Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 08 November 2010

DARI LOMBA CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN DI LPMP JAWA TENGAH


Setelah usai final CD Interaktif pembelajaran yang diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 4 November 2010 di LPMP Jawa Tengah, baru sekarang sempat nengok blog. Banyak sekali pengalaman dan ilmu yang baru yang aku peroleh selama dua hari mengikuti kegiatan final lomba pembuatan CD Interaktif pembelajaran. Dan tentu saja ketemu teman-teman baru dari seantero Jawa Tengah yang sangat mengasyikkan. Banyak pengalaman yang rasanya hendak segera dibagi. Namun karena kesibukan dan keterbatasan waktu, hal tersebut belum bisa kulakukan.
Kegiatan lomba hari itu dibuka pada pukul 10 pagi oleh Kepala LPMP Jawa Tengah Bapak Dr. Makhali. Menurut beliau ternyata lomba CD Interaktif yang diselenggarakan LPMP tiap tahun itu tidak hanya menarik minat para guru di Jawa Tengah namun juga sampai kepada para guru-guru dari luar Jawa Tengah. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya permintaan yang masuk dari guru-guru di luar Jawa Tengah untuk dapat mengikuti Lomba Pembuatan Multimedia berbasis komputer. Namun Pak Makhali mengatakan kalau LPMP tetap comith pada tujuan semula.


Sampai hari terakhir pendaftaran yakni tanggal 23 Oktober telah masuk naskah sebanyak 275 buah. Namun hanya 176 peserta yang akan dipanggil mengikuti seleksi final. Alhamdulillah, saya termasuk salah satu peserta yang beruntung.

Seperti niat semula untuk mencari pengalaman, jadi aku berusaha tampil tanpa beban. Dan ternyata karya teman-teman bagus-bagus semua. Penjurian dilaksanakan secara terbuka, sehingga semua peserta bisa mengetahui kelemahan CD pembelajaran ang dibuat. Jadi kita bisa sama-sama belajar. Apalagi para juri ini orang-orang yang sangat berkompeten dalam bidang Multimedia. Ditambah lagi mereka tidak pelit dalam berbagi ilmu dan tip-tip untuk perbaikan CD yang tengah ditampilkan. Jadilah Lomba CD interaktif ini benar-benar merupakan sesuatu yang sangat berarti. Jadi ingin mencoba lagi.

Dan setelah melalui penjurian yang lumayan panjang dan melelahkan, karena kita para peserta harus mengikuti semua sesi sampai selesai, akhirnya tiba juga hari final. Di mana dari masing-masing jenjang TK/SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MAK, terpilih 5 besar sebagai finalis untuk memperebutkan juara 1,2, dan 3. Lagipula sayang kalau ketinggalan pemutaran CD milik teman-teman. Kita tidak bisa belajar. Jadi kita ikuti semua sampai selesai. Alhamdulillah, Demak mengirimkan dua wakilnya untuk final, yakni Bu Wahyuningsih dari SDN Batursari 5 Mranggen dan Bapak Mulyo Utomo dari SMPN 3 Demak.

Acara final dilaksanakan di aula utama dengan disaksikan seluruh peserta dan dinilai oleh semua juri yang berjumlah 9 orang. Wah, persiapan mental banget tuh. Akhirnya dalam suasana hujan deras mengguyur kawasan LPMP final CD interaktif selesai juga.

Di bawah ini adalah nama-nama finalis yang keluar sebagai juara dari setiap jenjang yang diperlombakan:
Jenjang TK/SD:
1. Widhi Astiono dari Kendal.
2. Suryanto.
3. Nur Anisah dari TK Nasima Semarang.
Jenjang SMP/MTs:
1. Feri Adi K
2. Yuka Adi Kristianto
3. Mulyo Utomo dari SMPN 3 Demak.
Jenjang SMA/SMK/MAK:
1. Tri Rusdiono.
2. Fauzan A. Mahanani.
3. Dodi Isdiantoro.

Masing-masing juara mendapat piagam penghargaan, Piala, Laptop dan uang pembinaan dengan besaran 3 juta untuk juara pertama, 2,5 untuk juara kedua, dan 2 juta untuk juara ketiga. Untuk lebih lengkapnya bisa membuka situs LPMP. Juga untuk peringkat lainnya katanya akan di upload. Tunggu saja. Oh ya, salut yang setinggi-tingginya buat TK Nasima, tiap tahun mereka selalu punya juara. Sampai jumpa tahun depan. Insyaallah.

Wasalam.

2 komentar:

  1. Artikel yg bermanfaat....
    salam super Dahsyat dari kami
    produsen CD Interaktif anak
    www.cdedukatif.com
    Hp. 085 726 000 123

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkenan untuk mampir, Pak Afif, :)

      Hapus