Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Minggu, 15 Januari 2012

DARI WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

Dari tanggal 13 sampai dengan 15 Januari 2012, aku mengikuti workshop peningkatan profesionalisme guru yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Demak. Workshop yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Demak itu dimaksudkan untuk membekali guru-guru yang akan mengikuti PLPG dalam rangka road to setifikasi guru 2012.

Acara diisi oleh narasumber dari IKIP PGRI Semarang. Antara lain Bapak Ngasbun yang menjabat sebagai Ketua Panitia Sertifikasi Jawa Tengah tahun 2012. Peserta dari workshop ini adalah para guru bakal calon peserta sertifikasi 2012. Peserta dalam acara yang diselenggarakan secara swadaya ini diikuti oleh kurang lebih 586 orang dari sejumlah kecamatan di kabupaten Demak.

Materi yang diberikan berkaitan dengan mekanisme sertifikasi 2012 yang kebanyakan ditempuh melalui jalur PLPG. Mulai dari sistem perekrutan sampai dengan pelaksanaan PLPG. Jadi sangat berguna sekali bagi guru-guru yang akan mengikuti sertifikasi 2012. Acara ini sendiri terbagi dalam tiga hari. Hari pertama pendalaman materi tentang mekanisme PLPG dan juga penyusunan PTK dan Silabus.

Hari kedua diisi dengan tugas kelompok. Dan hari ketiga diisi dengan presentasi dari hasil kerja kelompok.materi yang dipresentasikan berupa pembuatan RPP, RKM, dan proposal PTK.

Dalam acara ini sedianya aku kebagian mengisi tentang pembuatan usulan PTK. Akan tetapi dalam undiannya ternyata tidak dapat. Wah, jadi batal tampil deh. Tak apalah. Tapi acara ini sangat berguna. Mudah-mudahan sertifikasi 2012 ini dilancarkan.

Pada pertemuan hari ke-3 pula peserta workshop diajari bagaimana cara membuat RPP yang baik sesua dengan kriteria penilaian di PLPG nanti. Hanya sayang sekali nih, ketika giliran RPP (RKH) untuk satuan pendidikan TK narasumber berterus terang kalau beliau kurang menguasai tentang materi ke-TK-an. Jadi kami dari kalangan pendidik TK tidak mengetahui secara persis bagaimana membuat RKH yang benar menurut kriteria PLPG. Akhirnya kita pun kembali harus membuka permendiknas no 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Kelemahan dari workshop ini juga adanya jumlah peserta yang terlalu besar. Dan peserta yang ada sangatlah heterogen. Ada yang dari pendidik TK, SD, SMP, dan juga Guru Penjaskes. Akan lebih baik lagi kalau peserta hanya dibatasi per kecamatan saja. Dan dipisah untuk tiap jenjang satuan pendidikan. Jadi workshop akan sangat efektif.

Selain itu karena terbatasnya waktu, presentasi untuk model usulan PTK jenjang Taman Kanak-Kanak tidak ditampilkan. Padahal kami juga ingin tahu perihal pembuatan dan susunan proposal PTK yang baik itu seperti apa. Saya tidak tahu apa yang menghalangi ditampilkannya proposal PTK jenjang TK.

Berikut ini adalah kriteria penilaian RPP (RKH) di PLPG:
1. Kejelasan perumusan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku belajar)
2. Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
3. Pengorganisasian mater ajar (berurutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
4. Pemilihan sumber /media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik)
5. Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan dalam pembelajaran awal, inti, dan penutup)
6. Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah terencana, strategi, metode, alokasi waktu) pada setiap tahap.
7. Kesesuaian teknik dengan metode pembelajaran.
8. Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penilaian)
Demikian materi yang dapat saya petik dari hari ke-3 tentang pembuatan RPP untuk PLPG ajang sertifikasi guru . Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar