Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 14 November 2011

DARI FINAL LOMBA KARYA TULIS ILMIAH INOVATIF PEMBELAJARAN GURU JAWA TENGAH 2011

Tanggal 11 sampai dengan 14 November 2011 berlangsung acara Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Inovatif Pembelajaran Guru Tingkat Jawa Tengah. Acara berlangsung di LPMP Jawa Tengah seperti biasanya. Hanya ada yang tidak biasa dari acara ini. Yakni waktu yang berlangsung pada akhir pekan.

Sebelum berangkat hati sudah was-was kalau-kalau akan turun hujan. Mengingat bawaan barang yang cukup banyak, dan aku menempuh perjalanan ke LPMP dengan motor. Mau naik bis juga repot dengan bawaan yang banyak. Mau naik travel, nggak ada travel di daerahku. Jadi ya berdoa banyak-banyak semoga tanggal 11 Nopember tidak hujan. Kalau terpaksa hujan, terpaksa pula harus naik bis yang dilanjutkan dengan taksi.

Dan alhamdulillah, doaku dikabulkan. Siang itu tanggal 11 Nopember 2011 langit cukup cerah. Maka dengan bersemangat kami meluncur membelah jalanan kota Semarang menuju LPMP Srondol. Memasuki wilayah kota, berkumandang suara lantunan ayat-ayat Al Qur’an dari pengeras suara masjid. Rupa-rupanya hampir memasuki waktu dhuhur. Maka suami pun berhenti untuk mencari masjid terdekat. Kebetulan hari itu adalah hari Jum’at. Jadi berhenti dulu untuk jum’atan.

Sembari menunggu suami mennunaikan ibadah shalat Jum’at, aku sms-an dengan teman-teman. Bu Eli Maslikah masih di jalan dan baru sampai di Salatiga. Bu Nur Chasanah masih di kampus menempuh ujjian akhir Semester. Bahkan Bunda Ria Winanti masih ada di Bogor dalam rangka mengikuti seleksi assesor BAN PNF. Dan beliau baru bisa kembali nanti malam.

Sampai di LPMP aku segera check in. angan-angan pingin sekamar dengan Bu Eli sembari mendengarkan cerita tetntang pengalaman beliau yang baru saja memenangkan kejuaraan Lomba menulis di Pusbuk. Tapi ternyata beliau udah sampai sejak tadi dan sudah check in. beliau sekamar dengan Bu Widji. Dengan satu pesan titipan, agar aku membookingkan kamar untuk Bunda Ria Winanti yang masih di Jakarta. Okeylah, tak masalah. Setelah check in dan membetulkan kesalahan nama yang sempat terjadi (namaku tertulis Sri Wahyuni), aku pun daftar kamar. Dapat tempat nginap di Wisma 3 lantai 3 kamar no 8. Siap-siap nih menguatkan otot kaki.

Setelah merapikan barang-barang di kamar, aku ingat kalau harus menemui seseorang yang sebelumnya telah janjian untuk bertemu di sini. Beliau adalah Ibu Yuli yang tadi pagi sempat menelponku untuk memesan Abaca Flash Card. Alhamdulillah. Kebetulan rumah Ibu Yuli ada di seputar LPMP juga. Jadi sekalian. Selain membawakan pesanan Ibu Yuli aku juga membawa beberapa paket Abaca Flash Card. Niatan mau ditawarkan teman-teman. Siapa tahu mereka semua tertarik untuk membeli daganganku.

Urusan dengan Bu Yuli selesai aku pun bersiap-siap hendak menghadiri acara pembukaan. Dari pembukaan aku bersiap-siap untuk melakukan presentasi nanti malam. Ada perubahan dalam jadwal presentasi lomba kali ini. Usai pembukaan biasanya kita bisa istirahat mempersiapkan kegiatan esok hari. Akan tetapi kali ini langsung diisi dengan presentasi. Dan seperti biasanya presentasi dilakukan dengan cara diundi.

Presntasi hari pertama berakhir pukul 10 malam. Sementara itu teman sekamarku Bunda Ria Winanti pun belum sampai di LPMP. Penerbangannya mengalami penundaan selama satu jam. Sambil menunggu Bunda Ria datang, aku mencoba tiduran. Tapi sebagaimaman biasanya di tempat yang baru, mataku enggan terpejam. Tak lama sesudah itu hp-ku berdering, ternyata Bunda Ria yang mengaarkan kalau dirinya telah sampai. Dan sekarang memintaku turun ke dekat masjid yang ada di depan wisma 3. Aku pun turun. Barangkali Bunda Ria butuh bantuan untk membawakan barang-barangnya.

Sampai d pelataran masjid, di sana sudah ada teman-teman yang lain. Ada Bu Wiji dan Bu Erni yang menemani Bunda Ria. Mereka asyik menyantap bakso. Dan aku pun dapat jatah bakso pula. Asyiknya makan bakso di tengah udara LPMP yang dingin. Usai menyantap baso aku pun membantu Bunda Ria membawakan barang-barangnya naik ke kamar kami di lantai 3. Setelah itu tak pelak lagi cerita pun mengalir di antara kami berdua. Bunda Ria banyak bercerita tentang pengalamannya selaku assessor BAN PNF. Banyak betul pengalaman yang bisa aku peroleh dari Bunda Ria.

Malam kian larut, namun kami berdua masih belum berhenti bercerita. Mungkin kami sudah sama-sama mengantuk, namun pertemuan ini terlalu sayang untuk dilewatkan dengan tidur. Jadilah larut malam kami baru berangkat tidur. Dan tidak disangka, malam pertamaku di LPMP aku bisa tidur dengan nyenyak.

Keesokan harinya bersiap-siap untuk sarapan lalu ke ruang presentasi. Banyak teman yang telah menunggu. Mungkin mereka tidak ingin terlambat hadir ketika namanya dipanggil. Bisa di diskualifikasi buk.

Alih-alih mepersiapkan presentasi, eh kami malah seperti menggelar reuni. Lha para peserta ini rata-rata sudah ikut beberapa kali, jadi sudah saling padha kenal. Ribut sekali mereka bercerita sambil menunggu presentasi.

Kali ini aku bisa presentasi di menit-menit awal. Alhamdulillah jadi aku tidak cape menunggu giliran. Mengenai hasil toh semua sudah dituliskan Yang Maha Kuasa. Sore hari saat menjelang akhir dari presentasi, kabar mengejutkan datang dari BU Widi, Ibu Mertuanya meninggal. Maka beliau pun segera berkemas pulang setelah terlebih dahulu meminta ijin ke panitia. Untuk hal ini Bunda Ria dengan sigap membantu. Termasuk mencarikan tumpangan Bu Wiji untuk turun ke daerah kota.

Malam hari tak ada kegiatan lagi, maka kami pun memilih beristirahat. Apalagi Bunda Ria terlihat kecapaian sekali. Kami tinggal menunggu hasil final dari panitia yang rencananya diumumkan besok pagi. Eh, malamnya Bunda Ria dapat ilham untuk segera pulang ke Sukoharjo keesokan harinya untuk menyusul Bu Wiji yang kebetulan tetangga dekat beliau. Bunda Ria sudah pasrah tidak mengharapkan menjadi juara, setelah kemarin merasa di “bantai” dengan berbagai pertanyaan oleh dewan yuri.

Dan inilah hasil pengumuman untuk kategori Taman Kanak-Kanak.

1. Nur Sabiha dari Purwokerto sebagai juara 1.
2. Ria Winanti dari Sukoharjo sebagai juara 2
3. Nurchasanah dari Demak sebagai juara 3.

Selamat untuk teman-teman yang menjadi juara. Selain itu masih ada juga temanku dari Demak yang berhasil menjadi juara. Yakni Bu Wahyuningsih Rahayu dari SD Batursari Mranggen Demak sebagai juara 1 tingkat SD.

Sampai jumpa lagi tanggal 19 untuk menghadiri acara diseminasi. Dan mudah-mudahan tahun depan bisa ikut lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar