Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 03 Mei 2010

DARI AJANG KOMPETISI TEACHER OF THE YEAR 2010 CABANG SEMARANG


Lega sudah rasanya setelah  usai mengikuti ajang kompetisi Teacher of The Year 2010 yang diadakan oleh Penerbit Erlangga. Acara diadakan di kantor Penerbit Erlangga cabang Semarang Jl. Puspowarno Tengah pada hari Sabtu, 1 Mei 2010 yang dihadiri oleh 19 dari 20 peserta semifinalis yang terpilih.Ke 20 semifinalis tersebut merupakan hasil seleksi panitia dari sejumlah 200 peserta yang masuk. Alhamdulillah, aku termasuk salah satu diantara 20 orang yang beruntung tersebut. 

 

Acara kompetisi dimulai pada jam sembilan diawali dengan pembukaan. Dilanjutkan dengan audisi. Yakni unjuk kebolehan mengajar. Acara audisi ini melibatkan sejumlah peserta didik TK yang diambilkan dari TK ABA Semarang. Sayang sekali waktu yang digunakan untuk audisi sangat sedikit. Hanya lima menit. Bayangkan, kita baru kenalan, omong-omong dikit sama anak, eh waktunya sudah habis. Alat peraga yang sudah dipersiapkan jadi mubazir karena belum sempat digunakan. Udah gitu pas giliran aku maju, anak-anak sudah pada bete. Aku mendapat undian no 10. Undian terakhir untuk gelombang pertama.
Ohya, juri berasal dari Ketua IGTKI Jawa Tengah sekaligus Kepala TK Negeri Pembina Jawa Tengah, Ibu Suliyem. Beliau dibantu dua Juri lainnya yakni seorang psikolog dari UNDIP dan Editor Tabloid Cempaka.
Setelah audisi acara dilanjutkan dengan interview. Sambil menunggu giliran interview kita diberi tugas menyusun SKM dan SKH dengan tema sesuai undian yang kita dapat.
Interview selesai, langsung diumumkan siapa lima terbaik yang akan maju final ke Jakarta. Dan hasilnya cukup mencengangkan! Empat dari lima pemenang berasal dari kota Semarang. Hanya satu yang berasal dari luar kota Semarang. Yakni Ibu Ambar Setyorini dari Demak. Teman kuliah aku yang guru prestasi Nasional sekaligus salah satu penulis buku di Erlangga. Sayang sekali nih Cuma lima peringkat yang diumumkan. Jadi lainnya tidak tahu dapat peringkat berapa.
By the way, ngikut kompetisi ini asyik juga lho. Nambah pengalaman dan teman baru. Sambutan panitia sangat ramah. Apalagi saat pulang kita juga dikasih oleh-oleh sama penerbit Erlangga. Kita dikasih buku-buku, suvenir, emblem plus uang transpot. Mau dong tahun depan diadakan lagi. Tentu saja dengan perbaikan di sana-sini biar lebih okey. Maklum ini acara pertama kali diadakan jadi parameter penilaiannya kurang jelas.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar