepertinya itu lebih mudah.
Kita memerlukan resolusi baru setiap tahunnya agar langkah kita memiliki tujuan pasti yang hendak diraih. Walau tidak menutup kemungkinan target-target itu belum tercapai atau meleset dari yang kita perkirakan.
Banyak dari kita merasa gemes dan mungkin juga kecewa melihat resolusi di awal tahun kemarin banyak yang belum tercapai. Penasaran sudah tentu juga ada. Kenapa sampai terjadi. Untuk itu sebelum membuat resolusi ntuk tahun yang akan datang, ada baiknya kita adakan evalusi diri. Apakah taget di awal tahun lalu itu cukup realistis untuk dicapai? Dan apakah kita sudah bekerja keras untuk membuat resolusi kita tercapai. Atau jangan-jangan kita terlalu banyak main-main sehingga resolusi awal tahun lalu itu belum tercapai. Banyak kemungkinan yang terjadi. Dan tentu saja hanya diri kita yang tahu. Jadi mari jujur pada diri sendiri.
Menurut saya resolusi itu sesuatu yang sangat pribadi. Yang mungkin hanya orang-orang tertentu yang kita beri tahu. Akan tetapi sebuah resolusi sangat diperlukan agar hidup kita lebih memiliki tujuan pasti.

Saya sendiri mulai menulis resolusi di tahun 2011. Sebelumnya target hanya disimpan dalam otak saja. Dan sungguh dengan menuliskan resolusi, cukup membantu langkah kita dalam menentukan tujuan yang hendak kita capai. Sejak saat itu tiap akhir tahun saya selalu menyusun resolusi. Untuk tahun 2012, alhamdulillah beberapa resolusi yang saya canangkan berhasil saya raih.
Dan sebelum menulis resolusi kita tahun depan kita perlu juga merenung sejenak. Karena tidak jarang resolusi yang telah kita tulis menguap di tengah jalan sebelum kita berusaha untuk mencapainya. Mungkin karena ada tujuan lain yang lebih menarik. Selain itu rencana hebat bisa saja kita buat, akan tetapi Tuhan juga yang menentukan segalanya.
Nah, sebelum menyusun resolusi, baca dulu yang ini, :
- Untuk pertama-tama tulislah resolusi di buku diary. Bisa juga di komputer. Print dan tempelkan di tempat pribadi yang mudah terlihat.
- Buat skala prioritas. Mana yang perlu didahulukan. Tentunya sesuai kalender juga.
- Buat langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam mencapai resolusi yang telah kita susun.
- Beri tenggat waktu atau Dead Line. Sangat perlu untuk memaksimalkan usaha kita dalam mencapai resolusi yang telah kita canangkan.
- Buat evaluasi. Sampai sejauh mana keberhasilan dari resolusi yang telah kita tetapkan.
- Berilah reward pada diri sendiri kalau kita berhasil mencapai target resolusi yang telah kita tetapkan.
- Kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dalam mencapai resolusi kita.
- Jangan lupa untuk selalu berdoa, dan tawakal.
Nah, sudahkah menulis resolusi untuk tahun depan. Selamat mengayuh sauh untuk berlayar ke pulau impian. Good luck.

2 komentar: