Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 27 Februari 2013

FESTIVAL ANAK SOLEH INDONESIA


Hari Minggu ini tanggal 27 Pebruari 2012 berlangsung Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) se-kecamatan Demak. Acara diadakan di MI Sultan Fatah yang diikuti oleh murid-murid TPQ dan TPA dari kecamatan Demak. FASI sekecamatan Demak diadakan dalam rangka mempersiapkan diri menyambut FASI tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tahun 2014.

Para peserta diseleksi secara berjenjang. Meliputi berbagai macam perlombaan seperti Tartil Al Qur’an, Adzan dan Iqomah, Lagu-Lagu Islami (Nasyid), Ikrar dan Puitisasi Al Qur’an, Mewarnai Gambar untuk TK Al Qur’an, Menggambar (TP Al Qur’an), Tilawah (TQA) Hafalan Juz ‘Amma, Terjemah Lafdziyah, Cerita Islami, Kaligrafi, Pidatao Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, dan Pidato Bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ditunjuk untuk menjadi juri di salah satu lomba yakni Lomba Cerita Islami. Maka pagi-pagi sekali aku pun mempersiapkan diri. Karena acara akan dimulai pada pukul tujuh. Akan tetapi sampai di sana baru ada beberapa gelintir peserta. Sempat ragu juga pas ditunjuk sebagai juri. Akan tetapi keinginan untuk belajar mendorongku untuk mengambil kesempatan itu. Berbekal dari juknis yang kuperoleh aku mantap melangkah ke kursi juri.



Adapun kriteria penilaian untuk Lomba Cerita Islami yang aku ampu meliputi isi cerita dengan rentang penilaian maksimal 40 minimal 25, pengembangan imajinasi dengan rentang nilai antara 15 sampai dengan 35. Sedangkan untuk retorika penyampaian cerita memiliki rentang nilai antara 10 sampai 25.


Lomba Cerita Islami termasuk paling sedikit peminatnya. Hanya 6 orang peserta putri, dan seorang peserta putra. Pelaksanaan yang agak mendadak membuat lembaga TPQ tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan anak-anaknya maju lomba. Akan tetapi semangat anak-anak ini sungguh luar biasa. Bahkan satu peserta dari cerita islami membuatku sampai terbengong mengikuti jalan cerita yang disuguhkan. Aku jadi belajar banyak. Dapat tambahan ilmu, dan dapat kenalan baru, dapat piagam pula. Alhamdulillah. Mudah-mudahan aku telah berbuat adil dalam memberikan penilaian. Bismillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar