Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 21 Juli 2011

KARNAVAL HARI ANAK


Hari ini Kamis, tanggal 21 Juli 2011 Kabupaten Demak merayakan Hari Anak Nasional. Perayaan Hari Anak Nasional yang jatuh tiap tanggal 23 juli itu dimajukan dengan acara karnaval, bazar dan pentas seni yang dimeriahkan oleh anak-anak dari PAUD (TK, RA, Kelompok Bermain/Play Group, TPA,, dan SPS (Satuan Paud Sejenis)), dan SD/MI kelas rendah.


Acara yang mengusung tema ANAK INDONESIA SEHAT, KREATIF, DAN BERAKHLAK MULIA ini berlangsung dengan meriah. Pengunjung sebagian besar adalah anak-anak beserta orang tua pendamping. Mereka semua tumpah ruah menghadiri perayaan yang dipusatkan di Kantor Bupati Demak.Untuk Sub tema TK Muslimat NU mengambil  Saya Anak Indonesia Sehat, Cerdas, Berakhlak Mulia, dan Berprestasi

Acara diawali dengan karnaval oleh anak-anak. Tiap regu karnaval berjumlah minimal 40 anak. Dan untuk kecamatan Demak mewakilkan 13 TK, termasuk di antaranya TK Muslimat NU.


Karnaval tahun ini TK Muslimat NU mengusung acara Manasik Haji. Tujuannya biar tampil beda. Kami merasa bosan dengan tampilan karnaval yang tiap tahun mengusung baju adat dan juga profesi. Sekali-kali kami ingin tampil beda dari yang lain. Dan karena pemajuan acara ini sangat mendadak maka persiapan TK kami kurang maksimal. Ide untuk mengusung Manasik Haji ini sudah lama tercetus, namun belum dipersiapkan dengan baik. Dan ketika ada pemajuan kami pun kalang kabut mempersiapkan anak-anak yang akan ditampilkan dalam acara Karnaval. Untunglah anak-anak ini sangat manis dan juga pintar hingga dalam waktu singkat mereka bisa menguasai teknik dasar manasik haji beserta doa-doanya. Terima kasih kepada Ibu Guru Nyai Muzaroah yang telah membimbing dan mendampingi anak-anak latihan. Karena hasilnya TK Muslimat NU keluar sebagai Juara 2 dalam Lomba Karnaval. Sedangkan juara 1 diraih oleh TK Pamekar Budi.




 

Bagiku ini pengalaman yang luar biasa. Karena ini adalah Karnaval pertamaku sebagai peserta. Dulu sewaktu mengajar di TK Larasati belum pernah ikut karnaval Hari Anak. Karena letak TK Larasati di daerah terpencil maka ketika ada karnaval hari anak hanya perwakilan tingkat kecamatan saja yang berangkat. Sedangkan lainnya tetap belajar seperti hari-hari biasa. Sungguh sangat disayangkan. Karena hari itu adalah harinya anak-anak. Biarkan mereka menikmati acara ini sepuas hati.

 

Senang lho melihat anak-anak begitu antusias mengikuti setiap acara. Wajah-wajah gembira, walaupun lelah telah diajak berjalan berkeliling. Namun mereka tetap gembira. Dan di akhir acara anak-anak mendapat bingkisan berupa makanan kecil dan juga susu dari pihak panitia.

 

Selain pertama kali mengikuti karnaval, aku juga mencoba mengikuti acara bazar dengan menampilkan pernak-pernik alat permainan di TK dan tentu saja buku karyaku. Hanya sayang sekali nih, semua barang yang kubawa tidak ada yang laku. Hadew, tapi semua kekecewaan itu terbayar lunas dengan tampilnya TK Muslimat NU sebagai juara 2. Terima kasih untuk anak-anak yang luar biasa ini. 

2 komentar: