Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 04 Agustus 2010

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Dewasa ini kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan berdirinya lembaga-lembaga PAUD yang marak disekitar kita. Kalau kita lihat berdirinya lembaga PAUD saat ini seperti tumbuhnya jamur di musim hujan.

Namun dengan semakin maraknya pendidikan anak usia dini kita ternyata masih banyak terjadi kesalahpahaman tentang keberadaan PAUD itu sendiri. Masyarakat sering menyebut lembaga pendidikan anak usia dini di luar Taman Kanak-Kanak dengan sebutan PAUD. Mereka sering menyebut kelompok Bermain/Play Group dengan sebutan PAUD. Padahal Taman Kanak-Kanak sendiripun termasuk dalam lembaga PAUD. Bedanya kalau TK berada pada jalur formal, sedangkan KB/Play Group berada dalam jalur nonformal.

Di samping itu berkembang pula asumsi bahwa dengan berdirinya lembaga usia dini seperti Kelompok Bermain/Play Group berdampak terhadap kurangnya masukan siswa TK. Alhasil seringkali terjadi ketegangan antara lembaga TK dengan Play Group. Terutama yang berada pada lokasi yang saling berdekatan.

Hal tersebut seharusnya tidak perlu terjadi seandainya masing-masing pihak mengetahui kapasitas masing-masing. Play Group/Kelompok Bermain diperuntukkan bagi anak usia 2-4 tahun, sedangkan TK memiliki sasaran usia 4-6 tahun. Untuk ruang lingkup bidang pengembangan juga berbeda-beda. Karena tahapan perkembangan usia 3-4 tahun berbeda dengan anak usia 4-6 tahun. Namun yang banyak terjadi, lembaga Kelompok Bermain/Play Group seringkali mengadopsi pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Akibatnya anak menjadi matang sebelum waktunya. Dan begitu anak duduk di lembaga TK anak menjadi bosan karena pembelajaran yang diterima toh sama saja.

Mungkin pada waktu itu belum tersusun kurikulum untuk lembaga KB/PG. Namun sekarang pemerintah sudah mengeluarkan Kurikulum PAUD untuk masing-masing lembaga, sehingga tidak lagi terjadi saling tumpang tindih dalam pelaksanaan pembelajaran. Tinggal sekarang bagaimana pandai-pandainya pendidik mengaplikasikan kurikulum PAUD itu di lembaga masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar