Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Minggu, 01 Agustus 2010

MENGENALKAN SHODDAQOH KEPADA ANAK SEJAK DINI

Pada hari Sabtu kemarin sekolah kami mengadakan rapat wali murid. Dalam rapat tersebut selain membahas tentang dana bantuan operasional siswa juga diluncurkan program “Jum’at Amal” kepada para orang tua murid. Tujuan dari program Jum’at amal tersebut adalah untuk mengenalkan kebiasaan sedekah kepada anak semenjak dini, serta menumbuhkan empati anak terhadap penderitaan sesamanya. Sebenarnya program ini sudah dimulai semenjak pertengahan tahun ajaran yang lalu. Namun karena sekarang tahun ajaran baru dengan murid yang baru pula maka perlu diadakan sosialisasi. Yakni tiap hari Jum’at anak-anak diharuskan meng-iur lima ratus rupiah untuk dimasukkan dalam kas Jum’at amal.

Walaupun cuma limaratus rupiah tiap Jum’at toh program ini sempat pula dipertentangkan oleh orang tua. Alasannya macam-macam. Ada yang mengatakan karena uang sekolah sudah mahal, jaman lagi susah dan sebagainya. Miris hati mendengarnya. Tetapi namanya manusia. Diperlukan adanya kesadaran yang tinggi untuk mau beramal. Belum lagi sekarang memang jaman susah. Apa-apa serba mahal, harga sembako naik, semua barang kebutuhan mengalami kenaikan harga, sementara pendapatan tak kunjung meningkat. Kami bisa memahami itu.

Namun esensi dari program Jum’at amal itu sendiri adalah untuk kebaikan anak. Melatih anak agar gemar bersedekah, melatih jiwa sosial anak-anak. Siapa yang banyak memberi akan banyak menerima, bukan? Dan barangsiapa yang menafkahkan hartanya di jalan Allah maka Allah akan mengembalikannya dengan berlipat-lipat. “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan” (QS. Al Baqarah: 245)

Allah berfiman : "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. 2 : 261)

Adapun dana dari Jum’at Amal tersebut kami salurkan kepada yangmembutuhkan seperti menyumbang bencana alam, mengisi kas PMI, menyumbang anak-anak yatim di sekitar sekolah kami dan untuk kegiatan sosial di kalangan siswa, misalnya untuk menengok teman yang sedang sakit.

Setelah mendapat penjelasan demikian rupa, akhirnya orang tua muridpun menyetujui adanya program “Jum’at Amal” tersebut.

Semoga Allah menjaga keikhlasan kita, meridhoi kita, senantiasa memberikan rezeki kepada kita, memberkahi usaha kita, memudahkan urusan yang kita hadapi, memberikan kesehatan lahir dan bathin. Senantiasa tergerak untuk berbuat kebaikan setiap saat dimanapun berada. Semoga Allah membalas setiap kebaikan yang ada. Dan semoga Allah selalu membimbing kami untuk tetap amanah menjalankan titipan anak-anak ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar