Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 16 Mei 2011

TERNYATA AKU LELAH

Berteman dengan alunan Eagles yang melantunkan Hotel California, di susul Michael Learns To Rocks yang membawakan Complicated Heart aku memandangi layar komputer. Sekian lama di depan komputer tak satu pun karya dapat aku hasilkan. Semua cerita yang kurangkai tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Alangkah tidak enaknya mengalami kebuntuan ide. Tak tahu apa yang harus ditulis.

Empat bulan mengejar lomba kepenulisan. Jumpalitan mengejar deadline lomba menulis. Akhirnya aku merasa lelah. Lelah karena tidak bisa membagi waktu. Lelah karena kehabisan ide. Lelah karena selalu kalah. Dan karena terlalu lelah maka aku harus berhenti sejenak. Memotivasi diri untuk kembali bangkit dan berkarya lagi. Terlalu banyak mimpi melintas di kepala. Terlalu banyak angan yang ingin di tulis sehingga membuat diri tidak fokus, dan akhirnya semua menjadi berantakan.

Ternyata saya tetaplah belum ada apa-apanya dalam dunia kepenulisan. Sangat salut kepada rekan-rekan yang selalu juara menulis ini dan itu sehingga mempunyai segudang buku walaupun hanya buku antologi. Saya masih harus banyak belajar dan belajar lagi. Namun saat ini waktu menjadi sedemikian sempit. Sehingga tak banyak yang bisa dikerjakan dalam waktu sesempit itu. Ternyata aku lelah. Dan aku belum bisa memanaje diri sendiri untuk mempertahankan konsistensi dalam menulis.

Sebenarnya kalah bagiku tak masalah. Tapi kalau berkali-kali kalah, mungkin kita harus lebih giat belajar dan belajar. Dan belajar itu pun juga membutuhkan niatan yang teguh agar tidak sekedar angan-angan.

Lagi-lagi cape membagi waktu. Terlebih di tempat mengajar saya yang baru jam kerja sampai jam dua belas karena ada kelas masuk siang. Jadi jam satu baru bisa nyampe rumah. Dulunya jam sebelas sudah sampe rumah. Lain ladang lain belalang, lain sekolah lain peraturan, bukan?

Untuk bulan Mei ini saja belum satu pun lomba menulis yang aku ikuti. Rasanya gimana gitu. Hati sih kepingin, tapi kok ya jadi pemalas.

Terlebih beberapa hari ini entah kenapa internet juga lemot banget. Putus nyambung putus nyambung bikin bingung. Mengurangi semangat posting. Asli harus belajar lebih bersabar. Sabar, sabar…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar