Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 20 November 2010

KIAT SUKSES BELAJAR DI UT

Jika tidak ada halangan insyaallah besok tanggal 28 November 2010, aku akan berangkat ke Jakarta untuk menghadiri wisuda yang akan diselenggarakan UT Pusat. Alhamdulillah, purna sudah aku menuntut ilmu di UT. Dan alhamdulillah pula aku lulus dengan IPK sangat memuaskan, 3,86. Tinggian sedikit dibanding saat D2 dahulu.

Hanya sayang nih IPK tinggi tersebut kagak laku buat ngejar target ke CPNS. Soalnya pendaftaran CPNS tutup tanggal 25 November 2010. Sementara saat itu ijazah belum terpegang. Ironis sekali memang. Lagipula hilang sudah kesempatanku walau hanya untuk sekedar ikut melamar buat mengikuti tes. Karena kemarin saya gagal melakukan pendaftaran secara online. Menyesal sekali rasanya. Tetapi itulah yang terjadi. Sementara sesudah ini mungkin tidak ada lagi peluang CPNS untukku karena tahun depan usiaku sudah 35. Kadaluarsa untuk ikut tes CPNS. Nasib.

Menyesal? Sedikit. Saya masih percaya sama Tuhan. Mungkin ada hikmah dibalik semua kejadian ini.

Ohya banyak teman bertanya pada saya, bagaimana saya bisa mendapatkan nilai bagus selama belajar di UT. Mungkin tulisan ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Terlebih yang sedang menjalani perkuliahan di UT.

Seperti kita tahu, UT adalah sebuah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan sistem pembelajaran jarak jauh, di mana mahasiswanya dituntut untuk belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri.

Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.

Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efektif, Mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat.

Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

Untuk urusan modul, percaya dech modul-modul UT dijamin bagus dan sudah memenuhi sandart. Tinggal para mahasiswanya mau baca nggak, mau belajar nggak, mau pintar nggak?

Nah trik saya untuk sukses belajar di UT sederhana saja. Rajin membaca. Begitu saya terima modul, saya sempatkan diri untuk membacanya hingga tuntas. Setelah modul saya baca maka langkah kedua adalah menandainya. Hal-hal yang saya anggap penting untuk saya ketahui saya tandai pakai stabilo. Hal ini bertujuan untuk memudahkan saya belajar. Jadi maaf nih semua buku saya tidak ada yang bersih dari stabilo. Setelah seluruh buku saya tandai maka langkah ketiga adalah menyalinnya. Biasanya saya mengetiknya dan menyimpannya dalam file pribadi saya. Dengan menulis ulang apa yang saya tandai, maka materi dalam modul tidak akan mudah hilang dari ingatan. Dan bila ada hal-hal yang belum jelas maka bisa kita diskusikan di Pokjar bersama teman kuliah atau tutor pendamping. Jika semua langkah telah kita lakukan maka langkah terakhir, biasanya sudah dekat waktu UAS (Ujian Akhir Semester) saya sempatkan diri untuk mengerjakan soal-soal yang ada di modul. Dalam mengerjakan soal saya upayakan untuk tidak melihat materi bacaan, apalagi melihat kunci jawaban. Kalau ingin pintar haram hukumnya. Melihat kunci jawaban dilakukan pada saat semua soal sudah terjawab. Hal itu bertujuan untuk mencocokkan jawaban kita. Dari banyaknya jumlah soal yang dapat kita jawab kita bisa mengetahui seberapa besar kita telah menguasai materi dalam modul.

Dan kiat mendapat nilai bagus saat ujian cuma satu. Percaya diri untuk tidak mencontek pekerjaan teman. Apalagi bertukar jawaban. Terlebih dengan teman yang duduk di depan, belakang, kanan dan kiri kita. Hal ini dikarenakan pada saat koreksi, komputer akan membaca pola jawaban kita. Dan bila pola jawaban kita, terutama yang salah itu sama dengan pola jawaban teman di depan, belakang, kanan, dan kiri kita, maka tak ada ampun lagi, nilai E langsung diberikan. Dan akibatnya mahasiswa harus mengulang di ujian mendatang. Rugi sekali bukan? Rugi waktu, rugi tenaga, dan juga biaya. Semampunya kerjakan semua soal sendiri. Jangan memberikan jawaban kita pada teman. Biar saja dibilang pelit. Kan demi kebaikan bersama. Boleh saja sih ngasih jawaban ke teman kalau kita bener-bener yakin jawaban kita memang betul.

Mungkin banyak teman yang bertanya pula kok kadang nilai ujian tidak keluar. Kalau itu kasusnya mungkin teman-teman ada kesalahan saat mengisikan biodata. Banyak lho yang melakukan kekeliruan itu. Contohnya nih, saat mengisi nomor induk mahasiswa, ada saja yang mengisinya dengan nomor HP, bayangkan saja, betapa lucunya. Ada juga yang mengisi tanggal lahir dengan tanggal ujian berlangsung. Yah namanya juga lupa.

Nah, selamat belajar dan berdoa, jangan sampai dapat nilai E ya. Rugi.

25 komentar:

  1. Hebat banget...jadi pengen...

    BalasHapus
  2. Let's do it. Salam kenal, nur. trim buat atensinya.

    BalasHapus
  3. WAH PINTERNYA QM MBAK

    BalasHapus
  4. trims infonya ya ....

    BalasHapus
  5. mba mau tnya dong, cara menghitung nilai di UT itu gmn ya mba?
    saya sudah mengerjakan tugas2 dr tuton, tapi nilai saya masih jelek mba,,
    sama saya mau tau banyak mengenai TAP.
    bisa d share d email saya ga mba?
    giecayankjustin@gmail.com/ dewianggrainiasianto@gmail.com

    BalasHapus
  6. Hallo.. aku juga mahasiswa UT nih.. hari ini pengumuman nilai ujian 2012.1.. nilai ku selalu jelek-jelek trus tiap semesternya kapan bisa lulus kalo begini T_T
    https://www.facebook.com/iancool.kristian

    BalasHapus
  7. Perjuangan yg brt dgn mendptkn hasl yg bgus,,sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, sukses juga untuk anda PAk, :)

      Hapus
  8. salam kenal mbak, saya baru mendaftar di UT 2013.1 jd msh bingung.. gmn ya mbak cara mendapatkan modul-modul d UT, kalo dibeli dmn dibelinya?....trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Adri Welnida. Modul akan diberikan oleh UT. Itu sudah termasuk paket belajar. itulah enaknya kuliah di UT. MOdul sudah diberikan. Jadi kita tidak perlu pusing-pusing mencari bahan ajar. Dan jangan kawatir modul dari UT itu sudah bersandar internasional. Modul dari UT juga banyak digunakan oleh universitas yang lain. Walau itu sebatas fotocopian. Kalau belum mendapatkan modul, bisa ditanyakan ke penyelenggara setempat. Semoga sukses.

      Hapus
    2. maaf, sekedar menambahkan. Modul untuk jurusan Pendas dan SIPAS memang gratis(sudah termasuk di biaya registrasi). Tapi kalau untuk jurusan lain itu beli bu. terima kasih. silahkan di cek di toko buku Univ Terbuka di http://tbo.karunika.co.id/

      Hapus
  9. mksh bgt buat tips2 nya... smoga Allah kasih kesuksesan buat saya juga Amiennnn

    BalasHapus
  10. good idea.... by ulien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ulien. Salam kenal ya, :)

      Hapus
  11. blog nie bagus banget......

    BalasHapus
  12. ada yang tau cara ngopy/nyimpan file modul ut dari website ut?

    BalasHapus
  13. Bagus, semoga dapat memotifasi yang lain kunjungi di http://penjarakjauh.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. Hetbat 3.8 aku 3 juga susah! Moga mba bisa jadi motivasi untuk para mahasiswa ut lain termasuk saya. Harus mulai memaksa diri sepertinya! Salam kenal mbak

    BalasHapus
  15. Mbak klo non sipas cara belajarnya gmna..apa hrus beli smua buku

    BalasHapus
  16. Mau tanya perihal TAP mbak bisa di bantu?

    BalasHapus