Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Jumat, 29 April 2011

KKG GUGUS TANJUNG KECAMATAN DEMAK

Hari ini untuk pertama kalinya saya mengikuti KKG di tempat kerja yang baru. KKG dilaksanakan di TK Pamekar Budi Demak. Dalam KKG itu hadir pula pengawas TK/SD Dabin 2 yakni Bpk Muhtarom. Pada kesempatan ini selain memberikan pembinaan kedinasan, Bapak Muhtarom juga mengajak guru-guru semua untuk melakukan instrospeksi diri menjelang hari Pendidikan asional yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

Bapak Muhtarom berpesan sebagai guru hendaknya selalu bertanya pada diri sendiri apa yang telah guru berikan pada dunia pendidikan. Dan bukan bertanya apa yang telah dunia pendidikan berikan kepada saya selama melakukan pengabdian ini. Sebuah pesan moral yang sarat makna. Mengajak guru-guru terutama yang masih berstatus wiyata bakti ini untuk menanamkan sikap ikhlas dalam bekerja. Sebab dengan ikhlas, seorang guru akan lebih all out dalam menjalankan pekerjaan profesinya. Dengan bermodalkan ikhlas Allah akan membalas setiap perbuatan manusia dengan balasan yang tidak dapat diduga darimana datangnya. Dan Allah juga akan menerima amalan seseorang tergantung dari niatnya.

Sebentar lagi adalah tanggal 2 Mei. Yang selalu kita peringati sebagai hari Pendidikan Nasional. Sudahlah pendidikan di negeri ini berhasil dengan baik? Dalam arti sudahkah pendidikan kita berhasil mengangkat derajat manusia di hadapan Allah? Sebab Allah hanya akan mengankat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Dan untuk itu pendidikan agama penting / mutlak diperlukan untuk menjadikan generasi mendatang lebih baik dari pada generasi saat ini.

Untuk menciptakan generasi yang lebih baik sesuai dengan harapan perlu dilakukan:
1. Dimulai dengan mendidik diri kita selaku orang tua. Sebab perkembangan jiwa anak akan terpengaruh dengan apa yang didengar, apa yang dilihat, apa yang dirasa, dan apa yang diraba olah anak dari dunia yang terdekatnya. Maka penting bagi orang tua dan guru untuk mendidik dirinya sendiri.
2. Berilah makan anak-anak kita dari makanan yang halal. Makanan yanghalal mempengaruhi pertumbuhan fisik (jasmani) dan psikis (rohani) anak.

Selain itu Bapak Muhtarom juga mengingatkan guru-guru agar tabah dalam menghadapi setiap cobaan. Sebab cobaan itu akan mendidik manusia unutkmenjadi lebih bijaksana dalam menyikapi kehidupan. Dan orang yang tidak pernah dicoba akan membuatnya menjadi lengah dan kufur terhadap nikmat Allah. Dari setiap cobaan, Allah juga akan selalu menolong dengan memberikan kemudahan. Berupa jalan keluar bagi orang-orang yang bertakwa.

Sikap yang paling baik adalah agar para guru selalu berusaha menebarkan kebaikan. Namun janganlah kita selalu mengingat-ingat kebaikan yang telah kita lakukan. Ingatlah selalu pada perbuatan buruk yang telah kita lakukan. Dan usahakan untuk tidak mengulanginya lagi. Selain itu ingatlah Allah selalu pada saat sedang berbahagia. Agar Allah juga selalu ingat pada kita pada saat kita sedang ditimpa kesusahan.

Sebuah nasehat yang bagus di hari Jum’at ini. Hanya sayangnya beliau tidak bisa berpanjang kata karena harus melakuakn tugas beliau selaku khatib hari Jum’at di Masjid Agung Demak. KKG kali ini benar-benar bermakna bagiku.

Selmat berintrospeksi diri, para guru Indonesia.
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 28 April 2011

Lomba Festival Pemberdayaan Perempuan


Lomba Festival Pemberdayaan Perempuan (Woman Empowerment Festival)

Lomba Essay

Syarat:
1. khusus perempuan
2. Tema dari essay tersebut adalah ¨Kesehatan Perempuan dalam PerspektIf Islam¨
3. Karya yang dikirimkan adalah karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya
4. Setiap peserta diperkenankan untuk mengirimkan karya maksimal tiga.
5. ketentuan sebagai berikut:
ms word, format penulisan, font:times new roman 12, spasi 1,5, margin: kiri 4 cm, kanan, atas, dan bawah 3 cm, A4, sesuai EYD

Lomba Foto SYARAT LOMBA FOTO

1. Khusus perempuan
2. Karya yang dikirimkan bertema “I Am an Inspiring Girls”, yang menjadi fokus penilaian BUKAN OBJEK FOTO, melainkan PERISTIWA dari FOTO tersebut,
3. Karya yang dikirimkan merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan.
4. Karya disimpan dlm format jpg dengan sisi panjang 1500 pixel skala 6.
5. Editing diperbolehkan sebatas saturation, brightness and contras.
6. Semua karya disertai judul dan keterangan maksimal lima kalimat.

Karya dikirimkan dalam bentuk softcopy ke alamat email festifalpemberdayaan perempuan@yahoo.com, atau dapat langsung dikirimkan ke Sekretariat Nurani FKM UI Depok,

Batas akhir pengumpulan 7 Mei 2011 pukul 23.59 WIB

Hasil karya menjadi hak dari panitia

Setiap karya yang dikirimkan harus disertai dengan Nama, No. HP, fakultas, perguruan tinggi.

Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan pada saat acara puncak Festival

Pemberdayaan Perempuan pada tanggal 14 Mei 2011, di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok.

Cp: upik: 087838415044 /lutfiah.upik@gmail.com

Baca Selengkapnya....!

Selasa, 26 April 2011

LOMBA FOTO ASTRA 2011

Deadline: 2 Mei 2011

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra 2011 bertema:
“Pendidikan Dalam Bidikan”

Obyek foto lomba menggambarkan semangat membangun bangsa melalui aktivitas pendidikan dasar,dengan cara yang kreatif dan inovatif namun tidak hanya terbatas pada aktivitas pendidikan dibangku sekolah,salah satunya adalah pendidikan terhadap lingkungan hidup sedari dini.

Syarat & Ketentuan

peserta lomba adalah WNI yang berdomisili di seluruh wilayah kesatuan republik indonesia.
untuk kategori wartawan adalah wartawan indonesia yang bekerja di media masa lokal,nasional,kantor berita asing atau wartawan lepas yang bekerja di media cetak/online di seluruh indonesia.
foto hasil karya sendiri dan belum dipublikasikan atau belum pernah menang dalam lomba
peserta maksimal mengumpulkan 3 foto digital dengan format JPEG (min.300dpi hi-res).foto dikumpulkan dalam bentuk CD dan cetah uk 4R
peseta wajib menuliskan judul foto dan cerita singkat,sertakan nama lengkap,foto copy tanda pengenal dan nomor tlp/hp pada selembar kertas tempelkan pada bagian belakang setiap cetakan foto.Khusus wartawan sertakan foto copoy ID Pers.
karya foto diterima paling lambat tanggal 2 Mei 2011 jam 16.30 WIB
foto merupakan hasil karya selama thn 2010 sampai 2011
foto harus sesuai dengan norma-norma masyarakat dan tidak mengandung unsur SARA,Pornografi,Sadisme dan Sarkasme.
hasil foto merupakan tanggung jawab dari fotografer,termasuk penggunaan model/properti. Panitia bebas dari tuntutan pemlik properti/model yang disertakan dalam lomba foto astra ini.
foto kolase dan montase tidak diperkenankan.Editing diperkenankan hanya sebatas warna,kontras, dodging, burning dan cropping
foto pemenang akan menjadi hak milik panitia dan berhak digunakan untuk kepentingan promosi dan publikasi PT Astra International Tbk
peserta hanyak berhak atas 1 (satu) pemenang,keputusan dewan juri bersifat mutlak,sah dan tidak dapat di ganggu gugat
pengumuman pemenang : 20 Mei 2011 di www.satu-indonesia.com

PANITIA LOMBA FOTO ASTRA 2011
Sekretariat SATU Indonesia
PT Astra International Tbk
Jl. Gaya Motor Raya No 8, Sunter 11
Jakarta 14330

HADIAH LOMBA FOTO ASTRA 2011

peserta umum
juara l : 1 motor honda vario cw
juara ll : 1 kamera Canon EOS 500D
juara lll : 1 iPad
juara harapan untuk 2 orang @ 1 netbook HP Mini
juara Favorit untuk 10 orang @ 1 kamera Canon Powershoot A3100

peserta wartawan
juara l : 1 motor honda vario CW
juara ll : 1 kamera Canon EOS 500D
juara lll : 1 iPad
juara harapan untuk 2 orang @ 1 Netbook HP Mini
juara Favorit 10 orang @ 1 kamera Canon Powershoot A3100

Baca Selengkapnya....!

Minggu, 24 April 2011

BUKU SAYA "PUTRA MAHKOTA YANG HILANG"

Setelah menunggu kurang lebih satu setengah bulan, akhirnya buku solo perdana saya terbit juga di LeutikaPrio. Bagi teman-teman yang menginginkan buku ini cek di leutikaprio.com.


Telah terbit di LeutikaPrio!!!


Judul : Putra Mahkota Yang Hilang
Penulis : Wahyuti
Tebal : iv + 114 hlm
Harga : Rp 30.600,-

Sinopsis:

Pangeran Dananjaya, seorang putra mahkota Kerajaan Magada, adalah seorang pangeran yang manja dan pemalas. Pekerjaannya hanya makan, tidur, dan bermalas-malasan. Suatu hari ketika sang Putra Mahkota sedang berkuda di luar istana, tiba-tiba gempa besar yang disusul gelombang tsunami melanda kerajaan. Sang Pangeran terhanyut dan terdampar di suatu daerah asing yang tidak dikenalnya.

Di tempat yang baru, Pangeran harus bekerja keras untuk bisa makan, karena tak seorang pun penduduk yang mau memberinya makan secara cuma-cuma. Dananjaya akhirnya diterima bekerja oleh Pak Prawira. Di tempat Pak Prawira, Pangeran Dananjaya yang kehilangan ingatannya belajar bagaimana caranya bekerja. Pangeran hidup seperti petani biasa. Dan dia juga telah berubah perangainya. Dia bukan lagi seorang yang pemalas.

Ps : Buku ini sudah bisa dipesan sekarang via website www.leutikaprio.com, inbox Fb dengan subjek PESAN BUKU, atau SMS ke 0821 38 388 988. Untuk pembelian produk-produk dari www.leutikaprio.com minimal Rp 90.000,- GRATIS ONGKIR seluruh Indonesia. Met Order,all!!

Baca Selengkapnya....!

KARTINI MUDA INDONESIA

Dalam rangka memeriahkan hari Kartini Honda mengadakan even pemilihan Kartini Muda Indonesia. Even yang mengandalkan penjurian lewat voting untuk kita semua.

Jadi, yang punya facebook nih, tolong vote saya, ya.

Klik link dibawah ini, dan klik tombol vote.

Semoga Allah membalas kebaikan hati teman semua.


http://www.welovehonda.com/kartinimuda/entry,detail,2059 Terima kasih.

Baca Selengkapnya....!

Naskah LULUS SELEKSI di 101 Cerita Ibu

Alhamdulillah dua naskahku lolos proyek dari Bu Indari Mastuti. Yakni Proyek 101 Cerita Ibu.

Pengumuman ini saya copas dari note beliau di facebook.

Naskah LULUS SELEKSI di 101 Cerita Ibu
by Indari Mastuti on Saturday, April 2, 2011 at 7:54am

Berikut ini adalah nama-nama Ibu serta judul dari peserta 101 cerita ibu yang sudah LOLOS SELEKSI dan akan dibukukan dalam buku 101 CERITA IBU UNTUK ANAK:

CERITA FABEL

1.Dydie Prameswarie, Sharky Mencari Teman
2.Dydie Prameswarie, Paman Jago dan Tiga Anak Ayam
3.Irhayati Harun, Kesabaran Yang Berbuah Manis
4.Siti Jumaroh Aji, Petualangan Muki Si Nyamuk
5.Nanda Julia, Pak Beruang dan lebah Madu
6.Agnes Bemoe, Raja Hutan dan Sahabatnya
7.Anisa Widiyarti, Lomba Lari Yang Diulang
8.Ummi Fadlilah, Kiku, Sahabat Sejati
9.Regantini (Bunda Asa), Sativa dan Melati
10. S. Hastutiningsih (Ayyashiyahya), Kisah Sefi dan Kembi
11. Yurmawita Adismal, Si Kancil dan Siput
12.Sri Wahyuti, Pertolongan Sigung
13. Lia Herliana, Dua Anak Kelinci dan Kacang Ajaib
14. Dewi Cendika ZR, Lili Tidak Sedih Lagi
15. Nia Kurniawati, Hiu Biru Sakit Gigi
16. Asri Andarini, Asal-usul Burung Cenderawasih
17. Dwi Aprilytanti Handayani (Dwi Aprily), Kerang dan Burung Camar
18. Hidayati, Zebi Si Jerapah Kecil
19. Vanda Nur Arieyani, Persahabatan Gajah dan Tikus
20. Grace Marina Sophia Alexandra (Ina Inong), Kisah Seekor Kera dan Burung Pipit
21. Nurul Asmayani, Jo, Gajah Kecil yang Bersyukur
22. Yuli Widyapuri, Si Kancil dan Gajah
23. Lia Herliana, Burung Kecil yang Takut Terbang
24. Ayesha El Himmah, Pelajaran Buat Ichi Kelinci
25. Yulina Trihaningsih, Kero, Sang Juara!

CERITA INSPIRATIF
1. Anisa Widiyarti, Karena Ingin Disebut Kaya
2. Ayesha El Himmah, Pencari Ilmu yang Jujur
3. Siti Jumaroh Aji, Pipilipop Si Tas Lolipop
4. Asri Andarini, Tusam Menyelamatkan Hutan
5. Ari Kurnia Yuristanti, Putri Cacar Air
6. Yuniar Khairani, Ara dan Balon Kebahagiaan
7. Regantini (Bunda Asa), Kepingan Uang Seratus
8. Regantini (Bunda Asa), Digigit Nyamuk
9. Regantini (Bunda Asa), Nasi Bungkus Sang Penggembala
10. S. Hastutiningsih (Ayyashiyahya), Si Penjual Roti
11. Yudith Fabiola, Dollar-dollar Liana
12. Tri Nursanti E.W. (Santi Nuur P.), Indahnya Perbedaan
13. Nurani Widaningsih, Kegelisahan Sang Raja
14. Sri Wahyuni (Cici SW), Rasulullah Merawat Seorang Yahudi Tua yang Buta
15. Vanda Nur Arieyani, Buah Sebuah Kejujuran
16. Sarah Ismullah, Raja, Si Pendayung Cilik
17. Rosita Dani, Senjata Makan Tuan
18. Iffa Ameswari (Iffa Kasuma), Sobirin Si Pemberani
19. Grace Marina Sophia Alexandra (Ina Inong), Si Kembar dan Warisan Timun Mas
20. Grace Marina Sophia Alexandra (Ina Inong), Selendang Bidadari
21. Widayati Lestari (Wida Azzahida), Nasehat Bijak Sang Guru
22. Pritha Khalida, Juheb Si Penjual Kopiah
23. Yulestiani Desy Wulandari, Hilangnya Senyum Mimi
24. Josephine Winda Mustari (Jowindi), Daniel yang Usil
25. Riska Rahayu, Jaka Si Pemberani

CERITA KLASIK
1. Vanda Nur Arieyani, Si Cantik dan Si Buruk Rupa
2. Dydie Prameswarie, Pangeran dan Kacang Polong
3. Dydie Prameswarie, Enam Angsa Jelmaan Putra Raja
4. Dita Ariebowo, Kucing Bersepatu Bot
5. Dita Ariebowo, Baju Baru Sang Raja
6. Shinta Handini, Petualangan Gulliver
7. Wylvera W, Si Bungsu dan Nenek Gergasi
8. Endang Kristin Ningrum (Bunda Aura), Raksasa Hijau dan Serigala Berhati Peri
9. S. Hastutiningsih (Ayyashiyahya), Hans dan Gretel
10. Irhayati Harun, Cinta Dalam Sepotong Roti
11. Dita Ariebowo, Si Rambut Emas di Rumah tiga Beruang
12. Navita Kristi Astuti, Rapunzel
13. Indri Noor, Aladin dan Lampu Ajaib
14. Indri Noor, Alibaba dan Penyamun
15. Tuti Sitanggang, Putri Tidur dan Tujuh Penyihir
16. Sri Yayu Indriyani, Momotaro
17. Sri Yayu Indriyani, Tikus Pe-Sumo
18. Sri Yayu Indriyani, Kakek dan Nasi Kepal
19. Eka Dresti Swaranindita, Si Tudung Merah
20. Eka Dresti Swaranindita, Putri Salju dan Tujuh Kurcaci
21. Eka Dresti Swaranindita, Boneka Kue Jahe
22. Eka Dresti Swaranindita,Tiga Ekor Babi Kecil
23. Shinta Handini, Three Musketeers
24. Resti Nurfaidah, Pesta untuk Cinderela
25. Indri Noor, Pengorbanan Cinta Maid Maleen
CERITA LEGENDA 1. Resti Nurfaidah, Sangkuraka dan Sangkurai
2. Rochima Firmadhonna (RF Dhonna), Semangka Emas
3. Poppy Kristanti, Asal-usul Telaga Warna Merdada, Dieng
4. Rima Ria Lestari (Ria), Kisah Batur dan Raden (Legenda Baturaden)
5. Dydie Prameswarie, Legenda Kota Banyuwangi
6. Dydie Prameswarie, Asal-Usul Selat Jawa-Bali
7. Dydie Prameswarie, Kisah Joko Samudro dan Watu Ulo
8. Dita Ariebowo, Lutung Kasarung
9. Dita Ariebowo, Nyi Anteh dan Candamawat
10. Tuti Sitanggang, Toba dan Ikan Mas Ajaib
11. Tuti Sitanggang, Si Bodoh Mamora
12. Tuti Sitanggang, Tapi Bunga Boru
13. Tuti Sitanggang, Kutukan Sang Ibu
14. Navita Kristi Astuti, Da Kecua Da Kecui
15. Navita Kristi Astuti, Putroe Phang
16. Navita Kristi Astuti, Legenda Keong Mas
17. Indri Noor, Asal-Usul Ikan Patin
18. Indri Noor, Palui
19. Eka Dresti Swaranindita, Asal Mula Gunung Tangkuban Perahu
20. Senny Fitriani, Asal-Usul Ikan Pesut Mahakam
21. Regantini (Bunda Asa), Raja Saketi
22. Afin Murtiningsih, Kisah Terjadinya Buah Pisang Batu
23. Dewi Yas Marina, Bawang Merah dan Bawang Putih
24. Riska Rahayu, Pangeran Palasara Si Lembut Hati
25. Sri Wahyuti, Legenda Bunga Mawar

CERITA PENGANTAR TIDUR
Dewi Cendika, ZR Seorang Gadis Cerdas Bernama Kartini

Semoga dilancarkan dalam proses penerbitan bukunya, Amin.
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 21 April 2011

PERINGATAN HARI KARTINI DI TK MUSLIMAT NU DEMAK


Hari ini tepat tanggal 21 April 2011, TK Muslimat NU mengadakan peringatan Hari Lahir Kartini. Peringatan yang dihadiri oleh TK dan Paly Group Muslimat ini dibuka dengan upacara Bendera. Setelah itu anak-anak yang sebelumnya telah dipesan untuk memakai busana adat mengadakan pentas keserasian berbusana dan Lomba keluwesan. Ada juga lomba menyanyi lagu Ibu Kita Kartini yang diwakili oleh tiap kelas.

Wah lucu sekali melihat anak-anak ini didandani dengan busana adat. Mereka tampak ceria. Walau beberapa ada juga yang tampaknya kurang senang. Pas peragaan busana ada yang kenes, ada yang luwes, ada yang kemayu, ada yang tomboy dan banyak gaya sampai-sampai selop hak tinggi yang dipakai patah. Haduw, seru sekali acaranya. Banyak tawa, terutama bagi para orang tua menyaksikan kelucuan mereka.


Para guru sendiri diharuskan memakai kebaya. Seru juga. Kebaya saya yang hanya keluar pas wisuda dulu kini berfungsi kembali. Kapan lagi, yach. Walau ada juga ibu guru yang dateng tetap memakai celana panjang karena harus naik motor dan kemudian bermetamorfosis di sekolah dengan berkebaya. Asyik juga.

Walaupun saya sendiri rada nggak ngerti kenapa Kartini begitu dihebohkan dan diperingati seperti itu.

Kalau di pikir-pikir apa sih yang telah dilakukan Kartini kecuali menulis surat-surat yang merupakan pemikiran beliau kepada seorang sahabatnya itu. Tapi sepertinya kita telah didoktrinasi tentang ketokohan Kartini. Bahkan sejak jaman kita SD. Yah, seperti ini diharuskan memakai busana adat terus jalan berlenggok seperti peragawati, lomba ketrampilan, dan semacamnya. Dan seperti hari ini peringatan Kartini di TK Muslimat lumayan seru.


 

Empat hari di sini, saya merasa enjoy. Teman-teman kolega pada baik banget. Ada Bu Himatul Millah, teman saya waktu kuliah D2 dulu, ada Bu Musdalifah, ada Bu Hartini sang kepala sekolah, ada Bu Ning yang ternyata teman sekolah tetangga saya, ada Bu Yar yang bu nyai, ada Bu Tutik yang pandai bernyanyi karena sering ikutan lomba pop singer, ada Bu Yah yang paling sepuh sendiri, dan ada pula Bu Lis. Di tambah saya semua ada sembilan pengajar di sini. Harusnya sepuluh karena selain saya da juga guru baru yang satunya. Namun sampai sekarang bu guru yang satu belum juga berangkat. Total peserta didik di sini ada kurang lebih seratus lima puluhan lah. Banyak banget.

Untuk acara selanjutnya piknik akhir tahun yang rencananya mau ke Tiara Park Waterboom di Jepara. Inginnya sih ke WBL Lamongan. Tapi kasihan anak-anak. Jadi cari yang dekat saja. Let’s go piknik!!

Baca Selengkapnya....!

Selasa, 19 April 2011

QUIS ON CASSH


Artikel / sub bab dan judul kisah ringan yang menjadi favorit saya dari antologi CASSH adalah Diet…is so simple

Mengapa saya memilih Diet…is so simple? Saya termasuk orang yang agak sulit menerapkan pola makan yang seimbang. Dalam arti saya termasuk pilih-pilih dalam hal makan. Misalnya saja saya lebih menyukai karbohidrat daripada sayuran. Itu jelas tidak baik. Karena asupan makan dengan menerapkan gizi seimbang itu sangat penting. Tahu teorinya namun dalam prakteknya sangat sulit dilaksanakan.

Pernah mendengar pepatah you are what you eat? Apa yang kita makan menentukan seperti apa diri kita. Apa yang kita makan juga menentukan kesehatan pencernaan kita. Dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seluruh kesehatan kita. Pencernaan yang kurang sehat akan menyebabkan terjadinya beragam penyakit. Seperti kata Rasul segala sumber penyakit berawal dari perut. Untuk itu sangat penting bagi kita menjaga asupan makan berupa gizi seimbang. Salah satu diantaranya adalah mengatur diet kita.

Telah terjadi salah kaprah dalam pengertian diet itu sendiri. Selama ini kita selalu beranggapan bahwa diet itu untuk menurunkan berat badan agar menjadi langsing. Padahal makna dari diet tidak sesempit itu. Diet menurut buku ini adalah pengaturan pola makan untuk tujuan tertentu. Bisa untuk tujuan menurunkan berat badan, menyembuhkan penyakit, dan lain-lain.

Melalui artikel berjudul Diet…is so simpple kita dibimbing bagaimana menerapkan diet yang baik tanpa perlu menjadi tersiksa. Itulah yang sedang ingin saya terapkan. Dan buku 99 % CASSH ini banyak membantu saya dalam usaha tersebut.

Kisah ringan pavorit saya adalah Happy Fatty yang ditulis oleh Linda Nurhayati

Why? Aha, soalnya ceritanya rada-rada mirip dengan kasus saya. Walaupun tidak over weight terlalu banyak, namun saya sering bermasalah dengan menjaga kestabilan berat badan. Akan tetapi saya juga tidak ngotot amat mesti langsing. Emang dari sononya udah gitu. Yang penting berat badan stabil aja. Jadi saya coba nikmati saja. Yang penting happy.

Kesan setelah membaca buku 99 % CASSH

Kesan saya setelah membaca buku 99 % CASSH adalah sangat bagus. Terus terang saya belum pernah membaca buku-buku tentang kecantikan. Kecuali hanya artikel-artikel di tabloid. Itu pun tidak sejelas ini karena biasanya hanya memuat pokok bahasan tertentu.

Dalam buku 99 % CASSH kita diajak memaknai arti dari kecantikan itu secara menyeluruh. Yakni menjadi cantik secara lahir dan bathin. Selain memuat tentang panduan bagaimana menjadi cantik lahir dan bathin, buku ini juga menyajikan pengalaman-pengalaman unik dari orang-orang yang berusaha untuk menjadi cantik. Bahkan bukan hanya menjadi cantik, namun juga sehat dan shalihah.

Selain itu sebagai seorang guru saya dituntut untuk tampil prima di hadapan anak didik. Agar pembelajaran yang saya sampaikan menarik, dan dapat tepat sasaran. Untuk itu perlu bagi saya untuk menjaga penampilan. Bukan hanya penampilan fisik, namun juga kesehatan dan lebih penting lagi memompa inner beauty supaya terpancar keluar.

Sebuah buku yang bagus untuk dimiliki bukan hanya oleh para muslimah, tetapi patut juga dibaca oleh kaum adam. Agar memperoleh kehidupan yang sehat dan seimbang.

Baca Selengkapnya....!

Ikuti KUMCERKU di LeutikaPrio!


Ikuti KUMCERKU di LeutikaPrio!
by Leutika Publisher Dua on Tuesday, April 19, 2011 at 10:11am

Ada belasan file cerpen bertebaran di laptopmu. Ada setumpuk kertas berisi cerpen-cerpen jadul yang hanya kalian tulis, baca dan simpan. Apa kalian suka bertukar cerpen dengan kawan-kawan lain yang juga hobi menulis? Kenapa nggak bikin antologi aja? So, Leutika mengajak kalian yang punya karya untuk ikutan event “Kumcerku di LeutikaPRIO”.

Ketentuan :
1. Add akun Fb Leutika Prio bagi yang belum menjadi teman Fb (wajib)
2. KumCer bertema bebas.
3. Isi naskah tidak mengandung SARA, pornografi, dan belum pernah diterbitkan oleh pihak lain (baik secara massal maupun online).
4. Persyaratan halaman:
Satu naskah terdiri dari minimal 10 cerpen,dengan perkiraan hal masing-masing cerpen 3-4 halaman A4 spasi 1 ½ Times New Roman 12.
10 Cerpen tersebut bisa ditulis oleh MAKSIMAL 5 orang. Jadi tidak harus 1 orang, kok :)
5. Kirim karyamu ke leutikaprio@hotmail.com dengan subjek “KumCerku di LeutikaPRIO”. Lengkapi juga dengan:
a. Sinopsis
b. Biodata (Nama asli, nama pena, tempat tanggal lahir, alamat sesuai KTP, alamat surat, email, alamat fb, no telp/HP yang bisa dihubungi, dan no rekening yang masih aktif)
Jika naskah adalah tulisan lebih dari 1 orang, tetap sertakan biodata seluruh penulis.
Seluruh data tersebut bisa dijadikan dalam satu file : Sinopsis dan Biodata.
6. Mohon untuk meng-attach file dan tidak menaruhnya di badan email. Setiap karya yang dikirim ke selain email di atas, tidak kami data dan kami anggap tidak sah.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya. Ketentuan ini juga berlaku bagi penulis “keroyokan”, hanya boleh menulis untuk 1 judul buku.
8. Posting gambar event & materi lomba di FB masing2. Tag minimal 25 orang. Anda tidak perlu men-tag Leutika.

Hadiah:
Leutika akan memilih 5 (lima) karya terbaik untuk diterbitkan secara GRATIS di LeutikaPRIO dengan paket penerbitan senilai total Rp 2.500.000,-. Pemenang juga mendapatkan 1 eks hasil buku jadi, dan royalti dari penjualan buku.

Selain itu pemenang akan mendapat Paket Buku gratis dari Leutika (judul tidak bisa memilih).

Hadiah buku akan dikirim langsung ke alamat pemenang.

Deadline:
31 Mei 2011 jam 12 malam. (Jangan mepet2 deadline ya :)

Pengumuman Pemenang:
6 Juni 2011 jam 12 siang di website Leutika, LeutikaPrio dan seluruh FB Leutika group.

Mohon dishare ke teman2 lain ya. Maaf tidak bisa tag satu2 :)
Baca Selengkapnya....!

Alamat Redaksi Media Nasional

1. ANTARA
Wisma ANTARA Lt 19-20,
Jl Medan Merdeka Selatan No. 17, Jakarta 10110
Telp. (021) 3459173, 3802383, 3812043, 3814268.
Fax. (021) 3840907, 3865577
Email : redaksi@antara.co.id,
letter@antara.co.id,
newsroom@antara.co.id

2. BERITA KOTA
Delta Building Blok A 44-45,
Jl Suryopranoto No 1 – 9 Jakpus 10160.
Telp. (021) 3803115.
Fax. (021) 3808721
Email : berikot@biz.net.id

3. BISNIS INDONESIA
Wisma Bisnis Indonesia, Lt 5 – 8,
Jl. KH Mas Masyur No. 12 A Jakpus 10220
Telp. (021) 57901023.
Fax. (021) 57901025
Email : redaksi@bisnis.co.id.
SMS : 021-70642362

4. DETIK.COM
Aldevco Octagon Building - Lantai 2
Jl. Warung Buncit Raya No.75, Jakarta Selatan 12740
Telp. (021) 794.1177.
Fax. (021) 794.4472
Email : redaksi@staff.detik.com

5. HARIAN TERBIT
Jl. Pulogadung No. 15,
Kawasan Industri Jaktim 13920.
Telp. (021) 4603970.
Fax. (021) 4603970
Email : terbit@harianterbit.com.
Sms Korupsi : 0817-9124842

6. SENTANA
Jl. Rawa Teratai II/6, Kawasan Industri
Pulo Gadung, Jakarta Timur 13930.
Telp. (021) 4618318
Fax. (021) 4609079
Email : redaksi_sentara@plasa.com,
harianumumsentana@yahoo.com

7. INDOPOS
Gedung Graha Pena Indopos,
Jl Kebayoran Lama No 12 Jakarta.
Telp. (021) 53699556.
Fax. (021) 5332234
Email : editor@indpos.co.id,
indopos@jawapos.co.id.
Sms Anti Korupsi : 08121945429

8. INVESTOR DAILY
Jl. Padang No. 21 Manggarai, Jakarta Selatan.
Telp. (021) 8311326-27,
Fax. (021) 8310939
Email : koraninvestor@investor.co.id

9. KOMPAS
Jl. Palmerah Selatan No. 26-28, Jakarta 10270
Telp. (021) 5347710/20/30, 5302200.
Fax. (021) 5492685
Email : kompas@kompas.com.com

10. KORAN TEMPO
Kebayoran Centre Blok A11-A15,
Jl. Kebayoran Baru Mayestik, Jakarta 12240
Telp. (021) 7255625.
Fax. (021) 7255645, 7255650
Email : koran@tempo.co.id,
interaktif@tempo.co.id

11. MEDIA INDONESIA
Kompleks Deta Kedoya,
Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Jakarta Barat.
Telp. (021) 5812088.
Fax. (021) 5812102, 5812105
Email : redaksi@mediaindonesia.co.id,
Opini : redaksimedia@yahoo.com

12. NON’STOP
Graha Pena, Lt 8 – 9,
Jl. Kebayoran Lama No. 12 Jaksel 12210
Telp. (021) 53699507 ext 20 & 40.
Fax. (021) 53671716, 5333156

13. POS KOTA
Jl. Gajahmada No. 100 Jakarta 11180
Telp. (021) 6334702.
Fax. (021) 6340341, 6340252
Email : redaksi@harianposkota.com

14. RAKYAT MERDEKA
Gedung Graha Pena Lt 8,
Jl. Kebayoran Lama No 12 Jaksel 12210Telp.
(021) 53699507.
Fax. (021) 53671716, 5333156
Email : redaksi@rakyatmerdeka.co.id.
Sms Rakyat Merdeka : 0818167256
Email : dprm_online@plasa.com
BISNIS HARIAN
Telp. (021) 53699534.
Fax. (021) 53699534
Email. : bisnisharian@yahoo.com

15. REPUBLIKA
Jl Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510
Telp. (021) 7803747.
Fax. (021) 7983623
Email : sekretariat@republika.co.id

16. SEPUTAR INDONESIA
Menara Kebon Sirih Lt. 22
,Jl. Kebon Sirih Raya No. 17-19 Jakarta 10340.
Telp. (021) 3929758.
Fax. (021) 3929758, 3927721
Email : redaksi@seputar-indonesia.com.
SMS Sindo : 08888010000

17. SINAR HARAPAN
Jl. Raden Saleh No. 1B-1D Cikini, Jakarta Pusat 10430
Telp. (021) 3913880.
Fax. (021) 3153581
Email : redaksi@sinarharapan.co.id,
info@sinarharapan.co.id, opinish@sinarharapan.co.id

18. SUARA KARYA
Jalan Bangka Raya No 2 Kebayoran Baru Jakarta 12720
Telp. (021) 7191352 dan 7192656.
Fax. (021) 71790746
Email : redaksi@suarakarya-online.com

19. SUARA PEMBARUAN
Jl. Dewi Sartika 136 D Jakarta 13630
Telp. (021) 8014077, 8007988.
Fax. (021) 8007262, 8016131
Email : koransp@suarapembaruan.com.
Sms Forum Warga : 0811130165
E : komentarsp@suarapembaruan.com

20. THE JAKARTA POST
Jl. Palmerah Selatan 15, Jakarta 10270, Indonesia
Telp. (021) 5300476, 5300478.
Fax. (021) 5492685
Email : editorial@thejakartapost.com

21. WARTA KOTA
Jl. Hayam Wuruk 122 Jakarta 11180
Telp. (021) 2600818. Fax. (021) 6266023
Email : mailto:warkot@indomedia.com,
Sms Curhat : 081585490313
Sms Unek-Unek : 081514302389
Sms Kate Aye : 081584317364

22. KCM,
Fax. (021) 5360678,
kcm@kompas.com

23. FORUM KEADILAN
Jl. Palmerah Barat No 23C,
Jakarta Barat 12210
Telp. (021) 53670832.
Fax. (021) 53670832
Email : redaksi@forum.co.id

24. GATRA
Gedung Gatra,
Jl. Kalibata Timur IV No. 15 Jakarta 12740
Telp. (021) 7973535.
Fax. (021) 79196941 - 42
Email : redaksi@gatra.com

25. INVESTOR
Jl. Padang No. 21 Manggarai Jakarta 12970.
Telp. (021) 8280000.
Fax. : (021) 8311329, 83702249
Email : redaksi@investor.co.id

26. KONTAN
Gedung Kontan,
Jl. Kebayoran Lama No 1119 Jakarta 12210.
Telp. (021) 5357636.
Fax. (021) 5357633
Email : red@kontan-online.com

27. PROSPEKTIF
Gedung Teja Buana Lt.2,
Jl Menteng Raya No 29 Jakarta 10340
Telp. (021) 3101427.
Fax. (021) 3102310
Email : info@prospektif.com

28. SWA
Jl. Taman Tanah Abang III/23
Jakarta Pusat 10160
Telp. 3523839.
Fax. (021) 3457338, 3853759
Email : swaredaksi@cbn.net.id

29. TEMPO
Jl. Proklamasi No. 72 Jakarta 10320
Telp. (021) 3916160.
Fax. (021) 3921947
Email : tempo@tempo.co.id

30. TRUST
Jl. KH Wahid Hasyim No. 24 Menteng,
Jakarta 10350
Telp. (021) 3146061.
Fax. (021) 31464111
Email : redaksi@majalahtrust.com

31. WARTA EKONOMI
Gedung Warta, Jl Kramat IV No. 11 Jakarta 10430
Telp. (021) 3153731. Fax. (021) 3153732
Email : redaksi@wartaekonomi.com

32. LAMPUNG POST
Jl. Soekarno Hatta 108 Rajabasa Bandar Lampung
Email : redaksilampost@yahoo.com

33. RADAR LAMPUNG
Jl. Sultang Agung 18 Kedaton Bandar Lampung
Email : radar@lampung.wasantara.net.id

34. SUARA MERDEKA
Jl. Raya Kaligawe KM.5 Semarang
Email : humainia@yahoo.com

35. WAWASAN
Jl. Pandanaran II / 10 Semarang 50241
Email : redaksi@wawasan.co.id

36. BERNAS(Mimbar Bebas)
Jl. IKIP PGRI Sono SewuYogyakarta 55162
Email : bernasjogja@yahoo.com

37. KEDAULATAN RAKYAT
Jl. P. Mangkubumi 40-42 Yogyakarta
Email : redaksi@kr.co.id

38. JAWA POS
Gedung Graha PenaJl. Ahmad Yani 88 Surabaya 60234
Email :

39. PONTIANAK POS
Email : mailto:redaksi@pontianakpost.com

41. PIKIRAN RAKYAT.
Email : rmailto:redaksi@pikiran-rakyat.com

42. KALTIM POST
Email : redaksi@kaltimpost.net

43. BALI POST
Email : balipost@indo.net.id

46. SOLO POS
Griya Solo PosJl. Adi Sucipto 190 Solo
Email : redaksi@solopos.net

47. SURYA
Jl. Margorejo Indah D-108 Surabaya
Email : surya1@padinet.com

48. SRIWIJAYA POST
Jl. Jend Basuki Rahmat 1608 BCD Palembang 30129
Email : sripo@mdp.net.id

49. RIAU POS
Jl. Raya Pekanbaru Bangkinang KM 1,5
Email : redaksi@riaupos.co.id

50. BANJARMASIN POST
Gedung Palimasan Jl. Mt. Haryono 143/54Banjarmasin, Kalsel
Email : bpost@indomedia.com

51. MANADO POST
Email : mdopost@mdo.mega.net.id


sumber: http://alamatmedia.blogspot.com/
Baca Selengkapnya....!

Senin, 18 April 2011

HARI PERTAMA DI TK MUSLIMAT

Hari ini Senin, 18 April 2011 saya resmi menjadi pendidik di TK Muslimat NU Demak. Setelah kemarin pada hari Selasa, 12 april 2011 saya menerima telepon dari pengurus yayasan TK Muslimat yang menyatakan kalau lamaran kerja saya di sana diterima.

Berkali-kali saya mengucapkan syukur atas hal itu. Akhirnya saya memperoleh tempat kerja yang jauh lebih dekat ke rumah. Dan tempat kerja saya yang baru ini terletak dekat jalan raya sehingga mudah dijangkau. Sebuah angan-angan yang lama kuimpikan. Bagaimana tidak. Tujuh tahun saya harus melakukan long journey untuk bisa sampai ke tempat kerja saya yang lama di TK Larasati. Bukan hanya berat diongkos, namun juga berat di raga. Badan menjadi capek semua. Karena setelah naik bisa sejauh 14 km, saya masih harus bersepeda sejauh 3 km. Bisa dibayangkan bagaimana capeknya saya menjalani itu semua. Alhamdulillah semua itu telah berakhir.

Walau awalnya untuk mengambil keputusan pindah pun berat juga. Butuh waktu lama untuk menimbang-nimbang. Karena bagaimanapun saya sudah merasa betah di Larasati. Namun karena kondisi yang tidak nyaman (Kecewa karena tidak lolos sertifikasi, hik,) maka ketika ada tawaran pindah saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Seumpama saya lolos sertifikasi kan bisa meringankan ongkos saya. Maklum sih, soalnya saya hanya guru wiyata. Honor saya sebulan untuk ongkos jalan saya saja sangat kurang. Thank’s to my husband yang mau berbaik hati menanggung ongkos jalan saya selama ini.

Perpisahan dengan teman-teman TK Larasati terutama dengan kolega saya dalam satu kelas, Rini Subaedah, sungguh sangat tidak mengenakkan. Dia sudah seperti adik saya sendiri. Tetapi dia maklum dan mengerti dengan keputusan saya ini. Semoga persaudaraanku dengannya tidak terputus karena aku sudah tidak mengajar satu sekolah dengannya. Sementara dengan teman-teman lain hanyalah sebatas teman kerja saja. Juga anak-anka didik saya, I,m gonna miss you all.

Hari ini pagi-pagi sekali saya harus berangkat ke TK Muslimat. Karena jam kerja dimulai pada pukul 7 pagi. Sementara dulu di TK Larasati jam kerja mulai pukul 7.30. memang ada perbedaan atmosfir kerja. Karena TK di kota kan beda dengan di desa. TK di kota lebih terorganisir dengan baik karena pihak yayasan sangat care dengan perkembangan TK binaannya. Sangat berbeda dengan pemilik yayasan TK di desa yang kebanyakan dimiliki oleh Dharma Wanita. Yayasan TK di desa biasanya membidani kelahiran TK namun untuk selanjutnya si anak ini dibiarkan berjalan sendiri tanpa pernah diurusi. Kabanyakan seperti itu. Sehingga maklum kalau honor guru TK wiyata bakti itu sangat menyedihkan sekali.

Bukan maksud menjelek-jelekkan TK, akan tetapi itu adalah potret nyata yang perlu diketahui oleh para pengambil keputusan pendidikan di negeri ini. Setidaknya ada perhatian untuk guru-guru yang berstatus wiyata bakti ini. Bagaimanapun peranan mereka tidak bisa dianggap kecil dalam memajukan pendidikan di negeri ini. Tanpa guru wiyata bakti ini apa para guru PNS itu bisa menghandle pembelajaran di kelas? Nonsen. Karena dalam satu sekolah biasanya hanya ada satu guru negeri. Sementara dalam satu sekolah itu minimal ada dua kelas yang harus diajar. Apa mereka bisa take semua kelas ini dengan baik? Tidak. Justru para guru negeri ini karena jabatan mereka adalah sebagai kepala sekolah, kebanyakan dari mereka justru sudah lepas mengajar. Artinya tugas mengajar sudah didelegasikan kepada para guru wiyata. Memang ada beberapa guru negeri yang masih aktif mengajar. Salut buat mereka ini. Sebenarnya sih bukan salut, karena mereka memang dibayar untuk tugas itu bukan? Bukannya dibayar untuk main perintah terhadap anak buah yang guru wiyata bakti.

Saya jadi ngelantur ke mana-mana. Hari pertama di TK Muslimat saya diperkenalkan dalam upacara bendera kepada anak-anak. Wah exiting sekali. Lucu melihat anak kecil melaksanakan upacara bendera. Walaupun waktu upacara relatif pendek, namun namanya anak-anak, rentang konsentrasi mereka kan sangat pendek, jadi perhatian mereka cepat sekali teralihkan. Kecuali mereka dipancing dengan sesuatu yang membuat mereka exiting. Dan itu menuntut kreativitas dari para guru. Sebab kalau tidak mereka bubar deh, gak jadi ikut upacara.

Next action, peringatan hari Kartini. Anak-anak sudah diworo-woro untuk memakai baju adat. Seru pasti. Di desa tempat saya mengajar dulu tak mungkin lah program seperti itu dijalankan. Untuk bayar SPP saja mereka pada ngebon setahun baru dibayar dengan memotong tabungan. Lha bagaimana mungkin disuruh nyewa baju adat? Yah, namanya desa sama kota jelas berbeda. Saya juga harus beradaptasi nih, semoga saya bisa menjalankan tugas saya ini dengan baik. Mendidik generasi penerus bangsa.
Baca Selengkapnya....!

Lomba Menulis Essay Bersama Hikari's Pot

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Dalam rangka peluncuran Hikari's Pot Online Shop, diselenggarakanlah Lomba Menulis Essay bagi para perempuan Indonesia. Bertepatan pula dengan bulan April, yang biasa diasosiasikan dengan perempuan, bukan cuma ibu, tapi juga anak dan semua perempuan pada umumnya.

Tuntutan zaman sepertinya telah menyeret sebagian perempuan untuk turut mencari nafkah, mengisi pundi-pundi uang keluarga. Namun banyak diantara mereka yang enggan meninggalkan rumah, sehingga bisnis rumah tangga menjadi salah satu solusi. Lantas, apa, bagaimana dan apa saja tantangan yang dihadapi para perempuan ini dalam menjalankan bisnis rumah tangganya? Menjadi perempuan di era terbuka seperti saat ini memberi banyak kesempatan bagi tumbuh kembangnya potensi dan kreativitas seorang perempuan. Maka tidak heran ketika banyak perempuan yang menggantungkan citanya setinggi langit.

Namun ketika keinginan berseberangan dengan realita, apa yang dilakukan oleh para perempuan ini untuk tetap menggapai citanya? Tuliskan pengalaman Anda, para perempuan Indonesia, berkaitan dengan kedua tema diatas.

Tema: 1. Perempuan dan Bisnis Rumah Tangga
2. Perempuan dan Pencapaian Cita-Cita

Persyaratan:

1. Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau mengambil ide dari karya orang lain.
2. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 karya.
3. Naskah berbentuk essay yang berisi pengalaman pribadi berkaitan dengan tema, diketik dengan format kertas A4, spasi 1, Times New Roman 12. Panjang naskah adalah 1-3 halaman (400-1200 kata).
4. Naskah dan biodata peserta dikirim melalui attachment ke alamat email hikarispot@gmail.com
5. Peserta juga wajib memposting essay dan banner lomba ini dalam catatan facebook, meng-add akun Hikari's Pot http://www.facebook.com/profile.php?id=100002288553812 , kemudian men-tag minimal 10 orang teman (termasuk akun Hikari's Pot)
6. Lomba dibuka mulai Senin, 18 April 2011 dan berakhir Rabu, 27 April 2011 pukul 24.00 WIB.

Kriteria Penilaian :
1. Untuk 3 essay terbaik dan 3 essay harapan, akan dinilai berdasarkan kesesuaian essay dengan tema dan nilai / pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman pribadi peserta.
2. Untuk 1 essay terfavorit, akan dinilai berdasarkan kesesuaian essay dengan tema dan jumlah vote like dari teman dalam catatan facebook.
3. Juri yang akan menilai naskah adalah Leyla Imtichanah, seorang penulis yang telah menerbitkan beberapa buku, yang terbaru diantaranya adalah Pilihlah Aku Jadi Istrimu dan Hati Bidadari.

Hadiah Lomba
1. Essay Terbaik Pertama memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 250.000,
2. Essay Terbaik Kedua memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 225.000,-
3. Essay Terbaik Ketiga memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 200.000,-
4. Essay Terfavorit memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar Rp 175.000,-
5. 3 Essay Harapan memperoleh voucher belanja di Hikari's Pot Online Shop sebesar @ Rp 50.000,-

Pemenang akan diumumkan pada hari Kamis, 5 Mei 2011 di akun Facebook Hikari's Pot Online Shop. Bersama Hikari's Pot, belanja jadi enggak repot.. ^_^

Baca Selengkapnya....!

LMCR-2011 ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD ke 6 tahun 2011

Lomba Menulis Fiksi Paling Bergengsi

LMCR KEMBALI MENGUNDANG ANDA UNTUK BERPRESTASI

Raih Hadiah Total Rp 95 Juta

Syarat-Syarat Lomba

Lomba ini terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori A), SLTA (Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C) dari seluruh Indonesia atau mereka yang sedang studi/bertugas di luar negeri

Lomba dibuka 21 April 2011 dan ditutup 21 September 2011 (stempel pos)

Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek serta aneka rona kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, kekecewaan, harapan, kegagalan, cita-cita, persahabatan, pengalaman unik, petualangan maupun perjuangan hidup)

Judul bebas, tetapi mengacu pada tema Butir 3

Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul. Judul boleh menggunakan bahasa asing

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar dan indah (literer). Bahasa daerah, bahasa prokem, bahasa gaul dan bahasa asing boleh digunakan untuk dialog (bukan narasi)

Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan

Ketentuan naskah:
Ditulis di atas kertas ukuran kuarto atau A-4, ditik berjarak spasi 1,5 spasi, huruf 12 font Times New Roman, margin kiri-kanan rata maksimal 3Cm
Panjang naskah 6 (enam) – 10 (sepuluh) halaman, diprint 3 (tiga) rangkap (copy) disertai file dalam CD
Naskah disertai sinopsis, biodata singkat pengarang dan foto dalam pose bebas ukuran postcard. Lampiran lainnya: Fotocopy KTP/SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa dan Kartu Keluarga (pilih salah satu)
Setiap judul naskah yang dilombakan wajib dilampiri 1 (satu) kemasan LIP ICE jenis atau saja atau segel SELSUN jenis apa saja
Naskah yang dilombakan beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup, cantumkan tulisan PESERTA LMCR-2011 sesuai dengan kategorinya pada bagian kanan atas amplop

Naskah dan persyaratan (Butir e) dikirim ke alamat:
Panitia LMCR-2011 ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City
Bogor 16810 – Jawa Barat

Hasil lomba diumumkan 15 Oktober 2011 melalui website: www.rayakultura.net dan www.rohto.co.id

Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat

Naskah yang masuk ke Kotak Pos Panitia LMCR-2011 menjadi milik PT ROHTO, hak cipta milik pengarangnya

Informasi lebih lanjut silakan e-mail ke: lmcr.kelima@gmail.com

Hasil Lomba dan Hadiah Untuk Para Pemenang

Pajak hadiah para pemenang ditanggung PT ROHTO Laboratories Indonesia

Kategori A (Pelajar SLTP)
Pemenang I – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
Pemenang II – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
15 (lima belas) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) Unit TV

Kategori B (Pelajar SLTA)
Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
Pemenang II – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
15 (lima belas) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
50 (lima puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1(satu) Unit TV

Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)
Pemenang I – Uang Tunai Rp 7.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
20 (dua puluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dariPT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
200 (dua ratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM

Seluruh pemenang mendapat Antologi LMCR-2011 dan Buku TELAGA INSPIRASI MENULIS FIKSI karya Naning Pranoto

Baca Selengkapnya....!

LOMBA NOVELA 2011 (deadline Desember 2011)

Dikutip dari postingan seorang teman di facebook:

Setelah beberapa bulan agak slow, akhir Maret 2011 dengan telah siapnya anggaran baru, maka dengan segenap niat baik, bismillahirohmanirrohim, kami berniat meluncurkan proyek baru untuk lebih memperkaya ilmuiman.net lagi secara lebih cepat dan untuk kemajuan dunia tulis menulis Indonesia pada umumnya. Berlaku sampai 31 Desember 2011, kami meluncurkan "Lomba Novela 2011". Bagi yang sudah biasa akses ilmuiman.net tentu tahu syarat-syarat novela kami, tapi ringkasnya saya tulis lagi saja, ssb:

(1) Penulis: Lomba berlaku untuk penulis Indonesia atau penulis asing yang bisa berbahasa Indonesia. Nulisnya kolaborasi juga boleh, tidak mesti satu orang. Tiap penulis (atau tim penulis) mesti memilih satu nickname yang unik (tidak sama dengan sudah ada) dan punya email address yang konsisten, cukup umur (dan punya rekening bank di Indonesia untuk nanti menampung honornya), dan boleh mengirimkan novela lebih dari satu (banyak juga boleh). Penulis/kontributor ilmuiman yang sudah terdaftar (dan kami tahu tulisannya oke punya) akan diprioritaskan untuk dievaluasi duluan.

(2) Tema: Seperti biasa,
(a) Mesti tema percintaan (romance);
(b) Mesti mempromosikan keluhuran budi atau akhlak yang baik; dan
(c) Walaupun tidak mesti happy ending, ilmuiman.net lebih suka "sweet story", menyiarkan optimisme. Di luar itu, kalau memang tulisannya bagus bener, akan ditayangkan juga, tapi nggak janji. By the way, kalau sifatnya heavy reading, penuh filosofi yang berat-berat, dipastikan akan di-reject. Sorry.

(3) Format File:
(a) Ditulis dalam format .txt (plain text).
(b) Per bab, disave dalam file .txt tersendiri dengan nama 01.txt untuk bab 1, 02.txt bab 2, dst.
(c) Dilengkapi dengan 'frame novela', 00.txt (berisi halaman judul, sinopsis, daftar isi, dan lain-lain tambahan informasi sebagaimana lazimnya di ilmuiman.net).
(d) Kesemuanya lantas di-zip ke dalam satu file, dan dikirimkan via email ke sawibisono@yahoo.com dengan subject "LOMBA NOVELA 2011: QQQ" (dimana QQQ adalah judul novela).

(4) Format Tulisan:
(a) Tulisan diketik rapih (sesuai standar ejaan Bahasa Indonesia yang lazim);
(b) Boleh dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, Sunda, atau campuran keempat bahasa itu;
(c) Judul bebas, tapi novela mesti terdiri dari minimal 5 bab, maksimal 20 bab. Lebih dari 20 bab, hendaknya displit menjadi beberapa novela;
(d) Tiap-tiap bab mesti seperti lazimnya bab di novela di ilmuiman. Yaitu, ringkasnya: tiap bab mesti diberi judul bab, ukuran bab berukuran relatif pendek, tapi tidak terlalu pendek (ie. 10-20KB kalau disave dalam format .txt).
(e) Diasumsikan ceritanya fiksi/fiktif. Otherwise, andai kisah nyata, atau terinspirasi dari kisah nyata, silakan saja diinformasikan. Isi adalah tanggung jawab penulis.

(5) Pemenang: Yang menang adalah yang tayang. Targetnya minimal 20 judul novela (untuk 2011). Kalau sebelum akhir tahun sudah tercapai 20 judul; dan anggaran masih tersedia (insya Allah rejeki darimana saja), maka akan ada tahap berikutnya (for the next 20 novelas). Honor pemenang seperti lazimnya novella di ilmuiman. Ilustrasinya: novella 5 bab yang sesuai syarat di atas akan dapat honor 25rb + 5x40rb = Rp. 225rb. Sedangkan novella 20 bab (sekitar 80 halaman kalau diprint) akan dapat 25rb + 20x40rb = Rp. 825rb. Jadi, kalo novelnya kelas berat (full-size), sebangsa 400 halaman A4, maka mesti dikemas ulang menjadi sekitar 5 novela dan akan dapat honor sekitar 5 x 825rb = Rp. 4,125 juta. Not bad-lah, iya kan?

(6) Syarat Lain: Selengkapnya, syarat lain adalah seperti biasanya. Kalau belum tahu, atau lupa, bisa dibaca artikel Penayangan Novela ilmuiman.net (Sudah dibuat sejak dulu, dan masih berlaku). Kalo udah tahu, yang ini nggak usah dibaca lagi (Ya iyalah!).

Keputusan redaksi/juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat. Korespondensi cuma dijawab kalo sempat (nggak janji). Redaksi akan menayangkan (sesuai suka-sukanya, dan sesuai kelonggaran waktu) setelah novel diterima (accepted) dan diproses, tidak menunggu tahun 2012 (kelamaan!). Honor diberikan tidak lama setelah novel tayang (Tidak nunggu sampai tahun 2013! Jelas tidak).

Selamat berkarya. Kami mengundang kontribusi anda. Doa kami mengiringi. Semoga semua kita dikaruniai kebaikan dan kebahagiaan. Salam,

Bandung, 30 Maret 2011, Redaksi ilmuiman.net

Link : http://ilmuiman.net/story/bacasmart.php?teks=ADM%2FLombaNovel.web
Baca Selengkapnya....!

ALHAMDULILLAH, NASKAH INSPIRING TEACHER SAYA LOLOS

Mengutip postingan dari Bapak Sismanto Hs selaku PJ Naskah Inspiring Teacher.

Semoga naskah dalam calon buku ini benar-benar dapat menginspirasi guru-guru semua dan juga membawa secercah harapan bagi pendidikan di Indonesia. Selamat kepada para penulis, kontributor naskah inspiring teacher . . .

Inspiring Teacher

Bismillahirahmanirrahim Assalamu’alaikum wr. Wb.

Buat teman-teman, kolega, dan pengirim naskah "inspiring teacher" purna sudah hasil meditasi saya, mengkaji, meneliti satu persatu naskah yang layak dimasukkan dalam buku "inspiring teacher" bersama beberapa orang yang terlibat dalam proyek ini.
Hampir seratus (100) naskah yang terkirim ke email saya menyatakan keikutsertaannya dalam pembuatan buku ini. Harapan saya semua naskah dapat masuk dalam antologi ini, tapi tidak semua naskah bisa dimasukkan. Tentu saja kita ingin bahwa buku “inspiring teacher” ini harus berbobot dan bermutu sebagai bagian dari karya para guru Indonesia. Beberapa kriteria yang membuat naskah lolos dalam proyek ini adalah tulisan berbentuk narasi, ngeblog, dan tentu saja inspiratif sesuai dengan tema yang saya usung diawal pengumuman. Sementara naskah yang tidak diikutkan dalam saya terima kebanyakan berbentuk cerita pendek (cerpen) dan kurang fokus pada tema atau saya minta revisi sampai deadline belum terkirim ke email saya. Untuk itu, saya ucapkan SELAMAT kepada para penulis (kontributor) yang namanya lolos dalam proyek ini. Bagi yang belum lolos, tidak perlu khawatir insyaallah satu atau dua bulan ke depan saya akan mengadakan audisi lagi, baik melalui pengayaan tema isnpiring teacher maupun tema-tema yang lain yang lebih menarik. Adapun pengirim naskah yang naskahnya “LOLOS” dalam proyek ini berdasar abjad adalah sebagai berikut:

No, Penulis, dan Judul Naskah
1 Aina Al-Azmi ( Perjalanan Menjadi Seorang Guru)
2. D. Dudu Abdul Rahman (Ruang Ekspresi Siswa untuk Menulis)
3. Dwi Dessy Pratiwi (Be a Teacher, Why Not?)
4. Eka Dirnawati (Antara pendidik dan Peniru)
5. Endah Wulandari ( Guru Pembelajar)
6. Erni Nuraeni (Dari Lubuk Hati)
7. Ernofalina (Kuingin Jadi Guru Hebat)
8. Erny Ratnawati (Enam Belas Murid di Kelas Istimewa)
9. Fiyan Arjun (Ayo, Siapa Yang Mau Menjadi Penulis)
10. Hesti Daisy (Aku dan dunia mereka)
11. Hilal Ahmad (Guru, Haruskah Ia Begitu?)
12. Imam Syafii (Burung Tiung dan Ikan Patin)
13. Inge Inggrid (Menjadi Guru dan Sahabat Anak)
14. Inggar Saputra (Guru Sukarelawan)
15. katrin puspita (Aku Mau Jadi Guru)
16. Muhammad Irfan Abdul Aziz (Meniti Kerikil Jalanan)
17. Nanok Triyono (Menggugat Paradigma “Ngabdi” guru)
18. Niken Larasati (Pena Van Simpang)
19. Nur Fatimah Sari (Mengapa Harus Guru ?)
20 Nurik Khikmawati (Muridku, Guru Bagiku)
21. Oci Yonita Marhari (Belajar dari Ibu)
22. Puri Tosana (Bukan Guru Pilihanku)
23. Rif’an al Hasani (Mengajar dengan Hati)
24. Sabil Ananda (Guru terbaik dalam hidupku)
25. Sri Indrianti (Nekad Jadi Guru)
26. Subhan Al Banjari (Guru Berbisnis, Potret Suram Dunia Pendidikan)
27. Syaira Az-zirnikh (Will Be A FriendlyTeacher)
28. Tiya Radam (Terperosok ke Dunia Luar Biasa)
29. Tsuraya Widuri (Sebongkah Cinta untuk Murid Istimewa)
30 Wahyuti (Nasib Guru Wiyata)
31. Yurmawita Adismal (Aku masih belajar)

Semoga menjadi buku yang bermanfaat ...Amin

Wssalamu’alaikum wr. Wb.

Sangatta, 17 April 2011

Salam,
Sismanto

http://mkpd.wordpress.com/
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 14 April 2011

MISTERI KEMATIAN

Innalillahi waina illahi rojiun

Kematian itu sungguh suatu misteri yang tidak dapat kita duga. Ia pasti datang, namun waktunya sungguh terkadang di luar praduga kita.

Seorang anak yang pagi tadi masih berlari-lari lincah, tiba-tiba sore ini ditemukan tewas terbenam di sungai. Sungguh suatu berita buruk yang tak terkatakan pedihnya. Namun orang-orang mengatakan kematian selalu memiliki tanda-tandanya sendiri. Itu pun bagi orang yang sensitif mau berpikir. Terkadang tanda-tanda itu diabaikan begitu saja. Dan ketika telah terjadi kita membuat suatu hubungan-hubungan yang kiranya bisa masuk di akal kita.

Seperti anak ini setengah bulan terakhir dia tiba-tiba menjadi sangat rajin beribadah. Tiap hari tidak ketinggalan selalu melaksanakan sholat berjama'ah di masjid dekat rumahnya. Dan dia berangkat seorang diri karena sang ayah yang menjadi sopir tidak mungkin selalu menemani buah hatinya pergi sholat berjama'ah. Sungguh tetangga kanan kiri sampai terheran-heran. Akan ada apa sehingga anak ini sedemikian rajin pergi ke masjid. Siang malam dia pergi shalat ke masjid, sendirian. Dia hanya ketinggalan sholat Subuh karena mungkin belum bangun.

Dan akhir-akhir ini dia banyak bertanya tentang kematian pada ibunya. Dia bertanya orang mati itu enak atau tidak. Subhanallah. Dia juga minta dibelikan peci dan sajadah yang baru. Oleh ibunya kemudian dibelikan. Dan sajadah baru itu baru dipakainya sekali.

Kemudian cerita masih berlanjut. Semalam sebelum kematian menjemputnya tumben dia tidak pergi sholat ke masjid. Dan ketika tetangga bertanya kenapa tidak pergi sholat? Apa jawabnya? Katanya dia sedang malas. Rasanya lelah dan ingin berhenti. Ya Allah, apakah itu semua merupakan tanda-tanda?

Aku pun tak bisa berkata-kata mendengar cerita tentang ini semua. Teruntuk sepupuku, Dwi Prasetyo, 5 tahun. Selamat jalan. Semoga kau tenang disisi-Nya. Dan semoga Allah menganugrahimu surga. Untuk Bulik Mar dan keluarga semoga selalu diberi ketabahan.
Baca Selengkapnya....!

Lomba Menulis bertemakan Islam dan Wanita

Deadline 2 Mei 2011

GEBYAR KEMUSLIMAHAN IMM KI BAGUS HADIKUSUMO UNS 2011
MELEJITKAN SRIKANDI MUSLIMAH CERDAS, KRITIS DAN PEDULI UNTUK
MENJAWAB TANTANGAN ZAMAN

Dalam Rangka Gebyar Kemuslimahan IMM Ki Bagus Hadikusumo UNS, menggelar Lomba Menulis bertemakan Islam dan Wanita, adapun detailnya adalah sebagai berikut Lomba Menulis Tentang Islam dan Wanita

Tema : Islam dan Wanita

Sub Tema:
v Keadilan Islam Bagi Wanita
v Tentang Muslimah Berkarir
v Anggunnya Jilbabmu
v Untukmu para Muslimah Pendakwah
v Betapa Islam memuliakan wanita
v Mereka Muslimah pengukir sejarah
v Islam memaknai kesetaraan
v Karena Wanita tiang Negara
v Bahasan lain terkait tema besar, diperbolehkan

Ketentuan Lomba

1. Peserta lomba terbuka baik muslim/muslimah dan tidak dibatasi usia
2. Peserta boleh memilih salah satu sub tema diatas , atupun mengangkat judul yang masih terkait dengan tema besar
3. Tulisan, ditulis dengan font 12 TNR spasi 1.5 .kertas A4. maksimal 3 halaman
4. Tulisan menyertakan data diri/biografi singkat penulis karya dan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi. Karya dikirimkan paling lambat tanggal 2 Mei 2011, ke alamat email: lombamenulisimm@yahoo.co.id
5. Peserta lomba wajib mengcopy content lomba dari blog IMM http://imm-uns.blogspot.com Dan men-tag content lomba tersebut ke minimal 25 teman dalam facebook.
6. Lomba tidak dipungut biaya alias gratis 100%
7. Setiap pengirim tulisan berhak untuk mendapatkan sertifikat penghargaan
8. Pengunguman pemenang lomba oleh panitia akan diumumkan Sabtu, 7 Mei 2011
9. Dua Pemenang berhak mendapatkan tropy-plakat-piagam dan paket bingkisan menarik yang disediakan sponshor dan panitia. 2 pemenang dan 10 karya terbaik yang masuk akan mendapatkan piagam serta di cetak dan dibukukan dalam antologi bersama yang dirangkaikan bersama tulisan tulisan terpilih hasil karya Pimpinan dan Kader IMM Ki Bagus Hadikusumo UNS.
10. Segala info terkait lomba, dapat menghubungi panitia . Cp ( 085642488501)
11. Keputusan juri, tidak dapat diganggu gugat

INFO LOMBA : http://imm-uns.blogspot.com / FB IMM : IMM UNS
Baca Selengkapnya....!

BEGADANG MENUNGGUI AIR MENGALIR

Air merupakan kebutuhan yang teramat penting. Sehingga di mana pun keberadaannya akan selalu diburu. Siapa sih yang sanggup hidup tanpa air?

Namun jaman sekarang ini untuk mendapatkan air bersih sangatlah susah. Bahkan untuk yang tinggal di desa seperti saya sekali pun. Gimana, ya, air sungai sudah tercemar sampah, sementara sumber air jarang ada. Kalau pun ada airnya keluar asin. Sedangkan air PAM juga belum sampai ke tempat saya. Bingung jadinya.

Hingga akhirnya mengebor sumur artesis. Lumayan lancar. Tapi sumur itu hanya bertahan sepuluh tahun. Dengan air sedikit asin, tak mengapa, yang penting bersih. Kan untuk mandi cuci doang. Sedangkan untuk minum beli air refill. Mungkin karena semua warga menggunakan air artesis, akibatnya sumber air tanah itu pun mengering. Terlebih jika musim kemarau. Dijamin tidak keluar barang setetes pun. Jika masih maksa menggunakan sumur artesis harus ada tambahan biaya, yakni sumur diperdalam, dan biaya juga lebih mahal karena pompa lebih besar. Dan kebutuhan listrik juga bertambah.

Mau tidak mau karena sumur artesis mengering dan proyek PAM belum sampai, maka kami dengan terpaksa mengambil air dari sungai. Yah jijai juga pada awalnya. Tapi terpaksa. Itu pun setelah melalui penyaringan selama berkali-kali. Saringan pertama dimulai dari ujung pipa di sungai, setelah itu pakai saringan dengan pasir dan arang, lalu lanjut disaring dengan filter khusus air. Keluarnya jadilah air bening yang layak untuk dipakai. Namun sebagai konsekuensinya kami harus sering-sering mengganti filter air. Karena baru dua hari di pasang filter sudah bumpet.

Alhamdulillah, seminggu yang lalu proyek Pam sampai di desaku. Tanpa pikir panjang kami langsung daftar. Tak lama dipasang dan harapan untuk mendapat air bersih pun mekar sudah. Tapi eih, ternyata kalau siang air PAM kok nggak mengalir ya? Apa karena letak rumahku yang ada di desa, jauh dari tampungan PAM sehingga kami tidak kebagian air? Mungkin begitu. Karena air PAM hanya mengalir di waktu malam. Jam 9-an air PAM baru mengalir. Kalau dipikir saat itu kan penduduk kota sudah tidak mempergunakan air.

Jadinya tiap malam kami begadang menunggui air mengalir. Kalau tidak dijamin kami tidak akan bisa mandi keesokan hari kecuali mau nyemplung ke sungai langsung. Wah, kalau begitu setiap malam bisa rusak raga ini. Bayangkan kami harus mengisi setiap tempat dengan air. Sebab kalau tidak besok kami akan kekurangan air. Lalu oleh suami biar kami tidak begadang terus dibuatlah tampungan dengan keran otomatis yang bisa berhenti ngalir sendiri.

Lumayan, sekarang sudah tidak begadang lagi. Walau air masih tetap mengalir malam hari. Terkadang bahkan tengah malam. Oh air….
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 13 April 2011

Lomba Novel DKJT 2011

Hai para penulis di Jawa Tengah, ada lomba menarik nih, ikutan, yuk...

Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) akan mengadakan Sayembara Penulisan Novel 2011. Sayembara ini merupakan program Komite Sastra DKJT tahun ini, dan diharapkan bisa menjadi rangsangan bagi kreativitas pengarang Jawa Tengah dalam penulisan novel.

Ketua Komite Sastra DKJT Mukti Sutarman mengatakan, melalui lomba ini DKJT berharap agar novel-novel terbaik lahir dari para pengarang Jateng, baik yang telah punya nama maupun pemula.

"Adapun syaratnya yakni, antara lain peserta adalah warga negara Indonesia yang tinggal di Jateng dan dibuktikan dengan foto kopi KTP. Selain itu, naskah belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutkan dalam sayembara serupa, " kata Mukti yang juga ketua panitia pelaksana, Rabu (6/4). Mukti juga menambahkan, naskah agar ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik. Karya asli, bukan saduran, bukan pula jiplakan. Panjang naskah minimal 100 halaman kuarto, 1,5 spasi, huruf times new roman 12 pt. "Adapun untuk tema bebas," tambahnya.

Untuk para peserta, lanjut Mukti, diharapkan menyertakan biodata dan alamat lengkap dalam lembar tersendiri, di luar naskah. Empat salinan naskah yang diketik dan dijilid dikirim kepada Panitia Sayembara Menulis Novel DKJT 2011, PKJT, Kompleks Puri Maerakaca, Tawang Mas, Semarang.

Sedangkan batas akhir pengiriman naskah 5 Mei 2011 (cap pos atau diantar langsung). Dalam sayembara ini disediakan hadiah sebesar Rp 7,5 juta untuk pemenang pertama, Rp 5 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 2,5 juta untuk pemenang ketiga. Sedangkan untuk tiga pemenang harapan masing-masing mendapatkan Rp 1,5 juta.

"Naskah lomba akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Yudiono KS, Triyanto Triwikromo, dan S Prasetyo Utomo. Sayembara ini tertutup bagi pengurus DKJT," terangnya.
Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 09 April 2011

TransMedia Terima Naskah

Transmedia Pustaka menerima naskah dari penulis-penulis lokal. Naskah-naskah tersebut harus merupakan naskah asli, bukan saduran maupun terjemahan. Untuk kategori non fiksi, kami berminat pada naskah-naskah panduan (how-to) di peluang usaha, bisnis, manajemen, dan kesehatan.

Naskah asli, bukan saduran maupun terjemahan. Badan naskah menggunakan huruf (font): Times New Roman ukuran 12, spasi satu. Menggunakan bahasa Indonesia. Isi dan materi yang disertakan dalam naskah tidak melanggar Hak Cipta pihak lain. Naskah dilengkapi dengan profil, alamat lengkap,dan nomor telepon penulis yang bisa dihubungi. Dikirimkan dalam bentuk cetak (hardcopy) ke alamat:

Redaksi TransMedia Pustaka
Jl. H. Montong No. 57, Ciganjur-Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630
Tlp: 021. 788 83030, Faks: 021. 727 0996

untuk e-mail ke redaksi@transmediapustaka.comAlamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Seleksi Naskah

Seluruh naskah dan proposal naskah yang kami terima akan melalui proses seleksi. Penulis dan pengaju proposal naskah akan mendapatkan informasi mengenai status naskah/proposal naskahnya selambat-lambat 3 bulan dari tanggal penerimaan naskah/proposal naskah. Naskah yang tidak lolos seleksi akan dikembalikan ke alamat yang dicantumkan oleh penulis.
Baca Selengkapnya....!

Bentang Pustaka

Kirim Naskah Novel ke Bentang Pustaka

Semoga bermanfaat buat kamu yang suka bikin novel!

1. Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Bentang Pustaka?

Pengiriman naskah bisa dalam bentuk hard copy (via pos) atau soft copy (via email).

Naskah dikirim via pos ke alamat :

PT. BENTANG PUSTAKA
JL. Pandega Padma No.19
Yogyakarta 55284
Telp. 0274-517373
Atau via E-mail (dalam bentuk lampiran) ke alamat : bentangpustaka@yahoo.com

2. Apa kriteria naskah yang diterima Bentang Pustaka?
a. fiksi/ non-fiksi dengan tema menarik, up to date, dan unik
b. menceritakan kehidupan masa kini
c. tidak mengandung unsur pornografi
d. tidak berpotensi menimbulkan/memicu konflik SARA

3. Bagaimana format pengiriman naskah ke Bentang Pustaka?
Naskah diketik di kertas kuarto. Panjang naskah minimal 200 halaman spasi dua.
Naskah dikirimkan beserta biografi lengkap penulis, sinopsis, dan nilai lebih karya.

4. Berapa lama penilaian karya untuk memberikan pemberian keputusan?
Idealnya keputusan diberikan maksimal 1 bulan. Tetapi, waktu tersebut tidak dapat menjamin karena begitu banyaknya naskah yang masuk ke redaksi Bentang Pustaka baik melalui e-mail maupun pos.

5. Bagaimana cara mengetahui apakah naskah diterima atau tidak?
Penulis dapat menghubungi pihak Bentang Pustata baik melalui e-mail atau telepon dengan menyebutkan judul naskah dan kapan naskah dikirim.

6. Bagaimana nasib naskah yang tidak diterima oleh Bentang Pustaka?
Apabila naskah berbentuk hardcopy, naskah akan dikembalikan ke alamat penulis beserta surat resmi dari Bentang Pustaka. Apabila naskah dikirim melalui e-mail, keputusan akan dikirim melalui e-mail.

Baca Selengkapnya....!

Rabu, 06 April 2011

10 RESEP SUKSES BANGSA JEPANG.

10 RESEP SUKSES BANGSA JEPANG.

Isa Alamsyah 13 April jam 17:58

Salam bisa!

Saya kebetulan lihat artikel yang dishare agung Pribadi dan cukup menarik untuk dibaca.

Sekalipun Jepang tidak dibahas di buku No Excuse, akan tetapi di buku tersebut dibahas negara-negara yang menjadi makmur sekalipun awalnya kecil dan miskin. Mereka sukses karena tidak menggunakan excuse sebagai hambatan. Sebaliknya ada negara yang kaya ternyata rakyatnya tidak makmur. Negara manakah? Anda akan takjub membacanya. Silahkan baca buku No Excuse untuk tahu jawabannya.

10 RESEP SUKSES BANGSA JEPANG.

diambil dari share Agung Pribadi yang dikutip dari http://www.intersat.net.id/forum/index.php?showtopic=190

1. KERJA KERAS
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras.
Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang.
Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan "agak memalukan" di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk "yang tidak dibutuhkan" oleh perusahaan.

2. MALU
Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena "mengundurkan diri" bagi para pejabat (mentri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

3. HIDUP HEMAT
Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan.Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, saya sempat terheran-heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarket pada sekitar jam 19:30. Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwa supermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelum tutup. Seperti diketahui bahwa Supermarket di Jepang rata-rata tutup pada pukul 20:00.

4. LOYALITAS
Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan. Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampai pensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang garapan (core business) perusahaan.

5. INOVASI
Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony, patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics. Tapi yang berhasil mengembangkan dan membundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah Akio
Morita, founder dan CEO Sony pada masa itu. Sampai tahun 1995, tercatat lebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk. Teknik perakitan kendaraan roda empat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika. Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.

6. PANTANG MENYERAH
Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah. Puluhan tahun dibawah kekaisaran Tokugawa yang menutup semua akses ke luar negeri, Jepang sangat tertinggal dalam teknologi. Ketika restorasi Meiji (meiji ishin) datang, bangsa Jepang cepat beradaptasi dan menjadi fast-learner. Kemiskinan sumber daya alam juga tidak membuat Jepang menyerah. Tidak hanya menjadi pengimpor minyak bumi, batubara, biji besi dan kayu, bahkan 85% sumber energi Jepang berasal dari negara lain termasuk Indonesia . Kabarnya kalau Indonesia menghentikan pasokan minyak bumi, maka 30% wilayah Jepang akan gelap gulita Rentetan bencana terjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki , disusul dengan kalah perangnya Jepang, dan ditambahi dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo . Ternyata Jepang tidak habis. Dalam beberapa tahun berikutnya Jepang sudah berhasil membangun industri otomotif dan bahkan juga kereta cepat (shinkansen). Mungkin cukup menakjubkan bagaimana Matsushita Konosuke yang usahanya hancur dan hampir tersingkir dari bisnis peralatan elektronik di tahun 1945 masih mampu merangkak, mulai dari nol untuk membangun industri sehingga menjadi kerajaan bisnis di era kekinian. Akio Morita juga awalnya menjadi tertawaan orang ketika menawarkan produk Cassete Tapenya yang mungil ke berbagai negara lain. Tapi akhirnya melegenda dengan Sony Walkman-nya. Yang juga cukup unik bahwa ilmu dan teori dimana orang harus belajar dari kegagalan ini mulai diformulasikan di Jepang dengan nama shippaigaku (ilmu kegagalan). Kapan-kapan saya akan kupas lebih jauh tentang ini

7. BUDAYA BACA
Jangan kaget kalau anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran.
Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Banyak penerbit yang mulai membuat man-ga (komik bergambar) untuk materi-materi kurikulum sekolah baik SD, SMP maupun SMA.
Pelajaran Sejarah, Biologi, Bahasa, dsb disajikan dengan menarik yang membuat minat baca masyarakat semakin tinggi. Saya pernah membahas masalah komik pendidikan di blog ini. Budaya baca orang Jepang juga didukung oleh kecepatan dalam proses penerjemahan buku-buku asing (bahasa inggris, perancis, jerman, dsb). Konon kabarnya legenda penerjemahan buku-buku asing sudah dimulai pada tahun 1684, seiring dibangunnya institut penerjemahan dan terus berkembang sampai jaman modern. Biasanya terjemahan buku bahasa Jepang sudah tersedia dalam beberapa minggu sejak buku asingnya diterbitkan.

8. KERJASAMA KELOMPOK

Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalu bersifat individualistik. Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompok tersebut. Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya juga seperti itu, mengerjakan tugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok. Kerja dalam kelompok mungkin salah satu kekuatan terbesar orang Jepang. Ada anekdot bahwa "1 orang professor Jepang akan kalah dengan satu orang professor Amerika, hanya 10 orang professor Amerika tidak akan bisa mengalahkan 10 orang professor Jepang yang berkelompok" . Musyawarah mufakat atau sering disebut dengan "rin-gi" adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam "rin-gi".

9. MANDIRI
Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Irsyad, anak saya yang paling gede sempat merasakan masuk TK (Yochien) di Jepang. Dia harus membawa 3 tas besar berisi pakaian ganti, bento (bungkusan makan siang), sepatu ganti, buku-buku, handuk dan sebotol besar minuman yang menggantung di lehernya. Di Yochien setiap anak dilatih untuk membawa perlengkapan sendiri, dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri. Lepas SMA dan masuk bangku kuliah hampir sebagian besar tidak meminta biaya kepada orang tua. Teman-temen seangkatan saya dulu di Saitama University mengandalkan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupan sehari-hari. Kalaupun kehabisan uang, mereka "meminjam" uang ke orang tua yang itu nanti mereka kembalikan di bulan berikutnya.

10. JAGA TRADISI
Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangan tradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada dan hidup sampai saat ini. Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari anda naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki , maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malah yang minta maaf duluan. Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata "tidak" untuk apabila mendapat tawaran dari orang lain. Jadi kita harus hati-hati dalam pergaulan dengan orang Jepang karena "hai" belum tentu "ya" bagi orang Jepang Pertanian merupakan tradisi leluhur dan aset penting di Jepang.
Persaingan keras karena masuknya beras Thailand dan Amerika yang murah, tidak menyurutkan langkah pemerintah Jepang untuk melindungi para petaninya. Kabarnya tanah yang ijadikan lahan pertanian mendapatkan pengurangan pajak yang signifikan, termasuk beberapa insentif lain untuk orang-orang yang masih bertahan di dunia pertanian. Pertanian Jepang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

ditunggu komentarnya http://bit.ly/jepang

******
SUDAH BACA BUKU NO EXCUSE?
Boleh dong minta komentarnya bagi yang sudah baca. New comment every day!

Adyatma Azato
No Excuse is the best book!!! Q punya bukux...^_^

*******
BERMINAT WORKSHOP NO EXCUSE?
Ya workshop yang belum pernah ada sebelumnya!
Pelatihan yang membuat Anda berani mempunyai mimpi besar dan bisa mencapainya. Raihlah sukses karena Anda bisa!
segera hub 0812-8664864

*********
PENDAFTARAN WORKSHOP MENULIS 18 APRIL (JABOTABEK) SUDAH DITUTUP Ada daerah yang mau menyusul?
sms ke 08128664864
Baca Selengkapnya....!

ALHAMDULILLAH, RESENSI MAYASMARA-KU MENANG


pengumuman event quiz dan resensi mayasmara
by Mayasmara on Wednesday, April 6, 2011 at 9:14am

Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada dibaca dan diapresiasinya karya kita. right?

terimakasih banyak untuk seluruh pembaca mayasmara. this is great to be there with you all.

share...and get the joy. berbagi dan dapatkan kebahagiaan dengan berbagi :))

pun terimakasih yang tak terhingga untuk yang telah mengapresiasi mayasmara dengan komentarnya, review, resensi, kritik, saran . Juga partisipasi teman-teman yang mengikuti event quiz dan resensi mayasmara ini. Thanks a lot. It’s honor for us.

Resensi dan review yang masuk keren-keren, sayangnya -sebagaimana rencana semula- kami hanya boleh memilih tiga nama untuk memperoleh bingkisan paket buku dari kami.

Here they are:

Sri Wahyuti
Resa Saridona
Yayun Riwinasti

Selamat ya! See you all next di event-event berikutnya….:)

Mayasmara, sebuah novel tentang kisah cinta dunia maya yang sekarang ini begitu marak menggurita dalam kehidupan kita. Walaupun dunia maya namun toh itu mempengaruhi juga di kehidupan nyata kita. Novel yang cantik dengan bahasa sastra yang begitu tinggi.

Terima Kasih telah memilih resensi saya. ^_*

Selamat juga untuk pemenang lainnya.
Baca Selengkapnya....!

LOMBA MENULIS KISAH SEJATI PENDERITA DAN MANTAN PENDERITA KANKER

LOMBA MENULIS KISAH SEJATI PENDERITA DAN MANTAN PENDERITA KANKER

oleh Nurul Asmayani pada 22 Maret 2011 jam 14:33

HUT YKI Ke-34

Lomba Menulis Kisah Sejati Penderita & Mantan Penderita Kanker

TUJUAN LOMBA :

Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan semangat hidup / semangat juang bagi kehidupan penderita lain

TEMA LOMBA :

Aku Menang atas Kanker Berbagi Inspirasi dan Motivasi dalam Mengatasi Penyakit Kanker

PERSYARATAN PESERTA LOMBA

Peserta lomba adalah WNI, masyarakat umum penderita kanker / mantan penderita kanker

Melampirkan fotokopi KTP / SIM atau identitas lain dan daftar riwayat hidup

Isi tulisan harus sesuai dengan tema lomba

Tulisan yang dikirim merupakan tulisan asli, bukan terjemahan, belum pernah dipublikasikan di media apa pun, serta tidak sedang dilombakan

Tulisan ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD), bergaya populer, serta mudah dipahami

Tulisan tidak mengarah pada promosi suatu produk, instansi, atau organisasi tertentu

Tulisan dibuat dalam format MS Word sepanjang 4 - 6 halaman (6.000 - 8.000 karakter), ukuran kertas A4, spasi 1,5, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, dan rata kiri (align text to the left)

Tulisan harus diterima panitia selambat - lambatnya hari Minggu, 10 April 2011

Tulisan dikirim ke YKI Cabang DIY d/a. Sendowo G-1B RT 013 RW 056 Sinduadi Mlati Sleman-55284 atau di e-mail ke yki_diy@yahoo.com, atau berupa CD

Tulisan pemenang dan terpilih menjadi milik YKI Cabang DIY

Tulisan pemenang dan terpilih akan diterbitkan oleh YKI Cabang DIY bekerjasama dengan Penerbit - Percetakan Kanisius, dengan royalti sepenuhnya diserahkan kepada YKI Cabang DIY untuk operasional penanggulangan kanker

Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat

Pemenang lomba akan diumumkan pada Puncak Acara Peringatan HUT YKI Ke-34

Penghargaan Kasih dari YKI DIY

Uang tunai Rp 5.000.000,-
Uang tunai Rp 3.000.000,-
Uang tunai Rp 2.000.000,-
7 tulisan terpilih masing-masing mendapatkan uang tunai Rp. 500.000,-

Selain penghargaan berupa uang tunai, seluruh pemenang mendapatkan piagam penghargaan dari Gusti Kanjeng Ratu Hemas selaku Ketua YKI DIY dan voucher maupun souvenir sponsor.

Silahkan di copas atau dishare
Baca Selengkapnya....!

Lomba Resensi Buku “Blaze of Glory”


Caranya:

1. Buatlah resensi novel Blaze of Glory (The Laws of Magic #1) karya Michael Pryor (diterbikan Ufuk Press).

2. Resensi ditulis dalam 400–500 kata.

3. Tulis hasil resensi di catatan (note) facebook kamu sendiri, tag minimal 25 teman, dan cantumkan “RESENSI LAWS OF MAGIC” di subjek catatan (note) tersebut. Jangan lupa menyertakan gambar cover novel Blaze of Glory (The Laws of Magic #1)!

4. Untuk memudahkan penilaian, jika kamu belum jadi teman di facebook UFUK FANTASTIC FICTION, maka silakan Add/tambahkan sebagai teman di facebook: Ufuk Fantastic Fiction.

5. Selain menulis resensi di catatan (note) facebook kamu, kirimkan hasil resensi tersebut ke e-mail: redaksi@ufukpress.com atau ufuk.fantasticfiction@gmail.com dengan menuliskan “RESENSI LAWS OF MAGIC” sebagai subjek e-mail. Jangan lupa untuk menyertakan data diri lengkap (nama, alamat rumah, alamat facebook, nomor HP). Hadiahnya!

Juara I
* Uang tunai senilai Rp. 700.000,-
* Piagam Penghargaan

Juara II
* Uang tunai senilai Rp. 500.000,-
* Piagam Penghargaan

Juara III
* Uang tunai senilai Rp. 300.000,-
* Piagam Penghargaan

Kriteria penilaian:
1. Kepiawaian mengurai cerita.
2. Kedalaman menimbang isi.
3. Dahsyatnya komen teman-temanmu di masing-masing catatan(note) facebook.

Resensi ditunggu sampai 4 Juni 2011.
Pengumuman pemenang pada 10 Juni 2011 lewat FB: Ufuk Fantastic Fiction dan http://ufukfantasticfiction.blogspot.com/

Hasil resensi pemenang juga akan ditampilkan di FB dan blog/website Ufuk.

Baca Selengkapnya....!

Penerbit Bestari (Zikrul Hakim Grup)

Penerbit Bestari (Zikrul Hakim Grup)
Mencari naskah sbb.:

I. Novel anak (serial maupun tidak) bertema:
a. Misteri
b. Detektif
c. Petualangan
d. Naskah anak lainnya (pengetahuan, dunia hewan, dll., termasuk fiksi)

II. Naskah remaja dan umum fiksi:
a. Novel (lebih disukai bersifat eksperimental dan alternatif)
b. Kumpulan cerpen (lebih disukai bersifat eksperimental dan alternatif)

III. Naskah remaja dan umum nonfiksi bertema:
a. Penulisan skenario
b. Penulisan novel
c. Penulisan cerpen
d. Penulisan artikel di media massa
e. Mencari uang via internet
f. Bermain gitar
g. Bermain drum
h. Bermain piano/keyboard
i. Bermain alat musik lainnya
j. Kumpulan lagu Barat
k. Kumpulan lagu pop Indonesia
l. Kumpulan lagu dangdut
m. Kumpulan lagu nasional
n. Kumpulan lagu daerah
o. Bisnis (wirausaha)
p. Kisah-kisah unik (konyol) dunia mahasiswa
q. Kisah-kisah unik (konyol) dunia pelajar
r. Kisah-kisah unik (konyol) dunia kedokteran
s. Kisah-kisah unik (konyol) dunia guru
t. Kisah-kisah unik (konyol) dunia wartawan
u. Kisah-kisah unik (konyol) hal atau profesi lainnya
v. Kisah sukses orang-orang yang drop out dari pendidikan
w. Naskah-naskah lain bertema parenting, motivasi, pembelajaran (learning), dan pengembangan diri

Sertakan sinopsis atau uraian singkat isi naskah dan biografi ringkas penulis.

Naskah bisa dikirim via e-mail (di-attach) ke: bestari@zikrul.com atau anakremaja_zikrulbestari@yahoo.com

Atau via pos/diantar langsung (CD saja atau print out disertai CD) ke alamat di bawah ini:

Penerbit dan Percetakan
PT Zikrul Hakim-Bestari
jl. Rancamaya Bitung Pesantren
RT 01 RW 06, Desa Bitung Sari
Kec. Ciawi, Kab. Bogor 16720
Telp. (0251) 824 92 46, faks. (0251) 824 92 73

CP: Muhamad Ilyasa
HP 0813 10 29 39 19
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 05 April 2011

[JUMPALITAN MENJADI IBU] DINIKMATI DENGAN SENYUM


Menjadi ibu merupakan peranan yang sangat didambakan. Terutama oleh wanita yang telah menikah. Karena dengan menjadi seorang ibu terasa sempurnalah kita sebagai wanita.

Namun menjadi ibu terlebih yang menjalani peran ganda sambil bekerja, terasa benar kerepotannya. Mulai dari mengurus anak, mengurus suami, mengurus rumah, dan juga mengurus pekerjaan. Jika tidak pandai-pandai mengatur waktu maka bisa-bisa kepala menjadi cenat-cenut.

Untuk itu terkadang kita membutuhkan juga uluran tangan suami tercinta untuk membantu tugas kita. Jangan malu untuk meminta bantuannya. Namun kita juga harus tahu diri untuk tidak merepotkan suami dengan pekerjaan kita. Jangan lupa juga mimik yang manis ketika meminta bantuannya. Sehingga suami tidak merasa terhina. Yah mintalah dia membantu pekerjaan yang ringan-ringan saja seperti mengajak jalan-jalan si kecil sementara kita menyelesaikan tugas rumah. Hal itu akan mengurangi jumpalitan kita sebagai ibu.

Bagaimanapun sebuah rumah tangga merupakan kumpulan dari suami dan istri. Masing-masing punya tugas sendiri-sendiri. Masing-masing diharapkan saling membantu dan saling mengisi. Sehingga keharmonisan akan dapat tercipta. Jangan sampai Ayah merasa dijadikan sapi perahan untuk mencari nafkah, dan jangan sampai pula istri dijadikan seperti babu yang melulu mengurus rumah.

Membaca buku hasil karya teman-teman penulis hebat ini sangat membantu kita. Bahwa tugas ibu itu sangatlah mulia. Kita juga bisa belajar bagaimana wanita-wanita hebat ini menjalankan tugasnya sebagai ibu dengan tidak kehilangan waktu untuk dirinya sendiri. Sehingga mereka tetap bisa enjoy menikmati social life. Dan bukannya semakin stress karena harus jumpalitan menjadi ibu. Buku yang sangat bagus dan patut untuk dibaca.

Dalam buku ini kita bisa menemukan kisah Nunik Utami dengan hectic in the morning-nya. Ada kisah mbak Triani Retno yang selalu berkreasi dengan masakan sayur kulkas. Atau pengalaman mbak Sari Meutia yang mengharu biru. Ada juga pengalaman Mbak Shinta Handini yang kelabakan karena kehilangan anak di mall. Ada juga kisah mbak Haya Aliya Zaki. Selain itu masih banyak lagi kisah-kisah heboh lainnya. Tepatnya ada 19 kisah inspiratif dari ibu-ibu kreatif dalam buku ini.

Dan akhirnya kita memang harus melaksanakan tugas kita dengan penuh senyum, kendati pun harus jumpalitan setiap hari. Dan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya bagi anak-anak adalah lebih utama dari karir apapun di dunia, walaupun bayarannya hanyalah cinta dari anggota keluarga seperti perkataan Mildred B. Vermont, “Being a full time mother is one of the highest salaried, since the payment is pure love”.

*** Yang ingin ikutan, check this out:

http://www.facebook.com/notes/jumpalitan-menjadi-ibu/bagi-bagi-hadiah-lagiii/158661220857242
Baca Selengkapnya....!

Senin, 04 April 2011

LOMBA MENULIS DAN MENGGAMBAR UNTUK ANAK


Syarat penulisan bebas, tidak dibatasi halaman maupun cara penulisan. Bisa dengan tulis tangan, ketik manual ataupun dengan pengetikan komputer.

# Kertas dan alat gambar lainnya untuk lomba menggambar bersifat bebas namun tidak boleh meng...gunakan komputer.

" Ayo Buktikan Kreativitasmu melalui Karya Menulis dan Menggambarmu, Agar Mereka bisa Bersekolah Lagi"

Dengan mengirimkan karya TULISAN ataupun GAMBAR-mu berarti kamu telah membantu anak-anak kurang beruntung. Kirimkan sebanyak-banyaknya ya.. karena setiap 1 karya yang kamu kirim TUPPPERWARE INDONESIA akan menyumbangkan Rp 10.000,- atas nama kamu dari karya yang kamu kirimkan dalam program TUPPERWARE CHILDREN'S FUND.

Kamu boleh kirim karya lebih dari 1, semakin banyak karya yang kamu kirimkan maka semakin banyak teman-teman yang kurang beruntung yang kamu tolong , dan mereka bisa bersekolah lagi. Yuk .. kirim karya kamu sebanyak-banyaknya ya...

Tema karya Menulis dan Menggambar:

"Aku Jaga Bumi Tercinta dengan Gaya Hidup Hijau".

Misal:

1. Bawa bekal dari rumah hijau itu hemat dan sehat loh !
2. Yuk Buang sampah pada tempatnya
3. Hijau Alamku, Indah Indonesiaku

HADIAH:
* JUARA 1 : Rp 5 juta (Laptop + Piagam + Produk Tupperware)
* JUARA 2 : Rp 3 juta (Laptop + Piagam + Produk Tupperware)
* JUARA 3 : Rp 1 Juta (Laptop + Piagam + Produk Tupperware)

Persyaratan:
- Lomba terbuka untuk siswa SD, SMP, SMU seluruh Indonesia, tanpa dipungut biaya.
- Peserta dibagi dalam 3 kategori: A: SD - B: SMP - C: SMU.
- Bersifat perorangan, hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan.
- Kertas dan alat gambar bebas, namun tidak boleh menggunkan komputer (untuk menulis ditulis dengan tangan).
- Cantumkan NAMA - KELAS, USIA, NAMA SEKOLAH, ALAMAT RUMAH, ALAMAT SEKOLAH, ALAMAT E-MAIL (bila ada),
dan NOMOR TELEPON YANG BISA DIHUBUNGI.

Kirim karya kalian ke:
PT Tupperware Indonesia
Gedung Graha Irama Lantai 2, Suite 2G- 2H
Jalan HR. Rasuna Said, Blok X1, kAV 1-2
Jakarta Selatan - 12050

Atau kirim melalui e-mail:
customer@tupperware.com

KARYA DITERIMA PALING LAMBAT 15 Juni 2011

Para pemenang akan dihubungi secara resmi oleh Panitia melalui website: www.tupperware, surat dan telepon.

Nama pemenang akan dipublikasikan di mass media dan media tupperware.

Dewan Juri MENULIS:
Shahnaz Haq
Helvy Tiana Rosa (Penulis Fiksi)
Sri Izzati (Penulis Cilik)
Seno Gumira Ajidarma
Perwakilan Tupperware

Dewan Juri MENGGAMBAR:
Dik Doang
Susilo Adinegoro
FX Harsono
Sumbo Tinarbuko
Perwakilan Tupperware

SUMBER: http://www.facebook.com/profile.php?id=100001220808055#!/notes/eni-setiati/anak-anak-yuk-ikuti-lomba-menulis-menggambar-hadiahnya-laptop-loh-untuk-menggara/10150128952199866
Baca Selengkapnya....!